Niat Alternatif Puasa Ramadhan?


image

Bikailarobbi.
Sayyed EP..  Allah me n Muhammad
Ramadhan Kareem

Menjalankan ibadah dengan tanpa niat ibarat  bekerja disebuah perusahaan besar tanpa prosedur registrasi yang legal. Percuma juga jika seseorang sudah lelah k kerja seharian tetapi Boss besar tidak menganggap dedikasi dan semangat  yang telah kita berikan pada perusahaan tersebut.

Begitu juga dalam masalah puasa, percuma semua  lelah lapar dahaga jika ibadah puasanya tanpa landasan yang diajarkan sang tauladan ‘Rasulullah’ yang telah bersabda : barang siapa yang tidak menginapkan niat diwaktu malam maka sia-sialah puasanya.

Manusia tidak selamanya sadar dan ingat akan keadaan yang sedang dilakukannya, wajar saja jika dalam satu bulan ada beberapa hari yang lupa tidak menyempatkan diri untuk membaca niat pada waktu malamnya.

Waktu diperbolehkannya niat puasa wajib “Ramadhan” dimulai dari terbenamnya matahari saat magrib tiba sampai lima belas menit menjelang fajar shodiq atau waktu sholat subuh (sebenarnya sampai waktu subuh tiba, dikurangi sedikit buat jaga-jaga [baca :[B]imsak][/B]).

Sejatinya para imam masjid dianjurkan untuk melakukan niat puasa bersama makmumnya semenjak sholat magrib usai seperti yg dibiasakan di masjid masjid Tarim Hadramaut.  disamping membacakannya bersama-sama setelah sholat tarawih.

Jika mereka  yang aktiv melakukan shalat tarawih berjamaah saja kadang lupa tidak membaca niat karena ngantuk atau terdiam ketika jammaah membacakan bersama-sama, bagaimana dengan orang yang malas berangkat tarawih karena lelah atau sibuk dengan pekerjaan lain?

Alternatif bagi orang yang mudah lupa atau takut kelupaan adalah dengan membacakan niat yang diucapkan penganut madzhab Maliki, yaitu [B]“Saya niat menjalankan fardhu puasa ramadhan satu bulan penuh karena Allah ta’ala”. N[/B]iat ini diucapkan pada malam pertama di bulan Ramadhan tepatnya sore di awal ramadhan  sekitar jam 18:00 WIB sampai lima belas menit menjelang waktu subuh tiba.

Niat alternativ ini dimaksud untuk berjaga-jaga jika satu saat nanti kita kelupaan niat dimalam-malam berikutnya otomatis sudah terwakilkan dengan satu niat diatas.

Karenanya, setiap malam kita tetap harus membaca niat seperti biasanya: saya niat puasa besok untuk menjalankan fardhu puasa bulan Ramadhan karena Allah ta’ala”

[B]
Perbedaan kedua niat [/B]di atas terjadi karena golongan pertama menganggap bahwa puasa bulan Ramadhan adalah satu kesatuan ibadah yang sama sementara golongan kedua menganggap setiap hari dalam bulan Ramadhan adalah ibadah tersendiri.

Perbedaaan adalah Rahmat bagi kita
Selamat menjalankan ibadah puasa, ingatkan keluarga kita agar selalu niat puasa saat waktu buka tiba dan ketika sahur.
Wallahu a lam

baca coretan related tentang lika liku puasa
dalam : daftar isi Bikailarobbi.wordpress.com

 Rahasia dibalik Ucapan Ramadhan Kariem

Inilah Malam (lailatul) Qadar yang sesungguhnya

 Lebaran dan Kewajiban Pamer Baju Baru 

Merusak Hati diHari Yang Fitri 

Dilarang Menyembah Ramadhan 

Penikmat Dosa Yang samar

 Rahasia Caci MaKI sAHABAT

 TarAWIH Di Makkah Sayyed Terusir

 Daftar isi hati Sayyed

ingat juga #hakikat hukum makhal zaman dan maksud niat (:

#mentalbudak
Inikah Lailatul qadar Sesungguhnya!!!
Tarawih di Masjidil Haram, Sayyed diusir.
Hukum riak dan air liur, Membatalkan Puasa?
Merayakan Iedul Fitri di depan Rasulullah
dll

fathl muien n ingatan lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون