Hikayat Faqier Menyapa Kemiskinan ?


image

Fakir Alfaqier sebuah gelar bagi seorang hamba Abied yang selalu merasakan hajat kebutuhan dan tidak mencukupi standar primernya.  berbeda dengan miskien yang masih memiliki batasan minimal kecukupan standar hariannya. 

bikailarobbi
Sayyed Bikailarobbi.wordpress.com

Fuqoora dan masakin adalah dua istilah yang sekilas  sama dengan perbedaan tidak terlalu mencolok.  jika dua term ini dikaji pada masrof – penerima- zakat,  maka sejatinya   enam golongan  mustahiq – yang berhaq- atas sumbangan wajib tersebut ‘ibnu sabil,  riqob,  mullaf,  amil,  ghorim dan   fi sabilillah harus memiliki salah satu dari dua kriteria  mustahiq zakat yang hakiki : faqier dan miskin.

inilah salah satu Rahasia huruf Jer dalam kajian ma’ anie huruf pada ayat  : Innama ssodaqootu Lilfuqoroi wal masaakin.. -.   penyebutan faqier dan miskin untuk mustahiq zakat memiliki prioritas lebih dibandingkan dengan urutan enam mustahiq lainnya yang sebenarnya hanya nisbat dari dua keadaan tersebut.  tak heran jika Sayyidina Umar khottob pada masanya,  ia menghapus bagian para muallaf karena ilat sebab Islam yang sudah maju dan Tersebar luas. terlihat sekali kebranian Umar meninggalkan dalil sorih – jelas- bagi  setiap orang  yang tidak menenal dengan seksama Dawabith al maslahat – kajian parameter sebuah kemaslahatan hukum-. 

Pada beberapa hadis dijelaskan sebuah doa Rasulullah terkait mulianya predikat miskin : Ya allah berilah aku kehidupan  dan wafatkan dalam keadaan miskin.  sebuah doa aneh bagi umat manusia para penikmat sekaligus pemilik jutaan ambisi dari amanat  zukhruf – hiasan- duniawi.  dipastikan doa miskin termasuk doa yang paling banyak dihindari dari ribuan do’a-doa mustajabah pilihan Rasulullah. 

Alasan tersirat pada doa miskin terjawab dari keterangan hadis lain yang mengisahkan caci maki musuh Rasulullah terkait kemiskinan beliau,  bahkan istri-istri mulia sang Rasul pun pernah ber demo perihal kemiskinan hak nafakah lahir yang diterima mereka [ baca di coretan lama sayyed : Miris istri-istri Nabi pun Matrealis].  hingga jibril diutus kepada Rasulullah untuk menjadikan gunung uhud sebagai emas yang akan diberikan kepadanya.  Rasulullah menolak dan menjawab : biarkan saya – sedikit – makan  sehari dan hari berikutnya – lapar- puasa .  agar dapat merasakan nikmat beribadah saat lapar dan bersyukur atas fadhal  rizqi silih berganti.

lebih dari itu Rasulullah menegaskan keistimewaan si miskin : bahwa hisab perhitungan amal di akhirat kelak orang kaya akan lebih detail dan  sulit sampai 500 taun lamanya daripada orang  miskin. telah tertulis pada coretan lama sayyed perihal keutaman miskin yang bersabar bahwasanyya pahala mereka akan dilipatgandakan tanpa batasan tertentu,  sementara orang kaya hanya diberi tambahan saja. 

Alfaqier perspektif lahir memiliki kesulitan lebih dari pada miskin.  jika sisi sabar tidak selaras dengan label predikat ini maka  Ke Kufuran [ kufur nikmat,  tabiat hingga aqidah]  adalah imbas atas setiap keadaan yang menimpa mereka.  tak heran jika ada ucapan sahabat “ke fakiran mendekatkan diri pada KeKufuran”.  hal ini berbalik 180 derajat jika dilihat  dari  yang seharusnya berupa sifat mulia lebih mendekatkan pada sang Khaliq. sebuah derajat permanen yang dijiwai para salik pemula sampai para experts.

Wallahu A’lam Bissowab
Ya Allah Jadikan lah Semua wasilah ini sebagai wasilah mutlak atas kefakiran hakiki kepadaMu.  berkahilah fadhl anugrahmu.  tetapkanlah iman dijalan NabiMu.  hingga nafas sayyed terlepas dari raga yang hina ini.

Wa ma Taufiqi illa Billah
Allahumma Solli ala Nabiyyil Huda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون