Tarawih di Masjidil Harom Makkah ( Diusir Polisi)


sayyed ep

sayyed ep

Tarawih di Masjidil Harom Makkah ( Diusir Polisi)*

Sayyed Ep BikailaRobbi.wordpress.com

Suasana  sholat Tarawih di Masjidil Harom Makkah  memang  beda, bukan hanya karena pahala yang dilipat gandakan sampai Seratus ribu kali lipat jika dibanding masjid-masjid lainnya, selain itu Masjid ini  juga memiliki beberapa keunikan yang membuat kita  akan merasa betah berlama-lama hanyut dalam riuh kekhusyu’an ribuan  umat manusia.

Diantara keunikan yang ada di Masjidil Harom adalah : Tidak adanya pembatas antara barisan jamaah wanita dan pria. Shalat menghadap semua arah (tengah masjid) karena bangunan persegi empat – Ka’bah-  yang menjadi  kiblat umat muslim seluruh dunia berada di tengah-tengah kita. Setiap habis melaksanakan jamaah shalat fardhu pasti diadakan shalat mayyit, baik mayat ghoib maupun hadir. Tersedianya musabbal,  ada ratusan galon air zam-zam  pada setiap shof – barsian Jamaah- yang siap diminum setiap waktu. Banyak polisi berpakaian dinas berjaga-jaga dan tidak mengikuti jammah sholat.

Hanya Ada di Masjidil Harom Makkah

Pastinya banyak yang telah mengerti,  bahwa hanya di Masjidil Harom ini setiap orang dapat  menyaksikan dua ritual ibadah sekaligus dalam satu waktu. Ya, di sana kita bebas  memilih antara ibadah Thawaf dan sholat Taraweh,menurut keterangan dari ulama :  bagi musafir sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah Thawaf daripada sholat sunnah. Ritual Tawaf  sunnah lebih terasa rileks dan asyik karena dilaksanakan dengan lari-lari kecil dan santai, kita juga bisa sekalian clingak clinguk memperhatikan keindahan suasana Ka’bah dan sekitarnya, Tawaf disaat orang lain mengerjakan Taraweh juga memudahkan kita untuk melihat lebih dekat ke arah multazam, Ka’bah, memegangnya   bahkan untuk  menciumi Hajar Aswad.

Diusir Polisi Masjid

Setelah melaksanakan jamaah ibadah shalat Isya dengan syehkh  Abdurrahman Sudes -Imam Masjidil Harom  paling mashur dengan kemerduan suara khas dan gaya bacaannya-  saya menyempatkan diri untuk bertawaf sambil menunggu waktu jamaah sholat Taraweh dimulai.

Ketika sang Muadzin menyerukan iqomat  tanda dimulainya shalat Taraweh, saya bergegas menuju barisan tengah Masjid.  Ketika kami baru saja  memulai sholat taraweh dengan khidmat,  tiba-tiba Polisi menarik paksa  tangan saya hingga keluar barisan. hmm batin saya berkata : galak juga nih polisi, kayak  ga punya adab banget, orang lagi sholat kok ditarik-tarik gini!!!? Oooh.. setelah melihat ada  beberapa jamaah  yang diperlakukan sama saya baru sadar kenapa  diusir dengan cara sekasar itu. Ternyata tempat yang saya sholati tadi adalah jalan utama bagi orang yang mau masuk Masjid dan hendak bertawaf di depan jammaah Taraweh. Berhubung tidak ada barisan kosong di kanan kiri, akhirnya saya kembali ke depan menuju Ka’bah dan menikmati ritual Thawaf  lagi sebanyak mungkin.

Saat itu ritual Tawaf  terasa sedikit  kikuk dan menggelikan, hampir sepanjang putaran saya menahan ikatan kain ihram yang menutupi bagian pusar sampai dengkul, maklum belum sempat membeli sabuk pengaman, disamping sudah bawaan sejak lama yang masih belum ter biasa melipat sarung dengan baik dan benar. Gimana jika tiba-tiba melorot begitu saja di depan ratusan ribu pasang mata? Miris!.

sayyed ep

sayyed ep

Sekedar info : Rakaat sholat taraweh di Masjidil Harom Makkah dan Madinah sama-sama 20 rakaat dan ditambah sholat witir 2+1 rakaat. Hal ini juga yang dijalankan oleh Mayoritas sahabat Nabi dan ulama madzhab di seantero dunia.  Entah kenapa masih ada yang membid’ahkan Tarawih lebih dari 8 rakaat? Bukankah nabi tidak pernah membatasi sholat sunnah malam, ataukah  memperbanyak ibadah yang tidak ada batasan jelas termasuk bid’ah?  Sedangkan taraweh di masjid berjamaah pun secara hadis adalah bid’ah hasanah. Hmmm ..

Bid’ah Kabeh, Karepe priben sih… apakah semua perkara yang ditinggalkan Nabi  dihukumi haram +bid’ah , semisal trawih 20 rkaat, doa bersama, n puasa sepanjang tahun?. Nantikan coretan iseng sayyed EP terkait masalah Bid’ah dan hal-hal yang ditinggalkan Nabi PBUH.. insya Allah.

*pengalaman 3-4 tahun lalu, mungkin ada sedikit perbedaan.

Next Better dayz :

Pengalaman Tidur disamping Jasad Rasulullah

Rahasia Lailatul Qadar

Jambret di Masjidil haram

10 Comments (+add yours?)

  1. nunu
    Aug 09, 2013 @ 11:45:50

    Senang membaca kisah2nya sayyed.. Terima kasih sudah berbagi.

    Apa sayyed tinggal di mekkah ?

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Aug 09, 2013 @ 16:54:19

      Trima kasih supportnya.
      Sayyed baru pernah ziarah 2 kali. umroh ramadhan dan musim haji.
      Semoga Sayyed n nunu diberi kesempatan untk ziarah Rasul dan Baitullah jg (: .

      Salam kenal
      Sayyed ep

      Like

      Reply

  2. rudi iskandar
    Mar 15, 2014 @ 19:48:16

    membuka cakrawala

    Like

    Reply

  3. kredit tanpa agunan
    Jun 13, 2014 @ 08:57:02

    salam hangat ya gan
    semoga bermanfaat artikel nya

    Like

    Reply

  4. Rio
    Jan 28, 2015 @ 00:17:23

    Hanya sekedar bertanya: apakah thawaf sunnah harus ber ihram?? karena sepengetahuan saya ihram hanya thawaf umroh dan thawaf haji. Wallahualam

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jan 28, 2015 @ 00:24:06

      Waalaikum salam.

      Tawaf sunnah boleh kapan saja dan tidak berhubungan dengan ihram. Klo Thowaf Umroh n haji kan emang satu paket.
      Btw mau berangkat Umroh? Salam buat Rasulullah🙂
      Salam sayyyed.

      Like

      Reply

  5. herri arnanda
    Feb 03, 2015 @ 03:08:32

    Bg sayed boleh mnta alamat emailnya? Ana mau sharing soal ilmu agama ada yg mu ana tanya sedikit pribadi bg

    Like

    Reply

  6. herri arnanda
    Feb 03, 2015 @ 03:10:10

    Bg bls ke email saya ya bg, syukran bg

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Feb 03, 2015 @ 07:27:21

      waalaimum salam.
      ok. makasih sudah brkunjung
      disamping kanan ada fb bikailarobbi. boleh join nanti chat dri sana.
      klo email jarang di cek. yg mana alamat emailnya? ada yahoo, htmail, dll
      salam

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون