ihwal Kewajiban Mencintai Ahli Bait Nabi


image

sikap mugholat  terlalu mengagungkan hingga mengkultuskan adalah ranah i’tiqod keyakinan. sikap ini berbeda  dengan rasa cinta kepada Rasulullah dan ahli Baitnya.  selama seorang muslim mencintai mereka dengan aqidah yang selamat – tidak mengkultuskan-  maka mencintai Keluarga Rasulullah adalah anugrah sekaligus derajat khusus yang Allah berikan kepada kita. 

Seseorang muslim  Muwahhid meyakini bahwa kemaksuman – derajat terhindar dari dosa- adalah predikat  dan label khusus Allah yang diberikan pada para NabiNya.  sementara  itroh‘ garis keturunan Rasulullah dan para sahabat mulianya adalah para manusia yang tidak maksum.  maka keyakinan aqidah seperti ini adalah i’tiqod saalim – yang selamat-. 

bikailarobbi.wordpress.com sayyed EP

semakin tinggi derajat kecintaan seseorang terhadap Ahli Bait,  maka semakin tinggi pula derajat kesalihannya.  mencintai mereka adalah bukti kecintaan kita kepada Rasulullah.  sementara mencintai Rasulullah tak lain adalah bukti nyata mencintai Allah Rabbul Izzah.

sekali lagi,  mencintai bukanlah mengkultuskan seperti yang kerap ditafsirkan para ahli bid’ah  mugholaath yang menetapkan kemaksuman mutlak  dan para  antisipan yang menafikan ketersambungan dzuriyyah garis keturunan Sayyidina Alhasan dan Alhusain. 

Siapakah Ahli Bait Rasulullah?

Hadis Al-kisa’ adalah salah satu bukti kekhususan keluarga kecil  Sayyidina Rasulullah,  Sayyidatena Fatimah Zahra,  Sayyidina Ali,  Alhasan dan Alhusain Solawatullah wasalamuhu Alaihim. 

Keluarga keturunan  Aali Ali,  aali Aqiel, aali  Ja’far dan aali Abbas  adalah keluarga besar Rasulullah dengan kekhusuan tidak dilegalkannya menerima sedekah wajib dari harta (kotor)  zakat. 

Ayat Alahzab tentang posisi derajat ummahatul Muslimien – ibu bagi seluruh umat muslim- menjelaskan keharaman pada siapapun di era sahabat untuk menikahi istri-istri mulia Rasulullah pasca meninggalnya Nabi.  Hadis keutamaan Salman alfarisi dan pengakuan Rasulullah bahwa ia termasuk keluarganya menjelaskan bahwa orang ajam pun berhak atas kemuliaan aali bait Rasulullah selama selaras tunduk bersama Sayyidina Muhammad sollallahu alaih. 

Semua muslim taqi’ paling bertaqwa adalah keluarga besar Rasulullah, sesuai dengan hadis tentang keutamaan Salman.  sementara muslim aasi’ para ahli maksiat adalah orang-orang yang paling membutuhkan syafa’at pertolongan Rasulullah kini dan nanti,  karenanya sebagian ulama menyatakan bahwa sholawat kepada keluarga adalah mendoakan kita manusia ahli maksiat yang rentan tergelincir. 

Apapun status manusia,  ancaman itu terus mengangah antara faajir dari ahli maksiat  dan  taaqie dari para pewaris keselarasan istiqomah.  pun analogi Ibnu Hajjar alhaitsami dalam Fatawi Kubronya mentasbihkan kekhususan anak turunan Rasulullah layaknya keluarga Raja. dimana kesalahan mereka lebih mudah untuk di ampuni daripada lainnya.  nepotisme atau sekedar khusnudzhan sang Alim. 

Hadis nabi terkait masalah Hudud : “andai Faimah binti Muhammad mencuri,  niscaya aku potong Tangannya!”  adalah salah satu jawaban menafikan praktik nepotisme dalam syariah Islam. 

Ayat-ayat Quran pada surat Al ahzab juga menegaskan keumuman tentang balasan yang akan diterima  bahwa : mereka para ahli bait akan dilipatgandakan dari siksa atas satu kefajiran,  dan pahala atas ketaatan dua kali lipat dari manusia pada umumnya. 

Wama Taufiqi illa Billah
Allahumma Solli ala Muhammad
naasiril haqq bil Haq. 

——–—————————–
…nukmati serials lanjutan curhat lama versi Tak Lazim :
Curhat Para Pecandu lainnya :

Tidur disamping Jasad Rasulullah

Penikmat Dosa yang Samar

Hakikat Caci Maki Sahabatku

Sayyed Ep Sang Manusia Labil

Keindahan dibalik Wajahmu

Rahasia dibalik Kegelisahan Abid

Bahaya Narsis !

Omong Kosong (Corrupted X Files)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون