Ucapkan Syahadat dan Istiqomahlah 


seorang Arabi datang menemui Rasulullah dan bertanya: apa yang bisa saya lakukan hingga aku menjadi muslim ,  Rasulullah menjawab “ucapkan syahadat dan istiqomahlah- alhadis

apalah arti istiqomah lebih baik dari 1000 karamat- karena sesungguhnya puncak dari karomah adalah istiqomah itu sendiri. – rijalghoib 

BikailaRobbi

jawamius sir,  kumpulan rahasia yang terbengkalai dari mayoritas manusia ada dalam implementasi istiqomah  dalam segala lini kebaikan,  kalimat singkat padat dengan pengaruh luar biasa.  inilah jawaban baligh  serat makna positif dari sang nabi perihal kriteria muslim sejati.   
kata istiqomah memiliki makna :jalan pada garis yang lurus, yang tidak lain adalah jalan kebenaran “alhaq”,  seperti termaktub dalam ayat :  ihdinas siroothol mustaqiem.   istiqomah dalam diri seorang hamba   tergambarkan dalam keketatan diri pada manhaj mustaqiem – sistem  yang benar.  yang telah digariskan  peraih nikmat agung dari para Nabi,  shiddiqien,  syuhada dan orang-orang  shalih.  

secara syariah istiqomah berarti : menetapkan  diri selaras dengan syariah pada apapun yang diperintah maupun yang dilarang . hal inilah yang mewajibkan manusia untuk menggali lagi setiap keluhuran pemahamansyariah  hingga apapun istiqomah yang dijalaninya adalah sunnah yang memang memiliki rujukan standar semestinya. 

 sepuluh kata istiqomah tertulis menggunakan bentuk kata kerja  pada ayat berbeda,  tigapuluh lima kata mustaqim menjadi sifat dari shsirath dan dua kata mustaqiem menjadi sifat dari alqistos,  kesemuanya  dirangkum para ahli tafsir  menjadi  empat makna yang saling melengkapi.  

1. tsabat wad dawam ala dda’wah ila addin : anjuran untuk tetap  senantiasa  berdakwah untuk agama.  ayat : Fastaqim kama umirta  – hud 112.  dan istiqomahlah seperti apa yang telah diperintahkan padamu, Ibnu Katir dalam tafsirnya menyatakan bahwa ayat ini mencakup perintah kepada Rasulullah dan seluruh umat muslim untuk tetap dalam jalan dakwah. dalam keterangan beberapa hadis dijelaskan bahwa ayat inilah yang menybabkan beberapa helai rambut Rasulullah memutih,  “tsayabatni hud wa ahwatuha”  telah membuatku ubanan surat hud dan kedua saudaranya.  karena ketatnya beliau dalam menjalankan istiqomah.  

2.tsabat ala attauhid : tetap dalam bertauhid mengesakan Allah Rubbul izzah,  makna ini tertulis pada ayat ” innalladzina qoolu Robbuna tsummas taqomuu –  fushilat 3o” mereka yang menyatakan sesungguhnya Rabb kami kemudian meteka beristiqomah.  Thabari dalam tafsitnya merujuk riwayat Abu bakar shiddiq bahwa : mereka adalah orang-orang  yang tidak menyukutukan Allah.  

3. tsabat ala toatillah waltizamu ahkamihi  : tetap dalam ketaatan pada hukum-hukum Allah.  Ibnu Abbas menafsiri kata istiqomah dengan ketaatan pada ayat  : wa an lauistaqoomu alatthoriqoti la asqoinaahum maa an ghodaqo –  aljin 20.  dan jika kalian beristiqomah pada sebuah jalan maka kami akan memberi mereka airyang mengalir – melimpah-.  hal ini dijanjikan Allah swt  jika mereka senantiasa  taat.  

4.alwafa bil ahd : senantiasa menepati janji, hal ini termaktub  pada surat attaubat :  famastaqomuu lakum fastaqiimu lahum –  Attaubat 7  dan jika mereka beristiqomah kepadamu maka – balaslah- dengan beristiqomah  pada mereka.  Thabari kembali menegaskan bahwa ayat ini berkaitan dengan oerjanjian kaum muslim dan kafir perihal masjidil harom,  yang pada akhirnya kaum kuffar tidak menepati janjinya dengan memulai memerangi umat muslim. 

empat makna berbeda dan saling berhubungan yang  sejatinya merujuk pada satu kesimpulan makna : tetap fokus  pada satu perintah  dan senantiasa menjaga sesuai asas yang ada.  

apalah arti istiqomah lebih baik dari 1000 karamat karena sesungguhnya puncak dari karomah adalah istiqomah itu sendiri. 



wallahu a’lam

solli ala Nabiilmustaqiem 

sayyed nu dayz 20017 15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون