Puasa Melawan Tabiat Hayawani


image

Tidak ada seorang nabi diutus kecuali mereka adalah para penggembala. –  alhadis

ada apa dengan penggembala?  begitu urgenkah maqom  ini, sehingga setiap nabi yang diutus  Allah ke dunia ini harus melalui ospek layaknya mahasiswa baru yang  sedang dipaksa mengenal seluk beluk universitas barunya. apa relevansi para pengembala dengan domba  domba gembalanya.

Sayyed Bikailarobbi.wordpress.com

sebagi uswah hasanah,  setiap jejak langkah seorang nabi pasti trrsirat hikmah balighoh – hikmah yang tersampaikan-  bagi umatnya.  sebagai exercise pelatihan pra kenabian,  gembala merupakan wujud dari menghandle umat pada masa akan datang ketika para nabi kelak naik derajatnya  menjadi sang Rasul. ketiia nabi tidak memiliki beban menyebarkan amanat Tuhannya, maka Sang Rasul memikiki kelebihan sebagai penyambung lidah Tuhan untuk diajatkan kepada umatnya melalui wahyu-wahyu suci yang diturunkan Jibril. 

Esensi gembala adalah ujian atas gemblengan nafsu manusia.  sanggupkah manusia menggembala dirinya untuk tetap selaras istiqomah mengikuti jalan nabinya sehingga mereka naik derajat sampai menjadi para Kekasih Allah.  “katakanlah Muhummad: jika kalian mencintai Allah maka ikutilah – jalanku-, niscaya Allah akan mencintai kalian”. 

Ujian Puasa

makan dan minum adalah kebutuhan primer nafsu syahwati badan yang memberi imbas  pada kekerasan jiwa seseorang.  semakin manusia membiarkan buas amukan nafsu ini maka cahaya nur basyiroh kehidupan hati seseorang semakin redup bahkan mati terpenjara dalam ruang gelap gulita. disabilities dari qoswatul qolbi – kerasnya hati- adalah penyakit yang dengannya seseorang akan  sulit menerima dan menjalanjankan tuntunan syariah /kebenaran.  maka ketika asupan halal saja harus ditekan keberadaannya,  bagaimana dengan makanan yang syubhat,  dan haram yang kerap dinikmati saat lapar bahkan ketika  berbuka puasa. syarat dan ketentuan setiap ritual  ibadah harus seketat mungkin dipelajari,  agar ujian gembala syahwat hayawani ini lebih memberikan faidah semestinya.

Allah swt menciptakan indra dengan sebaik baik ciptaan.  kenikmatan hasrat dan segala kesempurnaan hakiki maupun nisbi untuk manusia.  disisi lain Allah swt mengharuskan umat manusia untuk menekan,  mengurangi, membatasi sampai anjuran  menghindari jerat rofahiyyah dari nikmat-nikmat trsebut? apakah ini adalah hikmah dari ujian gembala nafsyu yang tertanam pada diri setiap ruh dan jasad.

sejatinya puasa bukanlah kewajiban yang hanya diketahui oleh para saalik hakiki,  dimana kehidupannya adalah berpuasa atas apapun selain Allah swt. puasa dari nikmat-nikmat kelezatan perusak ambisi keseelarasan hidup.  puasa adalah gaya hidup para saalik untuk menghidupkan nalar intuisi maupun nalar logikanya. puasa adalah kemulian sebagai  ajang manusia bersosial dengan perasaan kaum papa.  puasa menghaluskan hati yang keras serta merejam ego dalam diri,  puasa menjadikan manusia layaknya malaikat hamba yang tak kan pernah berpaling dari ketaatan (tuan) Sayyidnya.

Begitu besar manfaat puasa bagi para penggembala animal insting.  sayang sekali jika ada seorang yang puasa hanya sekedar intensi atas kesuburan tubuh yang menggemuk,  tren sebuah nilai salih dimata sosial,  ikut-ikutan tanpa mempelajari hikmah dan adabnya atau hanya karena kewajiban nas alquran maupun sunnah sang Rasul saja. 

Fikih puasa sangatlah urgen.  hal lumrah dari status facebook terkait buka puasa,  menunggu maghrib, ngabuburit,  foto makanan,  bergosip,  bohong,  menipu,  hasud,  riya bangga dan apapun aral terkait batalnya puasa secara esensi maupun lahir sangatlah samar dan jarang dipelajari para penggembala ruh dan jiwa ini. 

Ya muqollibal qullub Tsabbit qolbi ala diniek

Allahumma innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa’ fu anna Ya Kareem.

Wallahu A’lam. 

Cibiru – Bandung17 06 2015 sehari sebelum Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون