Rasulullah sebagai manusia biasa


image

Allah memberiku wahyu agar kalian saling bersikap Tawadlu,  hingga seseorang tidak  berbuat lacur kepada lainnya.  dan tidak membanggakan diri terhadap lainnya. HR Abu Dawud. 

pembenci menafikan apapun kebaikan hanya karena satu khilaf yang mungkin tidak disengaja.  pecinta mengubur sak wa sangka terdiam mengambil hikmah dari setiap fenomena. 

menelusuri kehidupan Rasulullah dari sisi ‘manusia biasa’  memang jarang disadari masyarakat umum.  yang kita tahu Rasulullah haruslah  seorang yang sempurna dalam setiap laku langkah,  tutur sapa dan semuanya.  Rasulullah tidak diutus hanya kepada  mahluk suci bernama malaikat, selebihnya beliau adalah Rasul bagi jin dan manusia. 

Sayyed EP
Bikailarobbi.wordpress.com

kehidupan Rasulullah tergambarkan disetiap biografi sebagai manusia biasa dan umum.  beliau lebih senang terlihat apa adanya dan berada dalam barisan orang-orang miskin.  muamalah dengan yahudi,  makan makanan biasa sampai berjalan menyusuri pasar-pasar.  Rasulullah  menjalankan setiap kebiasaan manusia umum yang tidak menciderai empat kriteria kerasulannya. 

a’rodul basyariyah hal hal yang bersifat manusiawi. sifat jaiz dari aqoid limapuluh yang ada dalam diktat tauhid inilah yang menjadi satu dari beberapa alasan.  mengapa beliau lebih memilih menjadi nabi sekaligus menjadi seorang hamba dibanding pilihan yang menjadikannya nabi serta malaikat.

membumikan wahyu langit tidak mengandalkan keluhuran derajat dari  kenabian yang memang dianugrahi mukjizat apapun yang diinginkan. melainkan sikap tulus,  hikmah dan maaf atas era jahiliyah yang sedang melanda kawasan Arab.  kesabaran menghadapi pembangkang hingga berkali-kali menolak bantuan malaikat yang sengaja turun tangan untuk melindunginya secara langsung. 

inilah esensi ajaran thariqoh  Baalawi yang ditekankan dalam keseharian pelajar hadramaut dalam menyikapi gejolak dewasa ini.  dakwah dengan balasan aral caci maki sampi percobaan pembunuhan adalah hal yang lumrah terjadi. saksi-saksi hidup dan sudah wafat telah menjalani rintangan ini hingga jutaan manusia dapat merasakan indahnya Risalah Rasulullah oleh para dai Hadramaut.

Yaman selatan sebelum merdeka dan bergabung dengan utara adalah basis diktator para komunis.  Habib Salim syatiri yang disiksa ditabrak sampai kakinya lumpuh  hingga diasingkan dari tanah kelahirannya.  almarhum Habib Muhammad bin Hafidz (ayahanda habib umar bin hafidz)  yang diculik ketika ceramah di masjid Umar Muhdor  dan sampai sekarang tidak diketahui jasad nya. habib Muhammad assagaff (dikenal dengan habib saad)  dipenjara tanpa alasan,  habib mashur bin hafidz serta deretan nama nama tersohor  lain yang telah merasakan getir pahit dakwah ala thariqoh Alawiyah yang berujung manis di era berikutnya. 

seorang mulia sekelas Rasul pemilik  ‘kesaktian’  mukjizat yang sanggup menundukkan apapun aral yang dihadapinya  tidak bermanja ria dengan fasilitas ini.  maka sayyed yakin bahwa karomah para qutub dan wali masyhur dan mastur habaib Hadramaut pun sebenarnya mudah untuk menumpas kekejian kaum komunis kala itu. seperti kesaktian di  kisah-kisah ulama jawa yang menumpas hegomoni belanda masa penjajahan.

Konon sebagian da’i Hadramaut sengaja mendatangi daerah dan negara asing dimana tidak ada seorangpun mengenalnya agar mendapatkan nikmatnya keadaan ‘mudthir’ hingga terbiasa dengan hardikan dan anggapan remeh dari orang-orang sekitar demi untuk merasakan bagaimana pedihnya dakwah yang telah dijalani Rasulullah.

entah tak habis pikir dengan ketulusan ikhlas,  hikmah dan maaf dari da’i-da’i garis depan yang terus menerus didzalimi. apakah memang mereka telah mendapatkan Basyiroh – kabar gembira- tentang masa depan dakwah Islam  yang lebih nyaman di era ini.  karena itulah mereka menanggung segala getir seperti Rasulullah menanggung lapar,  caci maki,  copotnya gigi mulia,  pengusiran,  percobaan pembunuhan dan semua aral yang dihadapinya pra khulafaur Rasyidien di awal masa dakwahnya. 

dari sinilah pentingnya mengkaji Rasulullah melalui sifat manusia biasanya.  usah mencari keunggulan mukjizat karomah dan segala keunggulan yang sudah terpatri dalam jiwa suci beliau.  sifat manusia biasa inilah yang lebih dikedepankan dalam menghadapi masyarakat umum. 

sementara banyak manusia yang menjalani ritual dzikir dan taqorrub untuk mendapatkan kekhusyusyan meraih karomah-karomah.  bagi dai yang tulus : istiqomah lebih baik dari ribuan karomah apapun yang tampak dimata umum. 

محمد بشر لا كالبشر # بل هو يقوت بين الحجر

Wallahu A, lam
Allahumma Solli ala Khatibul Umam

semoga masih diakui
sebagai murid mereka.  amien

Bikailarobbi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون