Hasrat Dunia yang Merusak


image

Dunia adalah surga bagi orang kafir, dan penjara bagi mereka yang beriman.

Sayyed ep. berkah Maulid. Bikailarobbi

Melanjutkan tulisan terakhir terkait zuhud dan kekayaan orang-orang alim dari para kekasih Allah – waliyullah-.

sebuah perbuatan yang sekilas terlihat kontroversi,  bagaimana mungkin anjuran untuk bersikap sederhana sementara mereka hidup dalam gelimang harta?! Bukankah fokus terhadap masalah duniawi hanya akan berakhir fatal dan menyengsarakan?

Harta benda dan kekayaan bukanlah sebuah aib dan kejelekan pada dirinya.  adakalanya harta  terpuji – dipuji-,  sebaik-baik harta adalah hartanya orang soleh yang dicari dan didermakan dengan cara yang syar’i.  dan seburuk-buruknya harta adalah harta yang hina yang dicari dan didermakan dengan cara yang haram.

Harta yang merusak

Terlalu fokus dalam hal pencarian bekal yang berlebih – walaupun masru’ halal dan mubah –  otomatis akan mengurangi derajat keimanan seseorang dan pahalanya. ketika malam dan siang terpatri segala  jenis projek,  maka keintiman ilahi dengan sendirinya akan pudar dan hilang. sungguh ‘Dia’ tidak akan rela dimadu.

Surga dan Penjara

Dunia adalah surga bagi orang kafir, dan penjara bagi mereka yang beriman.  penggalan ucapan tabiin kaya dan zuhud ini memiliki dua makna majazi dan hakiki.

Dunia dengan segala kenikmatan melimpah,  bagi orang beriman akan selalu terikat dengan batas dan kewajiban ilahi berupa ketaatan dan menjauhi larangan.  sementara orang kafir menafikan batas dan keterikatannya.

Penjara bagi orang beriman,  karena seenak apapun kehidupan orang beriman di dunia, itu hanyalah bias dari nikmat hakiki ‘surga’  yang pasti Allah berikan di alam akhirat.

Surga bagi orang-orang kafir, karena sepahit-pahitnya kehidupan mereka didunia,  maka kehidupan akhiratnya akan lebih pedih dan  sengsara.  Jika melihat janji Allah terhadap balasan atas dosa kekufuran.

Para kekasih Allah hartanya hanya ditangan dan bukan dihati. sementara manusia awam harta mereka dihati dan tangan.  keyakinan dan cara yang berbeda dalam mensikapi,  meraih dan mendermakan harta inilah yang membezakan implementasi  antara zuhud hakiki sang kekasih  dan kemiskinam hati dari para milyarder pongah.

segala kebaikan bermula dari taufiq ilahi,  dan taufiq ilahi jarang hinggap kecuali pada mereka yang selalu berusaha keras pada semua hal kebaikan yang diiringi doa.

Wama taufiqi illa Billah.
sayyed ep.  Multaqo Ahlul Hadis.  syeh Yasin n all tha secrets

related.  tulisan lama

Dunia salafi versus Ilmu Laduni

Islam iRasional dan klaim  Metodologi Barat

Rahasia agung Maulid Rasulullah 

Syiah dan kutukan wahabi

Dunia sufi dunia gila (majdub) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون