Air dan Mitos Hujan di Awal Musim


image

dan kami telah  turunkan air langit yang Tohur – suci lagi mensucikan –
_____________________
dan kami telah jadikan dari air  segala sesuatu – menjadi- hidup –

telah termaktub dalam wahyu suci bahwasanya air adalah sumber kehidupan.  dalam badan manusia, air dibutuhkan melebihi asupan makanan.  tak heran jika sebagian manusia suci membiasakan  sedikit tegukan ala kadarnya dari benda cair ini  untuk sekedar membatalkan puasa wishsol nya – puasa para ahli tirakat yang menyambungkan lapar dahaganya dua hari lebih tanpa batal-.  

sayyed EP Bikailarobbi.wordpress.com

Sedekah terbaik adalah air minum. –Hadis.  ada banyak keterangan hadis dan kajian  ulama membahasnya secara khusus perihal keistimewaan sedekah air hingga kisah sahabat Umar r. a yang membeli sumur untuk digunakan bagi maslahat umat  mengapresiasi sedekah terbaik. dikawasan Arab,  musabbal – pendingin air minum- semacam kulkas berkran untuk diminum masyarakat umum banyak ditemui di tiap masjid,  musholla,  perempatan jalan hingga yang menghiasi pelataran  depan rumah-rumah mereka. di Indonesia sayyed pernah googling ternyata ada website buatan salah satu pesantren Jawa yang inten mensosialisasikan sedekah air khususnya sumur untuk masyarakst umum.  ma sya Allah Tabaa ra Kallah.

konon di dunia ini tidak ada rizki yang 100% halalan thayyiban kecuali air langit yang menyirami bumi.  keistimewaan air langit dalam Alquran disebutkan dengan sifat khusus Tahuro – yang suci lagi mensucikan-.  air langit adalah AIN – inti- dari tujuh jenis air mutlak yang menjadi standar kesucian pada masalah Taharah – fikih penyucian badan dan benda-. kebaikan langit yang menurunkan embun,  salju,  es,  memenuhi lautan, sumur,  sungai dan sumber-sumber mata air diseluruh tanah bumi. 

manusia bersekutu  dalam tiga hal : padang – rumput-,  air dan api,  dan diharamkan memberinya harga (menjualnya). Hadis Riwayat Ibnu Abbas ini menegaskan bahwa   privatisasi dan monopoli kapitalis  sangat  tidak dibenarkan. tiga macam dzaruriyyat – kebutuhan primer- tersebut seharusnya milik nersama – serikat- menjadi tanggung jawab bersama untuk saling berbagi menjaga dan melestarikannya.  walaupun kini faktanya memang sudah  terbalik,  di Arab Saudi pun sebotol air mineral lebih mahal daripada seliter Petroline a. k.a bensin. 

Mitos Penyakit di Awal Hujan

Masyarakat Indonesia identik dengan budaya mitos. entah,  apakah memang  imbas dari agama leluhur yang memegang faham  animisme dan dinamisme. disisi lain setiap mitos biasanya tersirat sebuah ajaran suci tentang adab tata krama,  saling berbelas kasih,  bersyukur dan menghargai alam yang memberikan nikmat-nikmat rizqi tak terbatasnya. 

kebaikan maupun keburukan dalam mitos yang diyakini biasanya akan ‘mandi’  atau mujarrab ketika seseorang meyakininya. hal ini sesuai dengan penggalan hadis qudsi “ana inda dzanni abdi”  – Aku – tergantung- pada prasangka (keyakinan) seorang hamba-.  hal apapun yang dilakukan melalui ihtiar manusia jika di yakikini keburukannya maka akan menjadi hal yang buruk,  pun sebaliknya.  bahkan setiap ucapan seseorang adalah do’a yang diamni malaikat.  maka biasakanlah ucapkan kata-kata kebaikan dan  diamlah saat jiwa sedang labil. 

Diantara mitos yang berseberangan dengan sunnah adalah keyakinan turun menurun perihal Air hujan di awal musim penghujan yang diyakini membawa penyakit?  hujan pertama diibaratkan pembasuh kotoran dan penyakit yang ada selama musim kemarau.  siapapun yang hujan-hujanan di awal musim akan terkena/tertular  imbas penyakit tersebut? 

Berikut nukilan Hadis imam Muslim

عن أنسٍ -رضي الله عنه-، قال: أصابنا ونحن مع رسول الله -صلى اللهُ عليه وسلم- مطرٌ، قال: فحسَر رسول الله -صلى اللهُ عليهِ وسلم- ثوبَه حتى أصابَه مِن المطر، فقلنا: يا رسول الله! لمَ صنعتَ هذا؟ قال: “لأنَّه حديثُ عهدٍ بِربِّه تعالى”

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu berkata, “hujan turun membasahi kami dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam,  maka Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam membuka bajunya, sehingga hujan mengguyur beliau, maka kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah untuk apa engkau berbuat seperti ini?’ Beliau menjawab:
“Karena sesungguhnya hujan ini baru saja Allah ta’āla ciptakan.” #HR. Muslim

Imam Nawawi Syiria dalam Syarah – komentarnya pada kitab Sahih Mslim-  berargumen : Makna membuka bajunya adalah menyibaknya, yaitu menyibak sebagian tubuhnya. Dan makna “baru saja Allah ciptakan” ialah penciptaan dari Allah Ta’ala dan maknanya hujan itu adalah rahmat, yakni rahmat yang baru saja Allah ciptakan, maka Rasulullah mengambil barakah (tabarruk) dari hujan tersebut.  hadis ini menjadi hujjah ulama syafi’iyyah bahwa pada awal turunnya hujan disunnahkan untuk menyibak tubuhnya -selain aurat- sehingga terguyur hujan”.

Selama di negeri gurun pun sayyed mellihat kebiasaan  masyarakat Hadramaut yang kerap keluar rumah dan bersenang-senang dengan berkah hujan pada awal musim.  hal ini berbalik dengan mitos masyarakat Jawa yang menyakininya sebagai penyakit.  

Wallahu A’lam
wa ma Taufiqi illa Billah

Curhat panjang ,  old experience. 
Syarah Muslim liNawawi.
listenin : Everytimes its Rain : ace of base

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون