Makna Siksa dan Ujian Tuhan?


sayyed ep

sayyed ep

Perbedaan  Siksa dan Ujian Tuhan?

sayyed EP bikailaRobbi.wordpress.com

Jangan pernah ragu dengan ucapan ٍSayyidina Muhammad Saw  : Bantulah dirimu sendiri untuk merahasiakan anugrah  (nikmatmu), karena setiap manusia yang diberi anugrah berupa nikmat basath (dilapangkan rizqi dunia maupun akherat) pasti akan dikelilingi dengan orang-orang yang iri atau hasud – Alhadis.

Nikmat dan hasud adalah jodoh seumur hidup, karenanya sangat dianjurkan bagi peraih anugrah nikmat untuk sesegera mungkin kembali kepadaNya dengan bersyukur dan meningkatkan taqorrub –pendekatan- agar semua nikmat itu menjadi langgeng, disamping  belajar meminimalisir beratnya ujian hasud dari para pembenci. Hingga semua akan menjadi aman terkandali  dari wujud  adanya penyakit ain yang memang nyata dan membahayakan harta dan jiwa kita.

Masalah  yang kerap menggoda manusia mulia adalah diciptakannya musuh bersama untuk menghancurkan niat baik yang kadang dianggap politis ada mau. Tak ayal mayoritas manusia gagal menghadapi aral yang sebenarnya adalah anak tangga menuju  level   berikutnya untuk menjadi manusia-manusia sepesial dimata Tuhannya.

Pandangan Awam Tentang Adzab dan Bala

Manusia awam kerap menyamakan arti adzab dan bala. Keduanya secara lahir bisa diartikan dengan siksaan maupun cobaan  yang pedih?  Walaupun kenyataannya sama-sama mengkhawatirkan, adzab dibuat hanya untuk mereka yang mengkafiri Nimat-Nya atau bahkan Kafir aqidah. Ayat Alquran tentang  anjuran bersyukur  yang kurang lebih memiliki arti demikian : Jika kalian bersyukur maka akan Aku pasti akan menambah (nikmat-nikmat itu) dan jika  kalian meng kufuri nikmatku maka adzabKu sangat pedih.  – adalah nyata tentang adzab kepada mereka yang mengkufuri segala nikmatnya, entah itu jasmani, rohani, atau nikmat titipan harta dan anak.  Sedangkan bala adalah cobaan yang dikhususkan Tuhan kepada hamba-hambanya yang taat. Jangan pernah   mencampuradukkan istilah adzab dengan bala sehingga menjadikan anda  pede menilainya hanya dari satu sisi adzab saja dan tidak mengaggapnya sebagai bala. Seperti yang banyak ditanyakan teman penulis saat mengomentari tentang Tsunami Aceh: “mengapa daerah Islam kok di beri adzab yang sangan memedihkan???”.

Jelas sudah bahwa gempa bumi, banjir, kebakaran dan lain sebagainya yang diberikan Tuhan kepada mahkluknya mencakup adzab dan bala, jika yang diberi adalah manusia yang kufur nikmat maka itu adalah adzab yang diberikan secara cash di dunia ini seblum adzab yang lebih pedih di akherat kelak. Sebaliknya jika ujian itu diberikan kepada manusia-manusia yang taat maka itu adalah bala yang akan meninggikan derajat mereka, tergantung sampai mana kesabaran orang yang diuji bisa bertahan dengan ketaatannya.

Seandainya saja kita dapat mengambil ibroh (pelajaran=red) dari sejarah yang mendominasi pembahasan dalam alquran, pastinya manusia akan sadar bahwa   kesabaran para nabi dan kekasihnya memang tidak memiliki batas. Dan Tuhan pun memberikan mereka balasan yang setimpal dengan apa yang mereka dapatkan dari ujian-ujian yang terus menghujani mereka. : Berilah kabar gembira kepada mereka yang bersabar – yaitu orang-orang yang ketika tertimpa musibah mereka menjawab Inna Lillahi Waiinna ilaihi Roojiuun. –al ayat.

The end

Related :

alasan Mengapa Sabar tidak ada batasnya

10 Rahasia Tuhan yang Harus disadari!

Sayyyed Muhhammad EP

Curhat Para Pecandu lainnya :

Tidur disamping Jasad Rasulullah

Penikmat Dosa yang Samar

Hakikat Caci Maki Sahabatku

Sayyed Ep Sang Manusia Labil

Keindahan dibalik Wajahmu

Rahasia dibalik Kegelisahan Abid

Bahaya Narsis !

Omong Kosong (Corrupted X Files)

Salam Iedul Fitri

Mohon Maaf Lahir Batin

Ied Syaeed Kullu Aamin wa antum Bikhairin.

Taqobbalallahu minna wa Minkum. Amien

Sayyed EP G-unit Rom  08 : 21 Pm. 20 08 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون