Sunnah Tanpa Belas Kasih, Percuma?


image

amalan sunnah dan wajib sekalipun tidak berarti jika tanpa diiringi sifat kasih #DrMurodHakim

gambaran fikih prioritas adalah tentang menjaga kesimbangan kasih pada sang khaliq sekaligus mahluk.  pertimbangan dari setiap beban- taklif – pada hukum Islam sangat detail dan rinci.  syariah agung yang dibawa  Al-amien Rasulullah sepenuhnya menyentuh hal yang paling sensitif sebuah tujuan   menjaga indra  ‘rasa’, perasaan,  dzouq demi kemaslahatan manusia mengarungi dua alam berbeda.
Bikailarobbi.wordpress.com
Sayyed Muhammad EP

masalah yang sama memunculkan tiga  jawaban hukum  berbeda,  memudahkan – tahfif- standar – mutawassit- dan memberatkan –  tasdidd-. bukti fathanah – kecerdasan- Rasulullah yang selalu memberi solusi sesuai apa yang di rasakan umatnya.  jika saja mayoritas muslim memahami maksud ini,  niscaya perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam syariah taklifi tidak akan menjadi perdebatan sengit  yang memicu kebencian sektarian,  permusuhan dan peperangan. 

ketika sunnah tidak diiringi dengan rasa kasih maka yang terjadi adalah menyia-nyiakan yang seharusnya didahulukan. ruhsoh – permit- dari agama karena mendahulukan prioritas tenggang Rasa diantaranya:  membatalkan sholat sunnah demi menjawab  panggilan urgen orang tua, membatalkan puasa sunnah demi menghormati tamu, membatalkan sholat wajib jika terjadi hal yang membahayakan nyawa  orang sekitar yang memang butuh bantuan seketika,  mengganti sholat jumat dengan dzuhur karena sibuk meladenin orang sakit.  

syariah yang memanjakan rasa manusia juga tergambarkan pada ruhsoh-ruhsoh private yang sebenarnya tidak urgen.  sebagian fuqoha – pakar hukum Islam-  menjelaskan bahwa salah satu udzur – izin untuk meninggalkan yang seharusnya atau sebaliknya-  meninggalkan sholat  jum’ah dan jamaah (diganti dengan dzuhur dirumah)  adalah zufaf – masa bulan madu sang pengantin.  dimana bagi yang menikahi bikir – perawan-  bagi mereka enam hari sementara yang menikahi tsayyib – janda-  tiga hari untuk tidak keluar rumah menikmati masa zufafnya.

Putri tercinta Imam Abu Hanifah yang dinikahkan dengan murid tercerdasnya (Muhammad Assaibani), protes kepada ayahnya : ayahku,  suamiku Muhammad meninggalkan hakku demi mengikuti jammaah dan  pengajian subuh bersamamu,  bukankah bagi pengantin baru berhak untuk lebih didahulukan?.  besok harinya Imam Abu Hanifah memarahi Muhammad Assaibani untuk memberikan hak istrinya. arahan imam Abu Hanifah perihal beragama dengan rasa adalah contoh memahami semua hak dan menempatkan sekala  prioritas daripada ego pribadi.  menjadi porposionl dan bijak mendahulukan tenggang rasa selaras dengan anjuran syariah. 

Ketika ibadah murni berupa Hak sang  Khaliq untuk disembah saja kadang harus dinomerduakan mendahulukan hak mahluk,  apakah masih dinilai baik dan benar saat seseorang melakukukan sunnah-sunnah Rasulullah sementara ia buta dan menafikan kemaslahatan saudara,  keluarga,  tetangga kerabat dan kerabat jauhnya.  sensitivitas rasa menjadi pertimbangan disetiap ibadah apapun. pembahasan rahmah – rasa kasih- inti dari wujud  syariah hal ini jarang sekali tercatat pada kajian hukum fikih standar. tak heran jika era ini dunia  terdapat banyak orang alim namun bodoh,  sebaliknya orang ‘bodoh’  tapi alim dengan ketinggian tenggang rasa sosialnya.

menimbang amal ibadah apapun harus melihat dengan keluasan cara Rasulullah dalam implementasi membumikan kasih bagi alam semesta.  lagi lagi fikih setandar tidak  dapat menjawab tanya dan dunia sosial.  maslahat yang menjadi pertimbangan tetap memiliki batasan dan  pakem yang telah disepakati mayoritas mujtahid. bukan maslahat semaunya seperti klaim Islam kiri dengan Liberalisme agamanya. 

Wallahu a’lam Bissowab
WA Ma Taufiqi illa Billah
Solli ala Ainur Rahmah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون