Ingkar kepada para Wali dan Kesejatian


image

Setiap manusia diberikan tahapan kehidupan yang banyak dan beraneka ragam dan terangkum dalam dua kehidupan dunia dan akhiratnya.  –  Abdullah Ahmad Baswedan

Berawal dari nutfah,  cipratan air mani dan berakhir menjadi jiefah,  bangkai yang membusuk!  sesederhana itukah fase kehidupan pertama dan terakhir.
sayyed EP Bikailarobbi

Debu dan asal usul manusia merupakan embiro air mani dari pasangan  perempuan dan laki-laki yang kelak menjadi segumpal darah,  daging dan pembentukan tubuh mungil seorang bayi yang ditiupkan ruh  adalah nas’ah kehidupan manusia dalam perut ibunya.

fase berikutnya adalah penciptaan indera perasa,  diringi dengan munculnya fase tamyiz pada umur ketujuh. tamyiz atau pembeda yang dengannya seorang anak dapat melerai sesuatu yang benar maupun salah,  layak dan tidak, seirng kesempurnaan aqal yang ia raih kelak pada usia lima belas.

semua fase ini memiliki perkembangan yang berbeda-beda hingga sebagian dari mereka diberikan anugrah khusus nan  agung berupa rizqi fase wilayah – Terkasih-. pada puncaknya,  sebagian dari mereka akan sampai pada  fase Nubuwwah kenabian.  kemudian Allah swt menganugrahkan kehususan bagian dari  al-ba’ist,  Allah swt mengutus Para Rasul. Dia lah yang akan membangunkan para mahluk yang telah mati pada hari ketika mahluk dikembalikan padaNya.

Gambaran dari berbagai fase nas’ah diatas menegaskan bahwa jenjang  setiap fase dari kehidupan manusia sangatlah impossible untuk digapai dan difahami  oleh mereka yang belum atau tidak merasakan tingkatan anak tangga berikutnya.  seseorang yang masih hidup dalam fase anak-anak (mahdi)  tidak akan memahami hakikat anak yang sudah mencapai tamyiz.  mereka yang baru menginjak fase tamyiz akan kesulitan memahami hakikat dan dunia fase para pencapai  aqil baligh.

Ingkar Wilayah dan Nubuwwah

Tabiat manusia bodoh adalah menilai sesuatu hanya dari jangkauan normal antar sesamanya.  karenanya,  hal-hal yang mustahil dan berbau hakikat kerap diingkari. beban dari praktek keimanan atas sesuatu yang  sekilas adalah pembebanan terhadap keterbatasan akal manusia umum.

melihat kenyataan tentang ingkar dan penolakan yang terjadi atas nas’ah wilayah – kehidupan para pemilik anugrah kewalian- pada sebagian manusia adalah sebuah keniscayaan.  mengingat level atas ini tidak bisa dijangkau para manusia umum yang terhenti  pada level nas’ah aqal baligh saja.  Begitu jauga tentang kehidupan Nubuwwah,  bahkan nas’ah asta’niyah – kehidupan akhirat- juga diingkari oleh sebagian manusia – mungkin atheis-.

kebuntuan tamyiz,  aqal,  pandangan ghoib karena tidak melihat secara langsung dan semua yang tidak bisa diraih oleh manusia umum adalah aral.  pun jika seseorang membatasi akalnya,  alamnya dan apapun yang nampak dari setiap keajaiban dan kelangkaan maka dapat dipastikan ia akan menyangkal.  sebaliknya mereka yang percaya dan tunduk – iman –  atas hal itu maka sebenarnya mereka telah mengimani hal-hal ghaib,  yang membawanya pada banyak kunci kebahagiaan.

Sungguh sangat jauh memahami estafet kehidupan dunia ini,  bagaimana dengan nas’ah asta’niyah dialam akhirat kelak.  sementara yang nyata saja kerap dinafikan.

pegang erat tali itu kawan, redam gejolak kesibukan memalingkan fokus atas perkembangan nas’ah yang seharusnya diraih dari Kesejatian teladan yang pernah hidup dihidupmu. lantunkan semua prosa dan puisi indah mereka,   jangan pernah dibiarkan kering dan mengering. hingga kelak kita menyatu dan disatukan pada episode puncak dari semua nas’ah yang ada pada hidangan nas’ah asta’niyah.

Wallahu A’lam
Ghazali
Syarh Ratib Haddad
kehidupan bolakbalik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون