Meraih Haqqul Yaqin


image

Barang siapa bersungguh-sungguh (mengamalkan syariah) kepadaku maka akan kami tunjukkan pelbagai macam jalan kami.  – al ayath

Sayyed Bikailarobbi. wordpress.com
Bayani burhani  irfani

Rasulullah Muhammad Saw adalah nabi pembelajar serta  pemberi contoh sepanjang hidupnya.  meskipun beliau telah diberi anugrah tertinggi dalam setiap level kebaikan,  beliau tetap mengulang-ulang dzikr dan doa agar terus diberi pemahaman ilmu yang maksimal : wa qul Robbi zidni ilma – ayath. 

Derajat kecerdasan emosional dan seperitual manusia berbeda-beda  dalam setiap generasi.  Bahwasanya predikat mujtahid mutlak yang bisa menembus pemahaman haqqul yaqin memang diklaim mayoritas ulama salaf / mutaqoddimin  telah terhenti sejak abad ke enam hijriah.  namun sebagian ulama lainnya termasuk Assuyuti memahaminya dengan pandangan kritis dan mengklaim kemungkinannya,  karena Nabi pun menjelaskan bahwasanyya : setiap kurun seratus tahun niscaya terlahir mujaddid) para pembaharu)  terkemuka  agama.

Terkait pemahaman yang diraih para ulama dunia dan ukhrowi maka,  klasifikasi ilmu logis,  empiris dan intuisi  mistis memang sangat jauh perbedaannya.  ilmul yaqin,  ainul yaqin dan haqqul yaqin. 

Ilmul yaqin adalah gambaran pengetahuan sistematis yang bersanding lurus dengan logika manusia pada umumnya.  pengetahuan semacam ini menempati  level tertinggi bagi  para alademisi barat yang lebih mengedepankan nalar daripada haibah wahbi,  pengalaman seperitual,  intuisi dan mistis ketuhanan.  kebuntuan akal ini kerap menjadi penghalang bagi kaum literalis untuk bisa mengimani puncak dari  level pengetahuan berikutnya. 

Ainul Yaqin merupakan efek dari pemahaman empiris atas pengalaman pribadi terkait bidang yang ia tekuni.  sosio historis juga menunjang perbedaan level pemahaman antara penikmat ilmul yaqin dan ainul yaqin.  karena pengalaman pribadi memiliki keyakinan diatas rata-rata para sarjana yang terbatas pada  kajian buku dan teori-teori  umum saja. peraih level ainul yaqin menemukan pengetahuan melalui penggabungan jiwa dan raganya.

Haqqul Yaqin adalah derajat pengalaman dan pengetahuan  tertinggi.  gabungan dari teori logis,  empiris, intuitif  dan mistis. diraih melalui ilham maupun wahyu ilahi.  pengetahuan ini hanya dimiliki para mujtahid, goust, nujaba,  nuqoba,  wali qutub dan tentunya para utusan Allah swt.  

Wallahu A’lam
thnks to Nurrachman n sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون