Islam Rasional dan iRasional?


image

Ketika Allah Menghendaki kebaikan bagi seorang murid, Dia akan membawanya ke lingkungan sufi dan menjauhkannya dari kaum ulama pembaca buku -Al-Junaid

myname is Muh..

Sayyed ep.  Bikailarobbi.wordpress.com

Bismillah,  Allahumma Solli ala Muhammad

Ada apa dengan klaim Islam Rasional yang banyak digembar gemborkan para akademisi dan pengkritik ajaran Muhammad.  sungguh anggapan dan penamaan Islam rasional adalah bentuk penghinaan keji terhadap syariah yang jarang disadari. seolah pernyataan tersebut memvonis bahwa ada tuntunan syariah yang iRasional.

Batasan pemahaman seseorang terhadap ajaran Muhammad jelas memiliki kelas dan level yang beraneka ragam.  mereka yang menganggap pemahaman sebagian mujtahid  madzhab lemah dan iRasional adalah orang-orang yang sedang menyatakan “kelemahanyya sendiri”  terkait ketidak sanggupan nalar mereka dalam menyelami hakikat sebuah hukum syariah.

Klaim iRasional terhadap sebuah argumen mujtahid madzhab seharusnya diukur dari semua aspek dan batas keilmuan yang kita miliki.  layakkah orang awam seperti sayyed memaksakkan pemahaman tekstual atas pemahaman kontekstual irfani dari seorang mujtahid.  Bukankah hijab ketertutupan atas pemahaman sebuah hukum syariah  dan fenomena tafsir  tergantung atas kebersihan jiwa dan raga seseorang.

Perbandingan level istiqomah dan keketaan  seseorang  dalam mengaplikasikan ajaran Muhammad adalah kunci utama sebuah perbedaan mutlak dalam meraih pemahaman maksimal terkait maksud dan tujuan sebuah hukum syariah.

Bagaimana mungkin syariah hanya dikritisi  secara instan melalui metodologi barat tanpa pengalaman dan pengamalan ketat para mujtahid Timur Tengah.  apakah wajar para praktisi dunia irfani dan penikmat ekstase keTuhanan dan perjumpaan dengan wujud Muhammad dalam alam mimpi dan nyatanya dibandingkan dengan pemahaman  kaum Fajir (pendosa) melalui metode penelitian bayaninya.

Maha suci Allah Swt yang memberikan anugrah  khusus kepada para penerus estafet kenabian berupa terbukanya tabir hijab dari hakikat hukum syariahNya.  hingga setiap rahasia yang tersirat dari setiap maksud dan tujuan hukum menjadi sangat jelas dan terang benerang disisi mereka.  rahasia inilah yang mengantarkan mereka pada jejak langkah keilmuan  dan pemahaman level tertinggi “Haqqul yakin” diantara mayoritas manusia awam yang masih terhijab kebimbangan irasionalitas  pada level rendah ilmul yaqin.

Bagi para mujtahid,  Semua hukum  syariah adalah Rasional sementara bagi mayoritas awam yang masih memerlukan teori, diktat kursus dan guru khusus, mereka kerap menemukan hal hal irasional dan mentok hanya menganggapnnya sebagai fiqih taabbudi (tidak bisa dinalar hanya diyakini)  saja.

Kajian ini bukanlah tentang teori fiqih dan ushul yang umum dipelajari pada semester kuliah maupun madrasah.  adapun teori fiqih dan ushul yang hanya sibuk dengan pencariian ilat sebab sebuah hukum hanyalah sebuah teori dan peta petunjuk yang sengaja dirancang para mujtahid untuk memudahkan  orang awam yang ingin mendapatkan sedikit pencerahan terkait bagaimana langkah-langkah  meRasionalkan hukum syariah itu digariskan.

pun demikian perdebatan perbedaaan pandangan  dalam kajian fiqih dan ushulnya kerap dibenturkan hanya pada teori – teori konvensional itu.  sementara hakikat rasional dan irasional awam meyakini teorinya adalah final.  disisi lain para mujtahid berbeda pandangan karena perbedaan pengalaman   irfani mereka” yang jauh melewati batasan teori dangkal ushul yang kerap membelenggu alam pemikiran awam.

Masih tega membagi  pemahaman syariah dengan klaim Rasional dan iRasional,  kawan? jutaan  buku-buku dan perpustakaan pun takkan sanggup memahami ilmu para qutub dari semua mujtahid Islam.  karena ilmu mereka bukanlah kasbi (dicari)  melainkan sebuah anugrah khusus yang takkan ada / tercatat dalam rangkaian teori eksak manapun.

Wallahu A’lam Bissowab

Sayyed an unconditional executive Gunt dorm Glowin window blessin dayz. rememberin ma Habib maula bin Tahir luvz monitoring along tha way.

…  Tulisan  jawaban tentang  mereka  yang tak terbaca lagi

Dunia salafi versus Ilmu Laduni

Islam iRasional dan klaim  Metodologi Barat

Rahasia agung Maulid Rasulullah 

Syiah dan kutukan wahabi

Dunia sufi dunia gila (majdub) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون