Peliharalah Jenggotmu Sebelum Fatal?


Calon Korban

Calon Korban

Sebelumnya saya minta maaf kepada kawan-kawan yang kebetulan ditakdirkan tidak tumbuh jenggot dibawah dagunya. Mengingat peran keberadaan jenggot sangat penting bagi karakter pria sejati, karenanya tak heran jika di negri Arab dan sekitarnya ada istilah Amrod ( julukan bagi para laki-laki feminim dan remaja yang berwajah mulus tanpa kumis dan jenggot) yang sering dijadikan objek kaum Lut dan Bisexual, seperti yang terjadi pada saudara sepupu penulis lima tahun silam (korban sekarang masih bersetatus mahasiswa di daerah Arab). Bukan cuma di Arab, di pesantren-pesantren salaf Jawa Timur pun pernah terjadi pertikaian antar warga daerah, imbas dari kecemburuan terhadap seseorang atas Amrod (bahasa pesantrennya :meril) yang kebetulan diakrabi warga daerah lainnya hingga mengakibatkan terjadinya tawuran sengit di areal pesantren.

Menurut hukum fiqih, efek keberadaan Amrod yang gemulai (baca: menggoda) lebih berbahaya daripada efek kecantikan lahir seorang wanita yang kerap membius kaum Adam. Bagaimanapun seorang wanita bisa saja menjadi halal dengan adanya akad nikah diantara yang mencinta dan dicinta. Sebaliknya, seorang Amrod tidak akan pernah dihalalkan agama sampai kapanpun bagi semua lelaki yang mencintainya.

Maka dari itu, jika anda tidak memiliki kumis dan jenggot, dan hendak berziarah ke ke Makkah atau Madinah, bersikaplah yang tegas dan agak galak (hehehe..bersikaplah sewajarnya) dan jangan terlihat lemah maupun gemulai. Seringkali sikap mengalah dan gemulai orang-orang Asia ini dijadikan kesempatan untuk memenuhi hasrat aneh para lelaki Arab yang hobi iseng. Bermula dari cara sok akrab mereka kepada kita, menawarkan jasa atau lainnya. (ingat orang Arab yang baik tetap lebih banyak – pengalaman pribadi tahun 2003 dan 2006/7-).

Menurut teman yang waktu itu bertugas sebagai Temus (tenaga musiman hajji): “sebenarnya Banyak kasus-kasus asusila yang tidak terekspose media, sering terjadi di Arab saudi. Dari yang hanya menggerayangi tubuh jammah haji laki-laki sampai kisah jammaah yang sengaja dibawa kabur para sopir taksi yang iseng untuk dijadikan objek ‘kaum lut’, atau kisah para tahanan laki-laki Indonesia yang dijadikan budak sek tahanan lainnya”, maka dari itu, jika anda ingin jalan-jalan setelah melakukan ritual haji, alangkah baiknya mengambil cara yang aman, yaitu dengan mengajak saudara atau membayar guide, serta jangan mudah tertipu bujuk rayu orang yang baru anda kenal.

Kembali ke persoalan inti terkait jenggot dan kumis. Masalah ini jika ditelusuri dari perspektif fiqih Islam, maka kita akan menemukan dua kubu yang berbeda,  kubu radikal dan kubu moderat. Kubu Ibnu Taimiyyah mewajibkan mencukur  kumis sampai habis, sebaliknya  memotong  jenggot adalah haram mutlak!. Sementara Kubu Qadhi Iyadh mengatakan: “sunnah mencukur  kumis sampai habis dan memakruhkan memotong jenggot, kecuali untuk sekedar merapikannya”. Ada sekitar 78 hadis yang menjelaskan maasalah jenggot dan kumis dalam kitab-kitab hadis terkenal, baik keterangan dari riwayat yang paling valid –Bukhari dan Muslim- hingga riwayat imam-imam lainnya yang terangkum dalam kutubuttis’ah.

Wallahu A’lam Bissawab.

salam Sayyed

coretan Berikutnya (edisi Saudi):

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu lainnya :

9 Rahasia Tuhan

Wali setan dan Klaim Wahabi

Alquran Mainan

Belenggu Jurnalisme Gossip

Menguak Rahasia Sombong

Curhatku Pada Muhammad

Ibadah demi Meraih Simpati TUhan

Cara Baik Membalas Caci Maki Sahabat

Jogja Dalam Kenangan

39 Comments (+add yours?)

  1. cowobaex
    Dec 26, 2011 @ 06:17:06

    mantab banget….
    sayangnya skrg banyak yang memandang sinis laki2 berjenggot,,,

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Dec 26, 2011 @ 07:45:45

      ya.. sulit memang kalo sudah menjadi trend negatif.. pokoknya niat kita memang bukan karena trend atau lainnya.. tp ada anjuran yg lebih pantas kita ikuti..

      thnks n salam

      Sayyed EP

      Like

      Reply

  2. nova
    Jan 03, 2012 @ 03:18:46

    tulisan anta sangat bagus, gaya bahasanya terkadang begitu dalam dan perlu mengulangi utk paham maksudnya.. trims sdh banyak mengingatkan ana utk instropeksi

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Mar 11, 2012 @ 17:58:44

      Trima Kasih atas kunjungan dan supportnya.. semoga bermanfaat mas.. semua ini hanya rangkuman iseng penulis yang didapatkan dari para guru mulia dan secuil pengalaman pribadi selama menjalani sinetron KEHIDUPAN..

      salam
      Sayyed EP

      Like

      Reply

  3. Sugianti
    Jan 13, 2012 @ 07:32:59

    Pd awal mulanya islam itu asing, bgitu pula pd akhirnya. .
    Islam asing di dalam pemeluknya sendiri. .
    What wrong. . ?
    Yg brjenggot, yg celana cikrang, yg tdk merokok, yg rajin shlat berjamaah, yg berjilbab syar’i, yg. . .dsb. .
    Smua di pelototin, seolah aneh dgn pmandangan sprti itu. . . Di mana keislaman mereka. ???
    Akhir zamaaaan.. . . . .

    Like

    Reply

  4. taufik
    Jan 25, 2012 @ 02:51:30

    Alhamdulillah.. saya pemuda yang memilih untuk berjanggut…
    pengennya sih janggutnya yg nyebar sampai ke jambang, tapi tumbuhnya cuman di bawah dagu aja… hehehe

    Like

    Reply

  5. oza
    Feb 24, 2012 @ 23:30:46

    lelaki tanpa jenggot layaknya singa tanpa surai. ora jantan, mas broo…!

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Mar 11, 2012 @ 18:04:03

      Mayoritas orang Asia tidak memiliki kriteria ini..karenanya saya harap tulisan diatas tidak melukai [erasaan mereka hanya karena kesalah fahaman dalam memaknai hakikat jenggot dan fungsinya.

      Sejatinya semua ciptaan Tuhan.. jika kita mencacinya maka sebenarnya kita sedang Memperolok Tuhan sang maha pencipta sebaik-baik ciptaan . Ahsanul Khaliqien.

      Salam
      Sayyed EP

      Like

      Reply

  6. cahmbelis
    Mar 11, 2012 @ 13:48:27

    saya pengen melebatkan jenggot dan kumis tp susah sudah bawaan. apa ada minyak yg manjur dan mujarab untuk menumbuhkannya? kalau tahu minta rekomendasinya. saya sudah coba f*****s sm M*R tapi tetep aja ga bisa lebat

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Mar 11, 2012 @ 17:48:27

      kalo bawaan memang susah mas. sunnah melebatkan jenggot dan menipiskan kumis itu hanya bagi yang sudah tumbuh bukan jadi2an yang sering banyak disalah fahami.

      tp kalo mau berusaha pingin jenggot ya minyak kemiri atau yang ente sebut itu. solusi lain juga banyak kok dijual di toko2 heheheh…
      salam dari yang sudah berjenggot dan kumis mas
      Sayyed EP

      Like

      Reply

  7. kemproh
    Mar 13, 2012 @ 06:13:06

    Berkumis tak berjenggot = kucing
    berjenggot tak berkumis = kambing
    tak berkumis, tak berjenggot = an***g

    berkumis dan berjengot = manusia

    Like

    Reply

  8. Trackback: Pentingnya Pergaulan Intim..Tanya Kenapa? – Part 2 | agcgoblog.info
  9. Citra
    May 19, 2012 @ 04:04:45

    alhamdulilah saya sekarang mengerti manfaat jenggot. Suami saya makin erlihat ganteng! ^^

    Like

    Reply

  10. Tn.Jenggot
    Jun 24, 2012 @ 13:30:20

    ana jenggotan kawan, tapi sering banget di ejek sama beberapa orang,. ana tetep pada prinsip sunah nabi aja, hehe

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jun 24, 2012 @ 14:51:12

      hehehe
      bertahanlah kawan dari caci maki yang tidak beralasan…
      ada hadis yang mengatakan bahwa : di akhir zaman nanti pengamal sunnah seperti orang yang menggenggam bara api.. – alhadis

      sungguh perjuangan yang mulia mengikuti sunnahnya..

      salam n keep on fighthing till the end

      Like

      Reply

  11. Anonymous
    Jun 25, 2012 @ 10:19:18

    memanjangkan jenggot bukan membiarkannya teruarai tak beraturan seperti semak belukar yang menjadikan orang takut (apalagi kotor) tapi jenggot bukan sekedar memanjangkan tetapi juga di rawat, dipelihara, biar kinclong dan rapi. orang yang liat kan seneng.

    Like

    Reply

  12. jalu
    Jul 12, 2012 @ 03:46:05

    alhamdulillah…
    ana jenggot lebat sampe sering di ledekin”kalo idul adha kamu ngumpet aja,biar ga di korbanin”…hehehe..
    tetep istiqomah syukron atas infonya ..:)
    salam kenal..

    Like

    Reply

  13. salvotere
    Aug 22, 2012 @ 16:25:16

    kalo rambut panjang a.k.a gondrong gimana mas? apakah termasuk sunnah? maaf gak tau soale🙂

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Aug 22, 2012 @ 16:30:27

      rambut panjang sunnah juga kok mas. Rasulullah pernah memiliki rambut sampai menempel pundak mulia beliau. banyak juga ulama yg mengikuti sunnah ini seperti sayyed alawi almaliki dll.

      tapi bagaimanapun semua harus dimulai dari niat dulu. kalo rambut panjang dan jenggot hanya untuk trend dan gaul maka ya bisa dikatakan percuma.

      Like

      Reply

  14. dsukar
    Oct 19, 2012 @ 08:25:20

    Saya PNS Gol. III di PTN terkenal di Bogor, dagu saya berjenggot dan beberapa tahun terakhir ini saya biarkan tumbuh dan tentunya juga dirawat. Sering ada yg bertanya kok jenggotnya dipelihara? Ada juga yg bilang banyak/lebatnya jenggot akan sama jumlahnya dgn bidadari di sorga nanti, pokoknya macam2 candaan. Saya katakan, selain sunnat Rosul tuk memelihara jenggot, selama tidak dilalarang oleh pemerintah/instansi terkait Insya Allah akan tetap saya pelihara, kalo sudah dilalarang, apalagi harus keluar dari pekerjaan itu kan sudah mendzolimi keluarga untuk mencari nafkah, sedang mencari nafkah hukumnya wajib, sedang pelihara jenggot sunnah. Pelihara jenggot juga menghidari godaan dari wanita2 nakal, dan malu juga kalo kita masih menggoda ABG dgn jenggot terurai di dagu..hehehe….Mohon tanggapannya Mas

    Wallahu A’lam Bissawab

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Nov 25, 2012 @ 08:24:04

      waalikum salam//
      Masya Allah.. Niat anda sudah baik dan jarang yang bisa tulus begitu.
      maslah godaan tidak kenal apapun bang. karena orang yang sudah istiqomah dan selalu menjaga prilakunya juga kadang mudah tergoda.
      semoga bisa tetap istiqomah dan dimudahkan semua hal positifnya.

      salam kenal.
      sayyed ep

      Like

      Reply

  15. hemm
    Oct 31, 2012 @ 05:03:45

    bagi yang mau menghilangkan kumis dengan permanen, oleskan asam jawa tepat di tempat tumbuhnya kumis pas mau tidur, ne dah coba dan berhasil gan, malu ane punya kumis, udah jorok, bikin muka gua gak tampan pula. wakakakak kalau mau 2 tips rahasia ane yang lain , emailkan aja akor.ased@yahoo.com(kalau untuk zina dan pacaran, gak bakal ane balas, telen aja tu penampilan ndesso, lu gak bakal didekatin perempuan dan punya pacar kalau gak usaha, gua gak perlu usaha bisa dapat kalau gua mau.)

    sayyed, ane gak setuju, gonrong ya silahkan tapi gondrong yang gimana sekrang, kalau gondrong kayak anak MAPALA mending lu rapiin aja tu rambut, apalagi penampilan kita jadi garang dan sangar, heran gua kalau ada perempuan suka sama laki2 yang gondrong seperti itu dan nikah dengannya. pangkas gih cari model baru yang menunjang muka, berhias untuk kepuasa diri aja udah bagus banget niatnya, jangan pula niatnya untuk menarik lawan jenis, ane aja punya potongan rambut korea kayak main char game AO walau ane aktif dakwah(insyaAllah), asyik juga ngatai pacaran haram, sedang penampilan kita lebih menarik dari cowok orang yang lagi pacaran yang kita teriakin haram.

    epic wins akhi!!!

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Nov 25, 2012 @ 08:30:00

      waalikum salam
      hmm anda aktivis dakwah juga ya mas?..
      masalah rambut panjang dan awut2an itu tergantung pribadinya.
      anjuran Islam terkait kerapihan dan kebersihan memang banyak disinggung dalam hadis maupun atsar2 sahabat. tapi standar daerah kan beda2 mas.
      yang penting jangan samakan orang yang berambut gondrong itu identik dengan hal-hal negatif. banyak dari mereka yang lebih menjaga sikap dari kita yang kadang sok alim tapi munafik..

      so. only God can Judge Us hehehe..

      Salam dan semoga tetap istiqomah dakwah untuk diri sendiri dan org lain.

      Syyed EP

      Like

      Reply

  16. Jamaludin Al Asem
    Dec 17, 2012 @ 04:18:30

    pakai jenggot buat ane lebih keren…

    Like

    Reply

  17. hemmm
    May 22, 2013 @ 08:53:49

    ya kayaknya ane memang te3rlalu ekstrim semua punya standar masing
    maaf ya mas.ngaku salah

    oh iya update
    rupanay rambut rasulullah itu gak pernah lebih pendek dari kuping dan tidak pernah lebih panjang dari bahunya

    pendapat ibnu taimiyah seingat ane .

    tapi yangjelas ane tarik kesimpulan banyak sisi hidup rasulullah yang terbaik tapi mungkjin karena banyak kitab yang dibakar waktu perang salib makanya banyak yang tidak nyampe ke masyarakat muslim dibelahan bumi yang lain.

    para sahabat dan generasi tabiin yang terkenal ulama tidak mengikutinya karena mereka mengaku kurang pande merawat rambut panjang.

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      May 26, 2013 @ 05:26:16

      hehe biasa aja. saya jg sering salah. dan kurang objektiv dalam meniilai

      masalah rambut Rasulullah di kitab syamail ada keterangan yg menjelaskan bahwa: rambut beliau mengenai bahu (agak gondrong). ikal tidak lurus dan tidak kriting🙂 .

      masalah sahabat dan tabiien blm saya telusuri siapa dari mereka yang memiliki rambut layaknya Alafghani yng memiliki rambut sebahu jg .

      salam ukhwah n dakwah
      sayyed

      Like

      Reply

  18. Romses SE
    May 29, 2013 @ 17:11:19

    hehe.. jd inget meril wktu di bbrapa pesantren di jatim dulu,
    sempet disebut sbgai meril haha….
    salam kenal ya Sayyed…
    bagus2 isinya… serasa kembali ke masa2 pesantren dulu tp dibalut dgn
    trend dan modernitas..
    di ‘about’ nya krng lengkap.. jd sy blm tahu sejatinya njenengan sayyid..

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      May 30, 2013 @ 10:19:08

      Walaikum salam.
      Ada santri jawatimuran jg rupanya.
      Nostalgia ya mas. Sama, saya juga buat coretan ini sekedar ingin mengenang dan sharing dg semua.

      Btw Kurang jelas ya yg di “about” .. nanti kapan2 dilengkapi lg deh..

      Salam dari Sayyed

      Like

      Reply

  19. hendry
    Jun 27, 2014 @ 15:14:53

    saya sampai pakai beberapa produk penumbuh bulu. mungkin ada saran agar bulu jenggot saya tumbuh??

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jul 01, 2014 @ 12:11:46

      wah agak sulit klo memaksakan. bnyk guru2 mulia saya di arab jg tanpa jenggot n kumis kok.

      syukuri dan msh bnyk kebaikan yg afdhol dri skedar masalah bulu.

      salam sayyed

      Like

      Reply

  20. cevi
    Sep 17, 2015 @ 06:14:29

    betul banget bahasa di artikel website ini begitu mendalam jadi harus dibaca 1-2x

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون