Makna Kasih Rahman dan Rahiem


image

Arrohmanu kang welas asih ingdalem dunia lan akhirat.  Arrohimie kang welas asih ingdalem akhirat beloko #MaknaiJowo

sifat kasih,  yang terkasih,  maha pengasih lagi maha penyayang.  batas kasih tak terbatas.  kasihanilah para pengasih dan pembangkang.  rahmat bagi alam semesta.  kekasih tercinta.  cinta kasih.  belas kasih.  sapaan kekasih.  habibul mahbub. 

sayyed EP
Bikailarobbi.wordpress.com

Ar rahiem dan Ar rahman,  dua isim terlahir dari  satu asal akar yang sama.  adalah kata kerja  sifat rahmat. derivasi kata  rohima,  yarhamu rahmatan.   makna Ar rohman lebih umum menyeluruh,  sedang Ar rahiem lebih sempurna dan khusus.  keumuman Rahman menampakkan dirinya  meliputi setiap wujud eksistensi.  kekhususan Rahiem hanya diraih oleh ahli sa’adah – mahluk terseleksi para penikmat keselamatan ujian dunia fana-. 

kasih yang ada pada sifat Rahman bercampur dengan niqmah – sebuah penolakan rasa-.  seperti obat yang memiliki getir dalam bau dan rasanya.  walaupun berimbas pada rahmat bagi kesembuhan  pasien,  tetaplah  obat memiliki sifat rasa yang berlawanan  untuk tabiat normal pada umumnya. 

sementara kasih pada Rahiem adalah wujud  sifat kasih   murni tanpa noda.  ia adalah nikmat yang sesungguhnya bagi peraih sa’adah al kamilah – keselamatan sempurna-. sebagian Rahmat yang tergaris dibawah Rahiem adalah rahmat Allah bagi sifat dan asmaNya dengan menampakkan efek terpancarkan pada setiap wujud pancarannya. 

level Rahiem bagi Rahman layaknya mata bagi struktur kerangka manusia.  salah satunya lebih mulia,  khusus dan tinggi.  sementara lainnya meliputi semua. 

kasih dalam sifat Rahiem tidak akan menampakkan kesempurnaannya kecuali di alam akhirat.  karena sifat kasih di akhirat lebih luas dari dunia.  pun setiap yang diberi nikmat di dunia pasti  tercampur dengan kotoran noda. 

ziyadatul wazan tadullu ala ziyadatul ma’na –  adanya tambahan dalam timbangan kata menunjukkan tambahan dibalik maknanya-.  Rahman dengan keumumannya meliputi setiap kasih pada objek wujud alam semesta.  tetaplah Rahiem yang menjadi yang sepesial karena derajat sa’adah bagi mahluk-mahluk khusus dan pilihannya. 

Wallahu a’lam Bissowab
wa ma Taufiqi illa Billah
Allahumma Solli ala man Buisa Rahmatan Lil Alamien

wellcoming Maulid

I. K #Jily

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون