dosa Malaikat atas Adam as? 


mata lahir pada permasalahan ini adalah penyelewengan,  sementara penglihatan batin berwujud belas kasih sayang – Abu Madyan

perintah Allah swt pada para malaikat suci agar bersujud pada sang khalifah bumi tak lain  untuk menebus penyelewengan – maksiat- mereka perihal tuduhan negatif terhadap masa depan Nabiullah Adam as dan keturunannya.  

Sayyed Bikailarobbi .

klaim terkait masalah  kecenderungan persamaan sifat mahluk bumi sebelumnya yang perusak dan penumpah darah ‘peperangan’. 

sujudnya malaikat kepada adam bukanlah tentang rububiyyah,  karena sifat keTuhanan mutlak hanya dimiliki Allah swt.  malaikat bersujud untuk mengamini  sifat ke-hambaannya,  – ubudiyyah dari mahluk  ini secara paten menyadarkan hakikat diri mahluk yang memang  hina  dan harus selalu dalam ketertundukan. dua sifat utama mahluk ini tidak akan dirasakan kecuali dalam posisi yang rendah yang di implementasikan melalui gerakan sujud kepada Adam.  

seorang Nabi memiliki keistimewaan berupa kesempurnaan derajat – disisi Allah swt-  disetiap keadaannya.   dari yang sudah sempurna menjadi lebih sempurna  imbas dari konsentrasi atas level yang terus meninggi dan tak pernah berhenti.  

naiknya derajat seorang mahluk dan terkhusus para Nabi tergambarkan melalui dua jalur yang pasti.  adakalanya   dengan kedekatan,  kekhususan seperti ketika Adam as berada di sorga dan dengan ‘dikucilkan’  dan dimiskinkan seperti saat Adam diasingkan di bumi. 

dari dua gambaran tersebut,  pengucilan dan dimiskinkan adalah yang paling sempurna dan lebih esensial jika dilihat dari sis siapakah kita,  apakah ada kemuliaan dari seorang sahaya,  seorang hamba hina dan miskin papa dimata pemiliknya.  

kedua perhambaan Adam didalam surga dan bumi adalah esensi yang tersirat dalam dua sisi perhambaan yang menjadi contoh bagi para pewarisnya.  ubudiyyah  at-ta’rif as-sabiq dan ubudiyyah taklif al lahiq.  dan dengan menjalankan keduanya maka Adam as telah diberi anugrah besar dari Allah Rabbul Izzah.  

faham pora?  

wa sollallahu alal Mukhtar

Wallahu a’lam 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون