Perangai Para Kekasih (Menjadi Murid Rasulullah)


image

perangai para Kekasih

Mengapa bila kau tahan air matamu ia tetap basah. 
Mengapa bila kau sadarkan hatimu ia tetap gelisah.
Kini kau tahu keadaanku, pendusta pun tahu rahasiaku. 
Padahal tidak juga kunjung sembuh penyakitku.- Bushairi

Bikailarobbi Sayyed Ep

Membaca Biografi para pemborong praktisi  esensi islam, iman dan Ihsaan dari kemuliaan budi tertinggi pewaris sosok Insan Kamil memberikan motivasi bahwa kesempurnaan harus selalu terbarukan. Totalitas mereka dalam menyelami lubbbul ushul – pokok inti asal – mula pembawa nur anwar – bukan sekedar sisi ibadah yang tertanam dari jiwa para syaakir –ahli bersyukur- sejati. Lebih dari itu, mereka juga menjiwai  kesabaran menakjubkan  sang Nabi ketika dihadapkan dengan  siapapun mahluk-mahluk taat maupun pembangkang yang datang silih berganti. 

Sebagai tauladan yang diberi mandat amanat tertinggi diantara Nabi-nabi pilihannYa, Rasulullah sangat menjaga sisi adab dan akhlak dengan siapapun mahluk yang beliau temui dalam setiap majlis-majlis dimana ia menyampaikan –tabligh- apapun pelajaran yang harus diwariskan. 

Menjadi seorang tauladan dan pembawa estafet amanat suci dari ain – sumber- kesucian nisbi adalah memahami makna setiap tutur kata maupun jejak langkah tersirat dan tersurat pada jiwa besar Nabi Muhammad. 

Siapapun objek yang akan dihadapinya, kerabat dekat, jauh, orang lain maupun para pemilik kasta mulia, maka keharusan bagi para guru adalah selalu memilih yang terindah dari akhlak, yang paling utama dari adab. menjauhi semua kriteria keji dari cara-cara kotor dan bodoh para mahluk awam dan rendah. 

Bukti dari kelaziman ini sangat gamblang tertera pada setiap sunnah yang mendasari prilaku sahabat agung dalam menjiwai kepiawaian Rasulullah pada setiap majlisnya: 

Sesungguhnya keindahan budi seseorang adalah wujud keimanan yang terpatri dalam dirinya, hal ini tersirat dalam ungkapan Rasulullah : 

1. Sesungguhnya kesempurnaan seorang mu’min dinilai dari –siapa- yang paling maksimal dalam membumikan adabnya. 

2. Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang paling layak – digunakan-.

3. Dengan keluhuran budi, Seseorang sanggup melampaui derajat para praktisi ahli puasa dan bangun malam –tahajjud-. 

4. Kemuliaan seseorang adalah –menjaga totalitas- dalam agamanya. Sementara kemuliaan harga dirinya adalah ahlaknya. 

5.  Ya Rasulullah, apakah yang menjadi batas terbaik sebuah pemberian kepada seorang insan atau muslim? Rasulullah menjawab : Akhlak yang baik. 

6.  Sesungguhnya orang yang paling aku cintai dan yang dekat denganku adalah yang terbaik ahlaknya, dan orang yang paling dibenciku dan paling jauh denganku ( kelak) adalah mereka yang paling buruk perangainya.

–atsar tsaruun- yang banyak berkata-kata melebihi batas, mengejek dan jauh keluar dari kebenaran- almutasyaddiquun- yang tidak berhati-hati dalam ucapannya dan meninggikan diri. Almutafaihiqun-sombong merendahkan sesama. 

7. Kriteria parameter kebahagiaan anak adam adalah kebaikan ahlaknya, dan kriteria kesengsaraannya adalah buruknya akhlak. 

Semoga Allah Swt senantiasa memberikan taufiq serta inayahnya agar dijauhkan dari setiap ucapan tanpa perbuatan : terperosok kubangan  zillah dan makayid  yang menjauhkan jalan lurusnYa. jalan mengenalNya, dan jalan-jalan yang telah diasingkan oleh mayoritas penghuni kolong bumi.

Sehingga diam dan gerak ini memiliki keterkaitan menyeluruh,  legal permit dan menggembirakan   sang  Nabi besar lagi mulia,  pemilik gelar insan kamil, hingga kelak menjadi yang terdekat disisinya. beserta para Habaib,  muhibbien dibawah bendera Liwa’ul Hamd.

Matikanlah Sayyed di Madinah Rasul ya Rabb. 

Amieen ya mujibbas Saailiin. 
Wallahu A’lam 
Faqih wal Mutafaqqih
Khatib el Baghdadi – 
Ramadhan 15 – half 2nd 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون