Teks Konteks Syariah Islam


image

BikailaRobbi

Bikailarobbi.wordpress.com
Sayyed ep while Ramadhan kariem

Setelah sekilas sayyed memahami psycologi audiens (baca : pembaca ) blog sederhana ini, ternyata tak sedikit dari mereka mengharapkan pemaparan tulisan yang bernas apa adanya, tekstual dan saklek dengan dibumbui dalil-dalil pasti layaknya diktat ayat ahkam maupun ahadis ahkam.  dimana setiap judul dari tulisan harus memiliki landasan baik melalui alquran maupun alhadis.

Perkembngan Ilmu agama pasca Rasulullah meninggal

kajian hukum syriah pada era sahabat  masih mengikuti apa yang telah Rasulullah ajarkan melalui wahyu suci dan hadis serta fatwa-fatwa dari sahabat-sahabat senior. segala persoalan agama selalu didiskusikan dengan orang-orang dekat Nabi. hingga jarang sekali terjadi perbedaan yang memecah belah kerukunan umat Islam.

perpecahan antar umat mulai  terjadi seiring suhu politik kekuasaan  makin gencar pasca pembunuhan khalifah ke dua sayyidina Usman r.a. dimana fitnah semakin meraja lela antara kubu sayyidina Muawwiyah dan sayyidina Ali.  kisah perang jamal dan siffin menjadi saksi atas ijtihad dari kedua belah fihak. bahkan ummul mukminin Sayyidatina Aisyah sempat  turun tangan dalam pertempuran melawan dominasi Sayyidina Ali.

Mayoritas ahlussunnah waljamaah mengaggap bahwa pertempuran kedua sahabat senior tersebut terjadi melalui ijtihad masing-masing. karenanya sebagai orang awam tidak sepantasnya menilai dengan pandangan yang keji lagi nista, entah dengan klaim apapun. karena jasa besar mereka bagi umat Islam sangat nyata dan tak terbantahkan.

Generasi ketiga -era tabiien-  termasuk generasi emas dimana setiap diskursus keilmuan menjadi sangat berkembang. segala bidang fan ilmu agama terklasifilasi dan  mulai dibukuan mengingat makin besarnya jumlah umat Islam di seantero dunia maka hal ini urgren untuk dikembangkan demi sebuah pencerahan yang valid.

Hadis, ilmu hadis, Quran, ulumul quran, tafsir ta’wil dan segala ilmu alat yang menjadi tombak pmahaman agama terutama ilmu ushul fiqih dan lughoh yang menjadi dasar terbentuknya diskursus fiqih.

Nama-nama besar pencetus madzhab fiqih seperti Abu hanifah, Malik, Syafii dan Ahmad bin hambal meletakkan pondasi fiqihnya melalui ijtihad yang mereka kaji melalui pendekatan tekstual dan kontekstual atas apa yang tersirat dalam Quran dan hadis. derajat Mujtahid mutlak yang disematkan ke empat ulama tersebut adalah level khusus bagi mereka pemilik otoritas pemahaman langsung dari sumber hukum Islam.

Quran, Hadis, ijma, qiyas menjadi landasan hukum yang telah disepakati keberadaannya.

Meloncat ke era post moderen seperti sekarang ini. manusia banyak terkecoh dengan satu tag line yang sebenarnya baik tapi kerap disalahfahami “Manhaj salaf” “kembali pada quran dan hadis” “Hadis dhoif harus ditolak tanpa pengecualian” dan pelbagai permasalahan fiqih yang sebenarnya flexible malah  dijadikan hukum statis sebuah klaim kebenaran absolut.

Imbas dari ini semua adalah manusia awam lebih merasa percaya pada para ulama instant yang  terlanjur terkenal dari golongan penukil quran dan  hadis secara tekstual. seakan apa yang dibawa oleh da’i instan tersebut adalah hakikat kebenaran Tuhan.  Menafikan imam-imam besar dari generasi salaf, menghina mereka dan anti terhadap semua madzhab. seakan ilmu para pencetus madzhab tersebut tidak memiliki peran sama sekali dalam memudahkan orang awam pada setiap aspek ibadah, muamalah, nikah serta jinayatnya. hanya karena kitab-kitab matan yang beredar sekarang jarang dibubuhi teks Alquran dan hadis seperti kitab-kitab kuning yang beredar di pesantren.  

seandainya saja mayoritas  awam mau belajar dan memahami bahwa hakikat kitab-kitab tersebut adalah wujud dari bunyi ayat alquran dan hadis nabi, maka mereka akan lebih percaya ucapan para imam madzhab daripada ulama dan dai instan yang hanya pandai beretorika.

Allahumma Faqqihna fiddien Wa allimna at-ta’wil. amien

Wallahu A’lam. 
12 Juli – 13 Ramadhan
G unit dorm – Pasaranvirtual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون