Revisi menembus batas wajar


Konon orang yang menyibukkan hatinya dengan Allah dan mengobatinya dari hal-hal baru yang sering mengelabuhi nafsu, kelak lebih menghadirkan reward positif daripada banyaknya sholat dan puasa ‘sunnah’ kita.

Berkah Maulid #BikailaRobbi

nu Sayyed Bikailarobbi

perkara mudah dan kerap mendorong semangat berbeda bagi para penikmat olah fisik adalah merasa : banyaknya amal harian kita dianggap mencukupi apa-apa yang sebelumnya tidak pernah dilakukan sesama mahluk fasik (baca : fajir).

meyakini ritual-ritual ‘nyata kita’ sebagai batas maksimal kesalihan. megimani diri lebih utama dari sesama hingga terucap talbisul iblis akan klaim terkutuk ‘saya lebih muslim dari mereka’.!?

kenyataan memang pahit. jika amal-amal tersebut ditimbang dengan syarat dan rukun yang telah disepakati Ulama fikih saja masih jauh dari batas minimal sah?!. Maka hadiah kita kepada Raja tak lain hanyalah kotak-kotak kosong yang lebih layak dibalas hukuman.

revisi batas wajar menjadi urgen untuk terus merefleksikan esensi dari makna amal harian kita. sudah sampai mana kesamaan faham dan praktik sunnah yang tidak mungkin keluar dari pemahaman para pewaris suci sebuah Nubuwwat.

pada awalnya semua akan kembali pada standar umum yang dijelaskan imam Malik bahwa : fikih tanpa substansinya ‘ ilmu menata hati’ berakibat sesat. tersesat karena pemahaman yang terhenti dianggap cukup dan mencukupi.

bilakah naluri terdalam tertutup logika kita yang tidak pernah menanyakan revisi batas wajar. ah mata dan rasa ini masih menikmati muslihat muhlikat mumhikat yang memang manis dan terlihat nyata.

satu intan permata beribu dinar akan terus dikenang ataukah hadiah kotak-kosong yang meninggalkan murka?

Wallahua’lam bissawab

*#Tajjulurus

#AlGhiyas #Unreflexted

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون