Manifestasi Derajat Fuqoha dan Fuqoro


image

fadhl fadhl ya kareem

In kuntum Fuqoroo Yugjnikumullahu min fadlihi.

Sayyed ep Bikailarobbi.wordpress.com

Fuqoha atau ulama fiqih adalah mereka yang memiliki pemahaman agama yang mendalam  terkait Hukum – hukum syariat Islam,  ahli olah lahir.  sementara fuqoro adalah para ahli olah batin yang memiliki level tingkat ibadah dengan perhambaan sejati.

Nihayatul Faqih bidayatul fuqoro,  puncak dari ilmu para faqih adalah permulaan ilmu fuqoro.  jelas sudah bahwasanya  untuk mencapai pada level alfaqir harus melalui tahapan-tahapan akhir/ puncak jenjang para fuqoha.  karena setiap amal dari fuqoro pasti sudah diverivikasi secara ketat melalui timbangan syariat  lahir.  karenanya sedikit  ibadahnya faqir lebih berarti dari berkali-kali lipatnya fuqoha.

sungguh para mujtahid sekelas  Imam Abu hanifah,  Malik,  Syafii dan Ahmad bin Hambal adalah para faqir sejati.  mereka berkiprah dalam bidang Tauhid,  hadis dan fiqih sebagai ulama pewaris para Nabi.  hasil ijtihad dan penemuannya adalah ladang amal menuju kelestarian hakikat syariat mayoritas awam dan khos dari umat Rasulullah.

Ahli kasyaf dalam sebuah mimpinya bertemu  dengan Abu hanifah,  “apa yang telah Allah swt perlakukan padamu, apa amalmu sehingga Allah mengampunimu?.  Abu hanifah menjawab : sangat jauh,  bukan ilmu yang mengantarku kederajat ini,  karena  ilmu memiliki syarat-syarat  yang tidak mudah.  tapi Sesikit dzikir malam yang saya biasakan membacanya  menjelang waktu fajar”.

Abu hanifah adalah orang yang dari dirinyalah kajian ilmu fiqih semua madzhab Islam diteorikan secara sistematis.  tak heran imam Syafii pun dalam satu riwayatnya mengklaim : alfiqhu aaali li abi hanifah “Bahwasanya kajian fiqih kembali pada (teori) besar Abu hanifah”.  Ta’dzim Syafii terhadap pioner fiqih dipraktekkan ketika beliau menziarahi kuburan Abu hanifah,  konon Syafii ketika sholat subuh disisi pemakamannya sengaja meninggalkan madzhabnya sendiri dengan tidak membaca doa qunut mengikuti madzhab  Abu hanifah yang tidak qunut.  begitulah adab para fuqoro,  hingga sesudah wafatpun takdzim kepada senior terus diaplikasikan.

Imam malik pun menolak ketika kitab Muwattho nya ingin dijadikan hukum negara.  beliau berkata “semua perspektif antara benar dan salah,  kecuali perspektif  sohibu hadzal  qubbah (menunjuk ke makam sang maksum Rasulullah).  kehati-hatian Malik dalam hal apapun serta adab beliau selama di Madinah adalah bukti ke faqiran hakiki.

Ahmad bin hambal,  salah satu murid terbaik Imam Syafii ini hapal satu juta Hadis Nabi.  sayangnya  hanya sekitar dua puluh ribuan hadis saja yg tercatat  dalam kitab Musnad beliau.  diantara sifat wara Ahmad adalah tidak mau memakan buah semangka,  hanya karena beliau tidak pernah mendengar langsung hadis yang menjelaskan  bagaimana cara Rasulullah memakanyya.  dalam hal mubah saja mereka sangat hati-hati bagaimana dengan yng makruh dan haram.. hmm

Fuqoro adalah para pemilik amal rahasia yang hanya diketahui oleh mereka dan Allah swt.  meskipun secara lahir sudah jelas sebagai orang yang shalih. kesalihan mereka dalam keadaan sepi dan sendiri lebih dari apa  yang pernah kita bayangkan.

In kuntum Fuqoroo Yugjnikumullahu min Fadlih.

G unit. dorm
subuh selasa dalam dekap kebingungan.  daarok ya ahlal Madinah

coretan lama (edisi Saudi):

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu xxtc :
Curhatku Kepada Rasulullah

Alquran Bukan Mainan

Cinta Tak Kunjung Padam

Imsak Bukan Batas Mulai Puasa?

Belenggu Hasrat Konta Kesabaan

Hatimu Jawaban

Inikah Nikmat Sejati?

CInta Buta?

Hukum Dry Cleaning Possible

Perempuan Mulia yang Terlupakan

98% Puasa Kita Batal!

Daftar Isi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون