Malam Jumat Bukan Mitos?


moonstars_noao_big
Allah swt dan para malaikatNya senantiasa memberikan shalawat kepada sang Nabi,  wahai kalian yang beriman berilah shalawat  dan salammu padanya.

sayyed ep Bikailarobbi  WordPress.com

Malam jumat memiliki segudang rahasia yang tidak dimiliki oleh malam-malam lainnya, bagi pengikut Ahlussunnah Waljamaah, malam ini adalah malam pembacaan sejarah maulid Nabi (PBUH), surat Al-kahfi, ratib , istighosa, ziarah kubur dan lain sebagainya.

Malam ini adalah malam yang sangat menyenangkan bagi muda-mudi yang baru saja mengabadikan cintanya dengan pernikahan, karena pada malam ini, seremonial istigosah mereka akan lebih semangat, hot dan menggebu-gebu dibandingkan malam jumat sebelumnya. Mengingat hanya pada malam ini pahala istighosah mereka akan dilipat gandakan berkali-kali, bahkan menerut satu keterangan  : “lebih baik dari jihad memerangi orang Yahudi”… hmmm.

Malam ini adalah malam terbaik dari semua malam yang pernah ada, lebih baik dari Lailatul qadar sekalipun, seperti dijelaskan oleh Sya’roni dalam Mizan-nya mengutip ucapan Imam Ahmad.

Malam dan hari ini memiliki sebuah waktu mustajabah, jika kita berdoa pasti akan dikabulkan. Berbeda dengan hari-hari lain yang hanya menghususkan waktu mustajabahnya pada 1/3 malam menjelang pagi.

Malam ini adalah malam yang tidak di anjurkan menghususkan diri untuk bertahajjud maupun berpuasa pada siang harinya? Disamping karena ada hadis yang memakruhkan, Ibnu Hajar Alhaitami dalam fatawi-nya menjelaskan, alasan makruhnya mengkhususkan bangun malam (tahajjud) pada malam jumat maupun puasa pada siang harinya : umumnya seseorang akan merasa malas, lemas dan ngantuk, baik di waktu pagi, siang dan sorenya. jika mereka telah menghabiskan waktu malamnya dengan ibadah, hal ini bisa menjadikan terbengkalainya ritual-ritual jum’at yang ada pada waktu siang, seperti tabkir (menyegerakan pergi ke masjid ), dzikir, mendengarkan khutbah, khusu’ dalam sholat jum’at dan lain-lainnya. Begitu juga dengan puasa yang menyebabkan ngantuk dan malas beribadah, Sehingga mereka sulit untuk mendapatkan waktu sepesial “mustajabah” yang telah dijanjikan Allah swt pada waktu siang maupun malam jum’at itu. Karenanya kita di anjurkan untuk bisa menghabiskan sebagian besar waktu malam dan hari jum’at dengan memaksimalkan ibadah-ibadahnya agar bisa mendapatkan saat-saat mustajabah tersebut.

Mungkin alasan Ibnu Hajar inilah yang diterapkan oleh negara-negara Arab dan pesantren-pesantren Indonesia, mengapa mereka meliburkan semua aktifitasnya pada malam dan hari jum’at.

Terkait keistimewaan malam dan hari jum’at. Jalaluddin Assuyuti merangkumnya pada sebuah catatan khusus yang berisikan sekitar 102/13 dari keutamaan malam dan hari jum’at, dilengkapi dengan argumen-argumen komprehensif baik dari Qur’an, Hadis, atsar salaf serta komparasi lintas madzhab.

Wallahu A’lam.

bikailarobbi
coretan lama sayyed
di kmpasna

 

&nbsp

semua tulisan tentang Rasulullah klik ini:

Aku Merindukan Rasa ini

Pengalaman Tidur disamping Jasad Nabi

CInta dan Gejolak Nafsu

Tenggelam dalam Mahabbah

Demi Sebuah hakikat

Muhammad Terbaik dari yang Baik

Memanjakan sang Nabi

Rahasia Karomah dan Mukjizat

n kumpulan Kisah Janda dan Rahasia perempuan :

janda dan duda Unsencored

perempuan pilihan wow +++

JejeakKelam Emansipasi

Wanita Dewasa

Ga usah Berjilbab dolo!

Menguak Sensitifitas Perempuan

more – daftar isi hati sayyed ep klik this

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون