Tarim Hadramaut di hari Jum’at


image

Sebuah daerah yang sangat menjunjung tinggi adat dan budaya Nabawi,  kiblat Alawiyyien, salah satu sentral pendidikan Islam yang genuine dan sumber dimana ekspansi dakwah Islam menjalar ke seantero dunia. 

Bikailarobbi Sayyed Ep

Sebuah testimoni menarik dalam curhat tulisan  seorang alim afrika ketika sempat bersinggah ke negri leluhur walisongo Tarim Hadramaut: “jalanan Tarim adalah guru bagi mereka yang tidak punya guru”.  hingga sayyed merasakan sendiri kehidupan di Madinatul ilmi ini.
sebuah distrik yang memiliki masjid/ musholla sejumlah bilangan hari di sepanjang taun,  dimana hampir semua masjidnya mengamalkan ritual tariqoh Ba’alawi dengan budaya dzikir, tasmi’ alquran maupun bacaan-bacaan yang tidak asing bagi pengamal thariqoh baalawi.

Siang,  malam dan pagi kegiatan mengaji dan mengkaji Qur’an adalah pemandangan yang jamak ditemukan.  pekikan speaker maulid Nabi terdengar setiap malam antara Maghrib dan isya  dari masjid ke masjid.  Habib Mashur bin hafidz adalah sosok yang kerap memberikan ceramah pada maulid tersebut.  Khusus malam selasa  maulid diadakan di masjid surur dipimpin oleh qolbu Tarim Habib Abdullah bin sihab. Malam rabu di masjid Assegaf diketuai (alm)  Habib Muhammad alydrus “habib sa’ad”. malam sabtu adalah malam rohah,  dimana Habib Hasan dan habib salim syatiri membuka pengajian umum di masjid Baftien disamping Ribat Tarim.

kajian Bukhori di kamis pagi di Masjid Ba’alawi. rabu pagi,  Habib hasan syatiri,  Abdullah bin sihab dan Salim syatiri mengisi Madras di masjid Rubat Tarim. Bagi sayyed diantara pengajian yang ada,  Madras adalah pengajian  yang terpenting dan mengharukan, Madras adalah reuni mingguan para masyarakat umum dengan  wali-wali Tarim selain hari Jum’at. dihadapan Habaib senior para habaib “muda”pun kerap mengaji.  sebut saja Habib umar bin hafidz,  Ali Jufri, Kadzim Assegaff,  Abdullah almuhdor,  Bilfaqih dll,  mereka duduk bersimpuh didepan fiantara masyarakat umum dan santri-santri membacakan kitab-kitab yang dikaji dan diterangkan oleh Habib Hasan Syatiri. 

Beberapa majlis seperti Madras,  rohah,  jalsah isnain adalah sebuah tartib mingguan para habaib senior untuk  masyarakat awam untuk mendalami syariah Islam sekaligus memperkuat  aqidah ahlussunnah waljammaah.  jalsah isnain – yang sekarang tersebar luas di seantero Arab,  usa, Europe dan   Asia khsususnya Indonesia – dipakarsai habib Mashur bin n hafidz dan umar bin hafidz.  para alumni dan tamu dari ulama luar negri yang kebetulan ziarah ke Tarim kerap di suruh habib umar untuk mengisi jalsah ini.  Sayyed beberapakali mendengarkan ulama bahrain,  qatar,  oman,  Habib munzir dan jindan menggantikan habib Umar.

Pada awalnya pengajian ini memutari Tarim dan sekitarnya,  pindah-pindah setiap senin dari satu  sudut  Tarim ke sudut lainnya  dengan tujuan agar semua masyarakat tarim – khususnya perempuan yang dirumah-rumah dapat mendengarkan dan  mengambil faidah.  setelah 2004, ketika darul Mustafa sudah memiliki Radio, jalsah isnain di fokuskan di satu tempat di samping jami Tarim.  Radio darul mustofa pun mengisi tartib hariannya  dengan pengajian live layaknya kita mengaji dihadapan para habaib dan mufti-mufti senior. aplikasi gglplay dan website darlmustafa sekarang juga sudah bisa diunduh untuk mengikuti sebagian ritual ahli Tarim di Darul mustafa. 

Tarim di Hari Jumat

IED, hari raya mingguan umat Islam yang memiliki se gudang kehususan fadhilah keutamaan yang diapresiasi ahli Tarim dengan pelbagai kebiasaan syar’i.

a. para imam masjid Tarim kompak dalam bacaan sholat maghrib dengan surat al kafirun dan al ihkhlas. dari jauh   bacaan imam masjid jami’ kerap sayyed dengar dari masjid almuhdlor yang terkenal dengan menara ajaibnya. pada sholat isya dan subuh pun para imam sepakat untuk membaca sabbihis dan hal ataaaka. 

b.  setelah maghrib masjid-masjid utama mengadakan pembacaan maulid dan ceramah umum dengan secara serentak.  ribat,  jami maupun masjid ahl kisa darul mustafa. malam ini,  ibtihal habib umat kerap ditunggu demi merasakan sebuah ekstase sekejap yang kadang membuat sebagian orang tersiak meraung,  Menangis bahkan pingsan. 

c.  setelah maulid dan shalat isyha berjamaah,  tholabah – santri dar mstafa- istirahat sejenak dengan membaca surat alkahfi srcara berjamaah, dilanjutkan fengan asyhaa – makan malam –  dan pada pukul 23:00 berkumpul dilantai atas untuk mengikuti kajian mukhtasor ihya ulumiddin dan siroh nabawi sekitar sejam. 

d.  12:30-3:30 sebagian tertidur untuk persiapan hari tersibuk,  sebagian melanjutkan i’tikaf hingga tholabah terbangun atau dibangunkan saat menjelang fajar tsulutusl lail. qiyamul lail dan  berjamaah membaca aurod – aurod khususnya habib Abdullah bin Tohir,  Syekh Abu bakar bin salim,  syait syair alydrus, wirid asmaul husna dll menjelang subuh hingga subuh tiba. 

c.  setelah shalat subuh,  kembali membaca Ratib dan doa-doa.  bersalam-salaman dan kembali membacakan surat Al kahfi sampai menjelang isrooq – terbitnya matahari-.

d.  setelah sholat isroq,  tholabah dan masyarakat Tarim dipimpin para habaib  berziarah ke turbah  Zanbal – kuburan umum khusus habaib dan syarifah-.  konon diperkuburan tersebut terdapat ratusan wali  qutub (termasuk pendiri thatiqoh baalawi :Sayyidina Al Faqih Muqoddam ‘Muhammad bin Ali Baalawi’) disamping ada beberapa sahabat Nabi di sebelah kiri dengan pagar tembok khusus. 

e,  f,  xyz hmmm…  tobe continue insya Allah.
sila dikoreksi khssnya alumni Ribat n Dar.. 
afwan

Allahumma Solli ala Sayyedina Muhammad wa ala alih.
darkah ya ahlal Madinah – ya Tarim wa ahlaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون