Mengarungi Bahtera Madinatul Ilmi R.a


image

Kata-kata hikmah menjadi pijakan  motivasi generasi zaman sering kali menyadur dari akademisi kontemporer  dan retorika majnunnya seakan murni klaim mereka.  semua tentang hikmah motivasi hidup tersurat dan tersirat Alquran yang diejawantahkan sohibus Syariah melalui wahyu matlu dan ghoiru matlu yang telah usang berserak dipojok-pojok rumah kita. 

sayyed EP Bikailarobbi.wordpress.com

keterlambatan dalam menyinggap esensi dibalik ajaran dan pemahaman syariah disebabkan minimnya hasrat pada kewajiban elementary yang sengaja dilalaikan acuh tak acuh. hadzun  nafs telah mengambil bagiannya  memalingkan gairah pada intisari  Alhaqqu Almubinu,   mengamini motivator-motivator televisi dan judul buku berpoleskan best seller ever.  menjadi tuli dan buta akan isyarat-isyarat alam yang senantiasa memberi pelajaran tentang isi dibalik rahasia wahyu suci.

refleksi dari Imam Ali Karomah Allahu wajhah berikut ini adalah bukti betapa manusia  dipaksa merasa asing pada  makna-makna tak tertulis dibalik isyarat-isyarat  ayat kauniyahNya  :

Ketika Ahli Haqq berdiam diri atas satu kemungkaran,  niscaya ahli Jahil menganggap perbuatannya adalah haq kebenaran. 

kejahatan terorganisir melumpuhkan kebaikan yang tak terorganisir. 

anugrah kenikmatan akan sampai dan dirasakan saat seseorang bersyukur.  syukur bergantung pada keberkahan bertambahnya nikmat yang disyukuri-.  Tidak akan berhenti bertambahnya kenikmatan Allah terhadap seorang hamba kecuali saat ia telah  berhenti mensyukuriya.

seseorang yang melebarkan pendengarannya hingga mendengar rahasia-rahasia suara. ia akan tersadar :
Bahwa Barangsiapa yang membuat hati seorang faqir menjadi gembira.  niscaya Allah menurunkan kepadanya “kelembutan” kasih sayang.  ketika datang penggantinya maka kelembutan sedang mengalir kepadanya.  seperti air beriak dan keluar dari pusarannya. 

Mereka yang senantiasa intospeksi diri akan beruntung. mereka yang lalai terhadap dirinya pasti merugi.  mereka yang mementingkan hari akhir ia telah selamat.  mereka yang mematuhi egonya akan tersesat.  mereka yang tidak menahan amarahnya pasti menyesal.  mereka yang sabar akan panin.  mereka yang takut akan dikasihani.  mereka yang mengambil i’tibar pelajaran niscaya akan melihat dan barangsiapa yang melihat dengan basyiroh maka ia telah faham.  siapa yang faham ia telah berilmu. 

Tenangkan badanmu dengan mengurangi makanan
Tenangkan jiwamu dengan mengurangi dosa dosa
Tenangkan hatimu dengan mengurangi keinginannya
Tenangkan lisanmu dengan mengurangi ucapan

kebaikan dunia dan akhirat teringkas pada lima unsur:
Jiwa yang kaya,  menghindari menyakiti dan mengotori,  mencari rizqi halal,  berjubbah ketakwaan dan percaya sepenuhnya pada Allah Swt dalam setiap keadaannya. 

Allahumma arina alhaqqa haqqo warzuqna ttibaahu- waarina batila albatila warzuqna jtinabahu.  bijahi sohibi liwail hamd.  amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون