Tanamkan Rendah diri dari Hati ?


image

agar terus merasa diri sebagai manusia yang paling rendah diantara mahluk ciptaanNya-?

madad pertolongan mencakup kebaikan berkah dan terbukanya tirai penutup hati manusia dari Rabbul Izzah tidak pernah turun pada mereka yang masih mengklaim sebuah pangkat derajat.

seperti air yang mengaliri kepermukaan yang lebih rendah, madad pertolongan dan terbukanya tirai ilmu, pintu segalaa kebaikan akan mengaliri manusia yang merendahkan nilai dirinya dimata semesta alam. air tidak akan mengaliri permukaan yaang lebih tinggi pun akan berhenti mengalir jika permukaannya sejajar sama.

ketika halangan berupa  merasa memiliki derajat yang sama saja menjadikan kebaikan dari madad berhenti. Bagaimana mungkin seseorang akan mencapai ilmu-ilmu kesejatian jika ia memendam perasaan berupa klaim lebih baik dari sesamanya.

menilai baik dan buta dari keluputan semua manusia walaupun dari satu sisi saja. pun jika seseorang telah diberi anugrah yang lebih banyak dari manusia lainnya. anggaplah semua manusia sebagai guru.

karena Allah telah menciptakan setiap mahluk dengan kekhususan-kehususan tertentu yang tidak dimiliki mahluk lainnya.

teman ahli maksiat, lihatlah mereka dengan kesabarannya diatas kehinaan dan ujian Allah pada mereka, hingga satu saat ujian itu akan berhenti -dan bertobat-. niscaya seseorang akan melihat bekas ahli maksiat tersebut sebagai manusia yang sabar -dengan takdirnya-.

orang yang melihat dirinya sama atau bahkan lebih tinggi dari manusia lainnya akan terhenti madad kebaikan dari wujud secara menyeluruh. pun seandainya disurga maka ia akan berada diderajat paling rendah diantara mahluk secara keseluruhan.

sebaliknya mereka yang merasa rendah maka ia akan ditinggikan diatas semua mahluk. hal ini tidak menafikan bahwa Rasulullah solli alaih lah pemilik keluhuran derajat mahluk secara mutlak. derajat luhur ini dibagikan secara merata pada para pewaris Rasulullah dari para nabi dan wali. pun mereka berbeda dalam keindahan, kemurnian, ketinggian dan kerendahan tingkatannya.

orang  yang merasa dirinya dirinya rendah dari siapapun maka kelak dialah yang akan menemani Rasulullah -disurgaNya-.

mengaplikasikan sikap ini dengan nyata akan menjadikan seseorang tidak pernah menolak untuk selalu menjawab sapaan atau salam dari mereka yang telah menyakiti perasaan walaupun sapaannya keras dan kasar!

seperti sapaan seorang pembesar kepada budak-budaknya. walaupun menyimpan rasa kesal, bagaimana mungkin seorang hamba tidak menjawab dan menghormati pembesar kaumnya? karena kedudukan sang pembesar memang NYATA baginya. tidaklah seseorang meniggalkan jawaban -sapaan yang baik- kecuali ia merasa dirinya memiliki derajat atas dirinya jika dibandingkan dengan manusia lainnya.  pun yang merasa sama derajatnya.

Wallahu A’lam
Wama Taufiqi illa Billah
Wasolla Allahu ala Shadiqil amin

semoga masih terhitung

BikailaRobbi
penyaksian nyata
SyaRoni Rules

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون