Merobek Pintu Langit – Meraih Futuh para Saalik


tumblr_lrjrcoeFp31r3ov03o1_500

Setiap detik yang dilalui makhluk adalah nafakhaat ilahiyyah.  sadar atau tidak nafakhat akan membuat manusia lebih mengerti hakikat diri dan keterbatasan  segala bentuk adab dan perhambaannya.

Bikailarobbi Sayyed manusia lalim

Miftah,  Mafatih. kunci dari segala kunci hati dan pikiran manusia akan diberikan Allah swt kepada mereka yang berjihad dengan sungguh-sungguh.  “Barang siapa yang bersungguh-sungguh kepada kami,  niscaya kami akan memberikan jalan-jalan (solusi)  menuju kami”.

Sering kali sayyed menemukan keterangan pengagum mutathorrif dengan lantang memenjarakan arti makna tafsir statis tanpa melihat komparasi ayat maupun hadis yang sebenarnya saling melengkapi.  bukankah tafsir bil ma’tsur adalah tafsir yang paling valid diantara pelbagai macam cara mengarungi samudra ilmu yang terkankandung dalam  sebuah makna yang samar?.

Benar jika apa yang dimaknai dalam pemahaman dzatiyah mutlak bahwa segala ilmu adalah milik alhaq Allah swt. tapi coba renungkan pengertian ilmu dan i’lam – pengetahuan dan pemberi tahuan-.  karenanya miftah,  mafatihul ghaib atau hal-hal transcendental samar yang diketahui para orang khususNya adalah kategori i’lam.  hal ini jelas menguatkan bahwa karomah kemuliaan para kekasih Allah dari Allah swt diantaranya adalah diberikannya sebuah kehususan berupa mengetahui hal hal yang masih abstrac seakan akan nyata.  dan ini bukanlah ilmu,  melainkan i’lam – pemberitahuan dari sang khaliq kepada mereka.

dalam ayat kursi tedapat kalimat : la yuhituunahuu bisay in min ilmihi illa bima syaa a.  “Tidak ada yang dapat mencakupi apapun dari ilmunya kecuali atas kehendaknYa.” jelas kah bahwa ayat ini memberikan adanya kemungkinan sebuah pengetahuan atas izinNya.  anugrah berupa  I’lam dari Allah termasuk sebuah ilmu nisbi yang hakikatnya adalah ilmu khusus bagiNya.

Futuhaaat,  tterbukanya tabir rahasia bagi ahli hakikat adalah sebuah kemuliaan dan pemberian Allah kepada hamba hambanya sebagai balasan atas batas maksimal yang telah dilalui para ahli ibadah atas segala ritual  yang dikerjekaannya hingga mencapai tahapan ihsaan (dari iman,  islam dan ihsaan).

 

Tabir-tabir Rahasia ini kerap dijadikan diktat oleh para ahli hakikat hingga banyak memberi manfaat kepada murid dan masyarakat awam hingga pada masa seka rang.  lihatlah kitab Futuhaaat ilaahiyyah, Futuhaat alMakkiyyah,  mafatihul ghaib,  alFathu Rabbani, Futukhul Ghaib.  kitab kitab ini merupakan buah dari mujahadah ,  pengejawantahan derajat ihsaan dan kemurnian niat yang terpatri dalam diri muallifnya.  

Futuh yang dianugrahkan krpada para muhsinin ini tidak sebatas pada kalimat kalimat hikmah – Fathul ibaraat-  yang kerap didapatkan dari ucapan mereka. Futuh karomah khawariqul aadah layaknya mukjizat juga menguatkan mereka diantara mahluk-mahluk lainnya. seperti yang banyak terangkum falam biografi para sahabat,  tabiirn,  imam madzhab sampai pada wali songo dan wali qutub disetiap masanya.

Menganggap kedua fath futuh ini sebagai hal-hal yang nonsense  diluar nalar adalah wajar.  karena keterbatasan ini adalah jembatan  makhluk awam yang enggan berjihad dalam purifikasi bashiroh yang kerap terkoyak pergaulan tanpa melalui tingkat  kewaspadaan total.  perbedaan definisi ilmu saja sudah sangat beda jauh.  karena ilmu mereka diraih dengan tanpa perantara,  tapi melalui ilham dan mukassyafah.

lihatlah dalam lubuk hatimu pengetahuan para nabi tanpa buku, tanpa perantara, tanpa guru.”.

Wallahu a’lam

Ramadhan Kareem

-rumi mastnawi

-Said salendah

2 Comments (+add yours?)

  1. Lutfi Faizal
    Jun 26, 2015 @ 09:42:37

    salam kenal sayyed… menemukan blog anda diantara seperti berbuka puasa dengan air yg segar..
    syukron

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون