dan empat Fase Hati-hati ?


sebagai pondasi dasar penggerak raga, makanan yang baik memiliki porsi terbesar sebagai unsur utama pembersih hati dan penerangnya, serta menyiapkanya untuk menerima cahaya-cahaya ‘ma’rifah’. #GhazaliRule
nu Sayyed #alGhiyas -pasca Maulid- Bikailarobbi

[ Haram ]

batas larangan minimal adalah larangan yang telah difatwakan para ahli fiqih dari pemahaman nas nas syariah. berhati-hatilah pada segala sesuatu yang nyata membuat kefasikan sebab dosa-dosa kecil yang dapat menghilangkan sifat ‘keadilan’ kita.

[Makruh]

orang-orang shalih menambahkan batasan tersebut setingkat lebih ketat. yaitu dengan kewaspadaannya untuk tidak terjatuh pada hal-hal yang dapat menjerumuskan kepada adanya ‘kemungkinan larangan’. walaupun secara lahir telah difatwakan ahli fiqih bahwa hal tersebut dibolehkan. prilaku ini sejatinya mengamini wasiat Rasulullah: tinggalkan apa yang membuatmu ragu dan amalkan yang tidak diragukan.

[mubah]

jiwa-jiwa yang bertaqwa senantiasa diatas kesalihan para shalihin. mereka bahkan mengamalkan wasiat Rasul yang hanya mampu dijalankan segelintir manusia saja : seseorang tidak akan pernah sampai pada derajat “muttaqin” kecuali ia telah meninggalkan sesuatu yang ‘dibolehkan’ takut terseret kepada yang dilarang.

[Wajib]

para shiddiqin memiliki kelas puncak. mereka bahkan waspada atas setiap asupan yang tidak diniati untuk kekuatan beribadah taat kepada Allah. atau cara dan sebab mendapatkannya terdapat sebab-sebab kemaksiatan. kelas terakhir ini dipraktekkan oleh sufi besar Basyar alkhafi, beliau tidak pernah minum dari air sungai yang telah digali para penguasa.

yang ditakutkan dari perkara yang dilarang [haram] adalah efek menggelapkan hati. sebaliknya yang dicari dari sesuatu yang halal adalah efek pencerahan hati.

batas minimal kehati-hatian adalah jihad kewajiban nafsi-nafsi. sementara batas menengah dan atas merupakan fase pemurnian menyatukan niat dan esensi

Wallahua’lam bissawab

Bikailarobbi – #GhazaliRules
sayyed Muhammad alawi almaliki
#hadzaSabili #thisismyway

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون