Batas Minimal Syukur?


image

dan sangat sedikit dari hambaku yang bersyukur -qran

coba sejenak memutar balik posisi abid menjadi sayyid atau budak menjadi majikan. adakah hak yang patut dituntut seorang budak kepada sang majikan?


BikailaRobbi

bukankah analogi dalam kajian ushul membahas bahwa budak  cenderung disamakan  dengan harta dagangan yang bebas diperjualbelikan daripada sisi manusia dengan sederet kemuliaannya? hal ini diapliasikan pada masalah pembunuhan budak yang mewajibkan  qisos atau sekedar  menggantikan harganya saja.

segitu rendahnya nilai seorang budak nisbi aka relative? toh substansi manusia tercipta adalah wujud  budak  – dari sang raja di Raja. mengapa yang kerap terjadi adalah sebaliknya. menjadikan Allah Rabbul izzah sebagai budak dengan sejuta harap impian implemantasikan  seperti mau -ego- dirinya melalui modus panjatan doa, sedekah tawassul sampai  istighosah kepadaNya?

bukankah kewajiban  yang harus ditekankan  adalah demonstrasi syukur dan implementasi kewaspadaan serta mendefinisikan ulang kesalah fahaman atas nikmat-nikmat yang ternyata hanyalah istidraj?!

rasa takut atas  segala kemudahan keluasan kesempatan kesuksesan keharmonisan  yang datang silih berganti tanpa wujud mukafa’ah -balas jasa- dari balik sadar yang tertunda oleh eforia sementara.

rasa malu atas tindak tanduk imbalance dari sisi lahir gerak dan ucapan yang seolah selaras dibalik kepuasan  palsu yang mengendap  akibat hilangnya cermin untuk introspeksi dan kembali berkaca.

Konon bilangan nafas manusia  berhembus seribu kali perjam, maka dari satu nikmat nafas saja setiap muslim mu’min  minimal harus menjalankan mukafa’ahnya dengan menyebut lafadz Allah sebanyak 24 ribu kali sehari semalam, sesuai bilangan jam. bagaimana jika semua anugrah indera rasa, mata, cium, dengar, raba dan semua nikmat yang tak terhingga itu harus dibalas semuanya. adakah waktu untuk berpaling dariNya?

Wallahu A’lam
Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ala diniek.

semoga ttap bersamanya
Amien.

Katsirul masawi sayyed ep

Solli ala almuzammil

بك محمد الى ربي

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون