Fasih Lisan dan Fasih Amal ? 


​كلام أهل الإخلاص والصدق نورٌ وبركةٌ، وإن كان غير فصيح. 

وكلام أهل الرَّياء والتَّكلُّف ظلمةٍ وخيبة، وإن كان فصيحاً . 

ungkapan ahli ikhlas dan sidiq adalah cahaya dan penuh berkah walaupun tidak fasih,  sementara ungkapan ahli pamer dan pura-pura hanyalah kegelapan mengecewakan  walaupun fasih – Hikam Haddad

parameter sebuah ungkapan yang tulus selaras dengan karakter kepribadian sang pengucap. pun yang kita cari kerap menafikan sisi ini dan menilai dari decak kagum atas bahasa fasih yang sekilas lebih memiliki candu menarik perhatian kecenderungan tabiat awam. 

BikailaRobbi

berkali-kali diingatkan bahwa sisi adab tata krama adalah yang utama, tak heran jika ungkapan hikmah dari imam Haddad ini membawa sayyed pada ingatan lama  dari seorang pengamal thariqoh yang berpesan ” agar jangan pernah mentashih atau merevisi bacaan-bacaan wirid yang telah ditulis dari para guru,  walaupun secara gramatikal Arab kadang terlihat janggal”.  demi menghormati keadaan yang kadang sengaja tidak terjangkau oleh syariat lahir.  
ihwal kekhusyuan taqwa serta ketulusan penyusun dzikir maupun wirid-wirid tertentu adalah prioritas dari sekedar basa-basi bahasa yang kaprah dan manusiawi.  disinilah adab seseorang pengikut – murid- tertantang untuk mennggalkan  logika logis tepiskan jiwa kritis dalam balut kebodohan hakikinya.  

bukti  hikmah ini terabadikan dalam kisah perjalanan dakwah  Musa dan Harun As,  dimana Musa  mengakui dirinya tidak lebih fasih dari harun : huwa  afsohu minni lisa na,  dan ia (harun)  adalah orang yang lebih fasih lisannya daripadaku. mengingat semasa kecil musa pernah disuruh oleh ramses kecil untuk memilih antara api dan kur makanan,  yang ternyata musa memilih jilatan api hingga membuat lisan beliau terluka berujung pada ketidak fasihan beliau dibanding harun.  

mendapatkan  nur dan barokah cahaya dan tambahnya kebaikan  di zaman fitnah bagaikan mencari oase di tanah gersang,  adakah manusia sekarang lebih konsen pada majlis-majlis salaf daripada gagap gempitanya ceremonial seminar instan yang penuh dengan janji janji kepastian.  ah mengapa tak berkaca pada rendahnya diri,  seraya memganggap ajaran dan kebaikan-kebaikan mereka seolah tak berarti,  lagi-lagi nafsu lawwamah melemuri dengki wujudkan ujub kesucian diri!! 

 alam dimana ilmu qaum sudah tidak lagi memberikan daya tarik dan sekilas menjemukan lagi jumud,  pemain terbik telah Engkau ambil mendekat kepada keharibaanmu.  tinggalah si lemah yang kerap dirundung penyesalan tak terbayar,.   Keluhkan masa lalu dimana mereka para Rijalullah masih bersanding disekitar kita?? 

memang ulama murni telah banyak dicabut dari peredaran alam fana ini,  namun sedikit banyak  warisannya akan terus bercokol di seantero jagat raya suka atau pun benci.  karena merekalah sosok sosok istiqomah yang senantiasa membumikan syariah yang selaras dengan generasi kurun terbaik.  

Jalan termudah melerai belitan  malas beristiqomah adalah membiasakan diri dan keluarga untuk  bergaul menghadiri setiap majlis  jamaah dzikir di daerahmu.  apapun bacaannya : tahlil,  hizib,  simakan Alquran,  maulid Nabi adalah obat kecenderungan buruk atas fitnah dunia yang tak pernah berhenti mercuni hati telinga dan mata kita.   

dalam hikam lainnya Imam Hadda oernah berkata : ketika hanya  dengan melihat mereka yang terbelenggu pengaruh  kenikmatan dunia saja akan dapat  menghilangkan rasa cinta kita kepada alam akhirat,  bagaimana jika kita ikut bergaul dan bercengkrama dengan mereka – para ahli dunia – ? 

merindukan daerah dimana lisanul hal adalah bukti kongkrit dari para pemilik  dan  peraih nur serta  barokah,  Hadramaut.  Negri  dimana  Islam tersebar ke seantero penjuru bumi  dengan sejuk tanpa konflik adu senjata.  

madad maddad ya Alfaqih muqoddam,  madad madad ya Rijaalul ghaib,  madad ya goustus tsaqolain.  bijahi Toha Rasul. 

Wallahu A’lam 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون