Istighfar kita butuh Syahadat?


image

Sang maksum beristighfar bukan karena dosa, sedetikpun tidak ada rumus lalai dalam hatinya. mata tertidur hati senantiasa terunduk dalam kekhusyukan taqorrub kepadaNya

PERBAHARUILAH IMAN KALIAN-alhadis

Tujuh puluh kali dalam sehari, riwayat lain menjelaskan sampai seratus kali melafadzkan  permintaan maafnya kepada Robbul izzah. adakah makna istighfar ini selain wujud keluhuran yang tak berbatas dari sikap superlative kehati-hatian dalam diam dan kata, gerak dan langkah maupun benci dan cinta.


bikailaRobbi
Sayyed EP

ketika  seorang Rabiah adawiyah  masih membutuhkan pensucian diri dalam istighfarnya dengan multiple istighfar. maka adakah manusia akhir zaman dapat merasakan hal yang sama?  memang  wujud terplilih sangat langka, sosok  pribadi-pribadi mastur nan  istiqomah yang dapat  menyentuh puncak hingga  merasakan kejernihan istighfarnya  -istighfar membutuhkan istighfar-. Teori istighfar kamil sempurna seperti ini tak lain adalah ungkapan kerendahan hati dari para pemilik ketergantungan jiwa nan mahfudz.

pernyataan rendah hati sang  Imam Syafii yang mashur perihal:  aku menyukai kumpulan orang-orang soleh walaupun bukan termasuk dari golongan mereka, dan selalu mengharap  keberkahan syafaat mereka? Jika Syafii bukan golongan  orang soleh maka siapa lagi orang soleh di masa itu. lalu bgaimana dengan kriteria soleh  masa kini! kelemahan manusiapun digambarkan beliau pada doanya : “terimalah taubat hamba tanpa syarat, sungguh hamba tak sanggup menjalani semua syarat-syarat taubat”. 

inikah batas minimal  kemurnian para ‘perasa’ atas taubat yang tidak dipermainkan. permintaan maaf yang tulus dan segala kelemahan perihal  kecenderungan manusiawi. inikah istighfar kamil tanpa perhitungan atas segala  kesungguha utuh  pada  setiap  ibadah sunnahnya, sujud-sujud malam, puasa siang dan mulut yang senantiasa terbasahi lantunan ayat suci,   dzikir serta shalawat. 

maka level terakhir dari pengakuan murni manusia zaman akhir yang masih tersisa tinggallah: istighfar yang membutuhkan syahadat!

syahadat adalah prioritas diterimanya amal manusia. Ketika esensi penghayatan  kalimat Tauhid ini masih kerap pudar maka apa artinya istighfar yang diiringi dengan bantahan  melawanNya dengan nyata. Jelas ini merupakan  penghinaan keji berselimut  kalimat-kalimat suci.

batas minimal istighfar yang membutuhkan syahadat adalah memahami prinsip agama dan segala hal primer yang dibutuhkan para pengamal syariat sang wasilah  sayyidina Muhammad. mengharamkan yang haram dan menjalani yang wajib.

kesabaran dalam menjalani syariat kebaikan  hanya memilki level 300 kali lipat derajat berbanding dengan kesabaran menjauhi larangan maksiat yang memang lebih sulit. karenanya sabar dalam menjauhi laranganNya memiliki 600 derajat, dua kali lipat dari derajat pertama. Hingga puncak kesabaran seseorang dapat meraih 900 derajat ketika ia sanggup berdamai dengan musibah yang menerpa seraya berkata: innalillahi wa inna ilaihi Rajiuun.

keselarasan tauhid sangat sulit dijaga seiring kemunafikan salah kaprah  menjadi hal yang wajar.  prediksi perihal tanda hari qiamat ini telah terucap 14 abad silam: akan datang hari dimana seseorang beriman dipagi hari, maka ketka masuk waktu sore ia telah menjadi kafir. ketila sore hari beriman dan pagi telah menjadi kafir -alhadist.

demi meminimalisir diam dan kata atau gerak maupun isyarat  yang mengkafirkan diri yang tidak dirasa dari dalam jiwa kotor ini, maka apapun hal baik, usahakan untuk mentalqin diri  dengan selalu mendahulukan  ucapan syahadat.

Bisa jadi istighfar dari mulut pendosa ini tidak dianggap istighfar, karena memang yang beristighfar belum dianggap muslim (secara harfiah maupun kaffaah).

Wallahu A’lam

semoga masih dianggap sebagai
murid mereka .

Bi jaahi abil hasanain solli alaih

ASHADU AN LA ILAA HAA ILL ALLAH
WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN RASULULLAH

Astaghfirrullah Robbal baroya
Astaghfirullah minal khataya

BikailaRobbi😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون