Rahasia Gelar Siddiq dari Abu Bakar Siddiq Ra


image

Level sidiq dan siddiqiyah kubro yang paling pas dan sesuai makna penerapannya,  ada dalam diri Rasulullah.  Shoodiqul wa’dul amin.  karena dalam jiwa setiap utusan Tuhan,  sidiq merupakan kriteria mutlak yang pasti menyatu dengan sikap dan ucapan para Nabi dan Rasul.

Bikailarobbi.wordpress.com
sayyed ep.  Luv maulid n Madinah Rasul.

Tiga sifa wajib lainnya berupa amanat,  tabligh,  fathonah hanyalah pelengkap yang  lazim.  ma laytimmul waajib illa bihi fahuwa wajib “seauatu yang menjadi parameter kesempurnaan satu perkara ‘siddiq’ wajib kecuali dengan melibatkannya,  maka perkara tersebut otomatis menjadi wajib pula”.

Gelar siddiq diberikan Rasulullah kepada sahabat terdekatnya Abu Bakar.  kedekatan ikatan emosional dan fisik sebab mulazamah (sahabat yang paling sering menemani Rasul)  menumbuhkan benih-benuh iman ke level tertinggi setelah para nabi.

Bukankah salah satu obat hati (menenangkan dan membersihkan, menetralkan)  yang paling mujarab adalah bergaul dengan para sholih orang yang lurus dan istiqomah pada garis syariah.  Bagaimana jika posisi orang sholih tersebut adalah  Rasulullah!! tentu efek yang ditimbulkan  akan sangat dahsyat terhadap para pengikutnya.

Kemulian melihat jasad agung Rasulullah di dunia ini sangat membantu para sahabat dalam meraih sidiq dan keberkahan dunia akhiratnya.  tak heran jika seorang sahabat awam yang mungkin hanya bertemu sekali saja dengan Rasul dan ia iman dalam hidupnya,  lebih mulia dan agung derajatnya daripada seorang  Wali qutub (gelar seorang kekasih Allah yang hidup pasca Rasulullah dan menjadi kiblat para wali-wali lainnya seantero bumi pada masanya)  sekalipun.

semua makhluk di alam semesta ini sangat mencintai dan merindukan bertemu Rasulullah. hayawan, batu, pasir, pohon, langit,  bumui dan seisinya. menyalaminya.  tangisan rindu atas kesedihan bongkahan kayu yang biasa  dijadikan sandaran beliau saat khutbah didengarkan jelas para oleh sahabat.  ketika Rasulullah tidak lagi menginjaknya.

Gigitan kalajengking yang melukai Abu bakar saat menemani Rasulullah di gua tsur adalah bukti bahwa seekor hayawanpun sangat merindukan melihat wajah sang Habibullah.  ia tidak rela pandangan matanya kepada Rasulullah  terhalang oleh jasad Abu bakar.  tatkala Abu bakar menganggap bahwa hewan tersebut hendak melukai jasad Rasulullah.

Gelar siddiqiyah kubro adalah gelar tertinggi dari manusia-manusia yang bertaqwa pasca terputusnya estafet kenabian.  dalam ayat alqur’an pun jelas termaktub urutan manusia-manusia mulia didunia ini. para peraih anugrah hakikat nikmat sejati adalah mereka golongan ” minan Nabiyyin,  was shiddiqien,  was syuhadaa was solihin”.

Abu Bakar meraih gelar ini setelah ia menjadi orang  pertama  yang mengimani Rasulullah saat beliau kembali pulang dari perjalanan isra’ mi’rajnya.  Abu bakar adalah satu-satunya sahabat yang dibolehkan oleh Rasul untuk mendermakan seluruh hartanya untuk memfasilitasi jihad sang Rasul. tatkala Rasulullah kerap menolak tawaran yang sama dari sahabat-sahabat lainnya.

Mata batin sang Rasul melihat jelas tingginya  level iman dan tawakkal Abu bakr.  hingga dalam satu riwayat dijelaskan :”seandainya semua amalan baik umatku ditimbang dengan amalan Abu Bakar, niscaya amal Abu Bakar lebih berat drpda semua manusia”.

Tak heran karena ibadah seorang al Faqir sekalas Abu Bakar sangatlah tulus dan murni drpd amalan siapapun pasca kenabian. seperti yang sayyed singgung pada tulisan fuqoroo dan fuqoha.

Siddiqiyah yang tertanam dalam jiwa Abu Bakar tidak akan pernah dimengerti dan difahami kecuali oleh manusia yang  memiliki  level diatasnya.  karenanya hanya Rasulullah lah orang yang  memahami level keimanan Abu bakar kepada Allah dan Rasulnya.  hingga ia kerap mengistimewakan Abu Bakr daripada sahabat-sahabat lainnya.  bukti itu semakin nyata kala Rasulullah sakit keras,  menjelang wafatnya,  beliau berpesan pada Aisyah agar Abu Bakar  menjadi imam sholat subuh : “perintahkan Abu Bakar untuk mengimami (sholat dengan) manusia.” ..

Wallahu A’lam bissowab
smoga penulis dan pembaca diberi anugrah siddiq yg nyata.  amin ya Rabb.  bijahil mustafa.

Allahumma solli alaih

Rasakan Nafas dan desah  berikut :

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Cinta Usah di Mengerti

Mengenang dekap mu

Nikmat Bercinta Denganmu

KeBaikan Sufi Awam = Dosa Para Shalihin ???
Mendekap Sang Rindu :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون