Karena Kalian adalah Keluarga Besar Muhammad Saw?


image

Anugrah terbesar bagi semua makhluk hidup dan mati adalah terciptanya  keagungan nur, ruh dan jasad Rasulullah Sollallahu alaihi wa alihi wasallam. 

sayyed ep Bikailarobbi.wordpress.com

Madinah yang dijuluki Tibah – yang  selalu harum mewangi- dan Munawwarah – selalu berpancar cahaya- adalah berkah hijrah,  dan jasad dari sang Nabi.  tak ayal beliaupun kerap berdoa untuk negri Madinah dan penduduknya “ya Allah lipat gandakanlah kemulian  Madinah seperti yang telah engkau berikan pada kota Makkah”.  alhadis.

“Barang siapa yang mampu dari kalian untuk tinggal dan  meninggal di Madinah,  lakukanlah. Niscaya aku akan mensyafaatinya kelak”. – al hadis

Madinah termasuk satu dari Kota suci Umat Islam yang haram bagi dajjal untuk menginjaknya kakinya diakhir zaman nanti. 
Madinah adalah  sentra peradaban dan basis  perkembangan dakwah dimana Rasulullah mengutus para sahabatnya ke berbagai belahan bumi.  Madinah adalah asal dari keterkaitan silsilah keluarga keturunan Rasulullah. 

Keluarga Muhammad  Solli Alaih.

1. Ibnu Hajar Haitsami dalam Jauhar munaddzom merangkum pendapat ulama  Syafiiyyah dan mayoritas  mengatakan,  bahwa aali Muhammad – keluarga Rasulullah –  adalah mereka yang diharamkan atasnya menerima zakat –  Orang-orang yang beriman dari bani Hasyim dan Muthallib. 

2. Sebagian ulama mengkhususkan mereka dengan para istri Rasulullah dan keturunannya.  pendapat lain mersngkumnya pada keturunan Fatimah zahra. sebagian lagi mengkhususkan pada keluarga paman-paman Nabi:  Ali,  Abbas,  Jafar,  Aqil dan Hamzah. 

3.  Ulama lainnya menafsiri dengan semua bangsa keturunan Quraisy.  Imam Malik,  dan beberapa ulama Syafii, yang dikuatkan Nawawi dalam syarah kitab Muslim mengartikan mereka dengan :  semua umat ijabah – seluruh umat Islam yang mengikuti,  mengimani seruan Rasulullah-.  baik mereka yang bertaqwa secaa ketat maupun sewajarnya.  para Imam ini menegaskan : bahwa yang dimaksud doa sholawat kepada keluarga Nabi adalah mutlaknya doa rahmat – meminta belas kasihan- untuk semua kaum muslimin. 

4.  Abdul Ghoni an-Nabilisi dalam muqoddimah syarah Assholawat al-Muhammadiyah karya Abdul Qodir al- jailani berargumen, bahwa : keluarga Rasulullah adalah mereka yang memiliki keterkaitan khusus kepada Nabi,  baik melalui jalur Nasab kekeluargaan maupun para pengikut sejatinya sampai pada hari pertemuan.  mereka adalah para Arief billah, para insan kamil dari para Rijaal yang kerap menjumpai Nabi baik secara ruh maupun jasmani.

Beberapa pendapat tentang siapakah keluarga Rasulullah dari para pakar diatas.  baik yang  menggunakan standar ketat maupun umum adalah buah kesimpulan dari riset ijtihad dzhonni dan bukan sebuah keputusan hukum final -qott’i- .

Manusia awam seperti sayyed dan mayoritas pastinya mengharapkan untuk bisa masuk pada kriteria keluarga Rasulullah yang selalu didoakan kebaikan,  keberkahan,  kemulian dan segala hal positif bersandarkan sholawat-sholawat nabi.  paling tidak ada Imam Malik dan Nawawi yang menawarkan demikian.

bahwa keluarga Rasulullah adalah semua umat yang beriman,  mereka yang bertaqwa maupun fasiq.  Bukankah orang-orang fasiq penuh dosa lah orang yang paling membutuhkan doa, rahmat dan ampunan Dzat yang maha mengetahui rahasia lahir dan batin kita- para manusia labil-. 

-dan Kalian semua adalah keluarga Rasulullah Muhammad Sollallagu alaihi wasallam.

Allahumma amien

Wallahu a’lam.

Madinah Rasul – dengan Muhammad KepadaNya-
Afdholuss shalawat ala Sayyidis saadaat.  Josep Nabahani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون