Puasa menghidupkan Syukur


image

Kami diperintah untuk tidak makan kecuali telah lapar dan tidak minum kecuali setelah haus -hadist

pergeseran perspektif manusia dalam menilai bulan mulia ini sewajarnya berfokus pada  tujuan horizontal ranah sosial(ita)? corak laku umat manusia  mengarah ke titik normal dan harus dimaafkan. sudah seharusnya siklus merusakkan  terjadi bahkan telah dipastikan dan usah ditakuti lagi!.

BikailaRobbi

puluhan ayat suci dan hadis nabawi menegaskan urgensi kongkrit dan  terbesit dari  filosofi puasa  melalui  konsep anti  isrof -pemborosan-, isrof  atau berlebihan kerap diidentikkan dengan hal buruk dan terkutuk. dalam term fikih muamalah hal ini dikaji pada masalah al mahjur alaihi -orang yang segala transaksinya (tidak sah) dibekukan- sebab isrof. karena kehatian-hatian Nabi dalam satu riwayat Rasulullah pun pernah menghukumi sayyidina Ali dengan predikat Mahjur alaih.

pada ranah ibadah, sebagian pengaggum  mutatorrif -terpinggirkan-  melarang melalukan  isrof  dalam beribadah hanya karena takut terjerumus pada perbuatan bid’ ah -inovasi- yang mengada-ada. hingga sebagian dari mereka tegas memvonis  sebagai ahli bid’ah sesat bagi pengamal  ibadah sunnah yang berlebihan seperti kisah Tarawih ahli Tarim!?

masalah isrof dalam legalitas isrof dalam  ibadah  dikaji komprehensip oleh ulama India  bermadzhab Hanafi: aL Laknawi  dalam kitabnya “Iqomatul hujjah ala annal iktsaar fiil ibadah laisya bi bid’ah” benteng hujjah bahwa memperbanyak ibadah bukanlah perkara  bid’ah. riwayat Aisyah ra perihal ibadah malamnya Rasulullah yang membuat kaki mulia beliau bengkak, cucu mulia Rasul Ali zainal Abidin assajjaad   dengan rutinan malam  seribu rakaatnya adalah bukti-bukti mutawattir dari wujud manusia yang mendedikasikan dirinya dengan isrof ibadah. kaidah ushul dan komparasi hadispun banyak disinggung Laknawi menguatkan para pengamal isrof perihal ibadah.

Puasa Menghidupkan Syukur

Syukur manusia adalah balas jasa atas kebaikan yang diberi. syukur mengerahkan segala  kemampuan untuk meningkatkan pendekatan ilahi melalui amal amal salih. Syukur bagi Allah swt adalah Ridlho – perkenan-. dalam nas quran lawan syukur adalah kufur -terhalang-, maka otomatis para penolak syukur adalah peraih predikat KUFUR -terhalangnya iman-?!

Memanjakan  diri dan  keluarga dengan selalu  memberi segala yang diinginkan merupakan benih tersirat pembuka sifat-sifat tercela, berupa meremehkan dan  terhalang untuk memahami keutamaan anugrah nikmatNya. 

Ketika satu rumah dibanjiri oleh banyaknya nikmat maka kecenderungan menghina lagi merendahkan wujud nikmat senantiasa meliputi. Kecenderungan manusia  mengaggungkan dan mengakui nikmat hanya pada saat permulaan setelah susah payah mendapatkannya saja, kemudian kembali meremehkan – ketika sudah diremehkan  maka Sesungguhnya ia sedang melepas anugrah-anugrah nikmatnya sampai kebangkrutan melanda.

Hakim dan Turmudzi dalam Nawadir ushul meriwayatkan hadis dari sayyidatina Aisyah : bahwasanya ia melihat Rasulullah mengambil potongan makanan kering  yang telah terjatuh dan bercampur  debu, kemudian  meniup bekas debu dan memakannya.  – riwayat lain – meletakan ke matanya dan berkata :

wahai Aisyah berlaku baiklah melalui  pendekatkan diri pada nikmat-nikmat Allah. sesungguhnya sedikit nikmat  yang pergi dari sebuah keluarga hampir saja kembali pada mereka. -HR Hakim

Meminimalisir gejala  konsumtif(itas) saat puasa Ramadhan dan   menghidupkan syukur serta menghindari sifat underestimate -meremehkan- nikmat sekecil apapun, maka anjuran makan hanya pada saat lapar dan minum ketika sudah haus adalah alternatif utama. bukankah seseorang jika sudah terlampau lapar atau haus maka hidangan  makanan atau minuman  sederhana yang disuguhkan saat buka puasa akan terasa sangat nikmat dan dapat memuaskan syahwat lapar  kita?!. inikah rahasia Rasulullah perihal sunnah yang ketika umat mengamalkannya maka hakikat  nikmatNya senantiasa  meliputi kita.

Wallahu A’lam

Allahumma Solli ala Khatibul Umam

semoga masih dianggap mereka. Amien

sayyed Rule

بك محمد الى ربي

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون