7 Keramat pelajar Awam!


image

ucapkanlah (wahai  Muhammad)  adakah kesamaan antara orang-orang yang mengerti dan tidak mengerti (ilmu)  –  Azzumar 39

mereka yang (sanggup mendeteksi)  rasa takut kepada Allah dari hamba-hambanYa hanyalah para Ulama. 

khosyah‘  ketakutan yang diliputi ketertundukan  rasa pekewuh. haibah  kharisma yang sebenarnya dari hadirnya Raja diraja.  muroqobah merasa diawasi sampai pada hal yang paling samar sejak dalam fikiran, keinginan hati dan segala laju alam bawah sadar dari likaliku dosa hati.   sebuah keadaan dimana takut adalah Takut.

bikailarobbi.wordpress.com
sayyed s Back

  sang maestro al Ghazali dalam Bidayatul hidayah menggariskan  kriteria ulama positif diantaranya  menukil satu  atsar hadis ” Barangsiapa bertambah ilmunya sementara ia tidak bertambah   hidayah maka sesungguhnya ia tidak bertambah – ilmunya- kecuali menjauhiNya.  maka apalah arti kecerdasan dan ilmu yang dimiliki ketika taufiq dan hudan redup?

pemula yang mengharapkan dirinya  berdiri sejajar dengan pewaris agung Rasulullah selayaknya cermat dalam memulai jalan menempuh hidayah sejak dari hati melalui ketatnya  intensi menghabiskan kesempatan waktunya untuk memahami syariah mulia.

“saya niat belajar dan mengajar  ilmu agama untuk Menghidupkan Syariah serta menghilangkan kebodohan”.

Muadz bin Jabal ra  berkata : pelajarilah ilmu,  sesungguhnya mengajar ilmu -akan  tercatat- sebagai amalan kebaikan.  mencarinya – termasuk –  ibadah,  mengulanginya adalah tasbih.  riset pembahasannya adalah jihad,  mengerahkan – harta- untuknya adalah shodaqoh.  

urgensi mendalami syariah agama terwakilkan pada satu hadis Nabi riwayat sohabat  Muawwiyah ra yang kerap dijadikan ‘iklan’  para penyusun kitab-kitab salaf khususnya fikih dalam muqoddimah mereka : siapa yang dikehendaki – ditakdirkan- Allah sebuah kebaikan,  maka Allah akan memahamkannya masalah-masalah agama.  dalam keterangan lain dijelaskan : satu ahli agama yang mengamalkan ilmunya lebih berat bagi syaitan daripada serubu ahli ibadah – tanpa memahami ibadahnya-.

Abu Bakar Syata dalam i’anatut Thalibin dan Abdurrahman almasyhur dalam Bugyatul Mustarsidin mengutip tujuh keramat – kemulian- bagi orang awam yang hadir dalam majlis ilmu untuk  belajar agama walaupun ia tidak memahaminya : siapa yang pergi ke orang alim – agama-, duduk belajar  di sampingnya dan tidak dapat menghapal apapun dari pelajaran yang diuraikan,  maka ia tetap diberi tujuh keramat :

1. mendapatkan fadhl keutamaan derajat para pelajar – agama-. 
2. selama ia duduk disamping guru – sang alim-,  maka ia terjegah dari dosa dan keluputan dosa.
3. ketika keluar dari rumahnya untuk taklim – belajar- maka rahmat Allah turun bersamanya.
4. saat duduk disamping sang guru alim,  rahmat Allah turun dan ia pun akan mendapatkan rahmat tersebut berkah dari sang alim.
5. selama mendengarkan keterangan alim,  ia tercatat sebagai orang-orang yang senantiasa dalam amal baik.
6. sayap-sayap malaikat menjaga  para pelajar,  karena Ridlho dengan kesibukan para pelajar.
7. setiap langkah kaki yang diangkat dan diletakkan ke /dari bumi merupakan tebusan atas dosa-dosa,  meninggikan derajat,  menambahi setiap amal kebaikan. 

Tujuh keramat ini pasti diraih oleh mereka yang hadir majlis ilmu syaiah yang tak sanggup menghapal apapun dari majlis ilmunya,  bagaimana dengan para pemerhati yang sanggup menghapal,  memahami,  mengamalkan dan menyebarkannya ke handai tolan dan masyarakat sekitarnya. Niscaya puluhan hingga jutaan keutamaan karomah akan turun senantiasa memuliakan para pelajar agama.  tak heran jika di daerah Hadramaut khususnya Tarim,  masih banyak ditemukan majlis-majlis ilmu,  baik harian maupun mingguan yang dihadiri oleh para sepuh hingga pelajar anak-anak.  begitu juga di daerah sayyed sini cirebon. 

________________
seandainya hadir majlis ilmu tidak memiliki manfaat kecuali berkah dari melihat wajah sang alim. niscaya mereka yang berakal senang menghadirinya. -Bakar shatha # BikailaRobbi

Alhamdulilah ala kulli haal

wa Sollallahu ala sayyifil Kaunain

semoga masih diakui sebagai murid mereka
Amurn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون