Larangan – Larangan di Hari Jumat


image

Tidak ada fajar terindah melebihi fajar di hari jumat – EP

Bikailarobbi.wordpress.com
sayyed ep

Keutamaan terkait hari jumat kerap disinggung dalam coretan lama sayyed.   meskipun jabbar khotir dan pastinya tak selengkap dan komperhensip penyajian  imam Suyuti dalam Fadhail yaum wa lailah jumatnya yang mencapi seratusan lebih. 

selain dipenuhi berbagi sunnah istimewa dari berbagai ritual agung hari jumat,  ternyata hari yang sangat disakralkan umat Islam ini memiliki kehususan  terkait pantangan dan  larangan-larangan yang seyogyanya ditekan agar kemuliaan jumat sanggup memberikan  anugrah fadhl awcara utuh, berkah serta garansi atas kehidupan sesungguhnya. 

Mengutip dari bab Jumat  kitab minhajut Thalibin  karya Imam Nawai, dijelaskan sekitar empat sampai tujuh larangan  yang dapat mengurangi kekhusyukan dan totalitas   selebrasi ibadah khusus hari jumat ini. 

1. Musafir atau bepergian jauh setelah fajar subuh.  jika seseorang terpaksa  pergi melewati batas teraebut,  maka ia harus menjalankan ritual kewajibannya untuk tetap menjalankan sholat jumat dalam perjalanannya. 

2. Menghusuakan malam atau hari jumat untuk total  ibadah,  thajjud maupun adzkar lainnya. bagi orang yang hidup normal dengan tidur 8-9 jaman perhari,  maka bangun malam jumat secara khusus akan mewariskan rasa malas pada esok harinya.  hal ini pula yang menjadikan seseorang tertidur ketika sang khatib sedang membacakan rukun rukun khotbah. 

3. Puasa khusus di hari jumat.  sebagian ulama mengiyaskan hari jumat dengan hari raya ied,  dimana hari gembira tersebut haram untuk dipuasi,  maka tujuan larangan dihari jumat ini adalah agar tetap semangat  menjalani segala fadhilah jumatnya. kecuali disambung dengan hari kamis dan atau hari sabtunya, maka puasa hari jumat tidaklah disarankan. 

4. Jual beli setelah adzan Jumat bagi mereka yang dikenai khitab kewajiban sholat jumat.  seperti akad jual beli,  setiap akad dan kesibukan lain yang mengalihkan perhatian seseorang kepada selain panggilan jumat dan mendengarkan khotbah jumat  adalah haram. 

5. meremehkan dan  meninggalkan sholat jumat berkali-kali dengan tanpa udzur.  dalam sebuah keterangan hadis “orang yang meninggalkan shalat jumat toga kali berturut-turut,  ia telah kafir”

6. Berisik dan menyibukkan diri hingga membuatnya tidak mendengarkan khotbah jumat yang sedang dikumandangkan.  ancaman lagho maupun tidak tertolaknya sholat jumat bagi sebagian ulama adalah bukti bahwa memperhatikan   rukun-rukun khotbah termasuk syarat diterimanya shalat jumat.

7. Menjalankan pekerjaan-pekerjaan  yang menyebabkan fadhilah jumat terabaikan.  hal inilah yang menjadikan penduduk negara Arab dan mayoritas pesantren Indonesia meliburkan segala aktivitasnya untuk memuliakan jumat secra penuh dan total. 

8. Meninggalkan mandi jumat,  kewajiban mandi bagi laki-laki yang hendak berangkat jumat termaktub dalam hadis,  pun demikian hanya madzhab Hanafi yang memutlakannya,  karena bagi mereka fardlu dan wajib adalah istilah yang berbeda. 

Menurut  guru sayyed,  bagi  lelaki dinjurkan untuk mandi besar – junub- menjelang keberangkatannya menghadiri fardlu sholat jumat.  selain memberi rasa segar, semangat dan fresh serta tidak mengganggu khalayak umum dari bebauan yang tidak lazim.

Menyatukan mandi junub dengan mandi jumat akan membuat seseorang lebih fokus dalam rutinitas sholat jumatnya. menurut beliau rutinitas ini termasuk adat kebiasaan salaf solih Hadramaut khususnya ahli Tarim.

Masih banyak pantangan dari catatan – catatan riset para fuqoha mujtahid yang seharusnya dihindari agar menjadi sebuah pelajaran berharga bagi para kita yang hanya memahami jumat sekedar hari libur dan kewajiban sholat jumat saja. kiranya tujuh makruhaat dan muharromaat ini hanyalah sebagian kecil yang sayyed dapatkan dari guru-guru mulia dalam rihlah tamasya  perenungan dan aplikasi  seluk beluk syariah Muhammad solli alih wa aliihi wasallam. 

Wallahu A’lam bissowaab
G united –  Allahumma a’udUbika minal Kasali.

rep : Minhaj Nawawi, Mizan syaroni,  Ayeh Muhammad Ali Baudhon,  Ayej Salim Khotib dan muhammad Khotib. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون