Tips Agar Tidak Tersesat di Makkah


image

BikailaRobbi.wordpress.com
Sayyed ep

Ibadah Haji dan Umroh bagi pengikut madzhab Syafii merupakan ritual wajib mudhoyyaq –  harus dijalankan sesegera mungkin bagi mereka yang sudah memenuhi kriterianya- sekali seumur hidup. Adapun orang  yang menunda-nunda sementara ia mampu maka kelak hutang kepada sang khaliq atas ritual ini akan ditagih kelak  di akhirat.

sekilas tata cara ritual hajji.  mulai dari persiapan, tasyakuran sampai saat nanti kembali ke tanah air sudah sayyed singgung sedikit pada : Lika-liku Jammaah Haji Indonesia. serta beberapa pengalaman dalam thawaf dan kota Madinah yang lebih mengharubirukan rasa.

Tips Agar Tidak Tersesat

Hiruk pikuk kota Makkah yang hampir selalu sesak dengan ratusan ribu hingga jutaan peziarah suci kerap membuat bingung bagi para pemula yang baru menjejakkan kakinya di tanah kelahiran sayyidina Muhammad ini.

Era wireless dan handheld mempermudah manusia untuk selalu saling sapa kapanpun dimanapun. siapkan handphone dengan batre yang tahan lama. simpan nomer guide dan tulis diselebaran kertas agar bisa menghubunginya pada saat membutuhkannya. jika tidak membawa hp dan ingin membelinya dengan harga murah pergilah ke jl Alhaddad -dekat aziziyyah-  disana banyak gerai  hp baru dan bekas yang lumayan kumplit dengan harga kompetitif. anda juga  bisa sekalian menjual ataupun tukar tambah. saat malam pedagang hp kakilima beejejeran dikawasan tersebut.

Selalu bawa id card, baik yang yang dikalungkan, gelang atau kartu nama tempat dimana jamaah kloter anda menginap. Biasanya ada beberapa temus -pekerja musiman- mahasiswa Indonesia yang ditugaskan dilapangan khusus menangani jammaah yang tersesat siap  mengantarkan ke penginapan. Mereka  memakai seragam khusus -seringnya biru muda- dengan membawa atribut khas bendera Indonesia.

Hapalkan tempat-tempat stratrgis yang biasa dilewati. plang, toko, nama-nama pintu masjidil haram khususnya pintu utama “bab malik fahad”. posisi yang mudah dijangkau dan terkenal memudahkan bagi para guide atau ketua kloter untuk menemui anda saat tersesat.

Pelajari dasar-dasar bahasa percakapan Arab. Afwan ya hajj/ Hajjah urid ila sakan  indonusi. fien toriq ila   (….). maaf mas, pak/ mbak, bu saya ingin ke asrama haji indonesia. kemana arah jalan ke (sebutkan nama daerah anda menginap). nanti akan diarahkan jalan terdekat atau paling tidak dikasih isarat arah mana yang benar.

Bawalah uang seperlunya jika bepergian keluar dari asrama. siapkan reyal pecahan puluhan atau lima puluh guna membayar taksi jika dibutuhkan. jangan lupa untuk selalu keluar paling tidak berdua dengan teman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti pengalaman sohib  yang sayyed tulis dalam catatan :  Rahasia Jenggot dan Kumis.

Pakai pakaian seragam yang mennjukkan identifitas kloter atau daerah. jangan terlalu panik dan stress ketika tertinggal dari rombongan. jangan berhenti untuk terus berdzikir, sholawat dan tawassul. 

Merapatlah ke rombongan orang indonesia lainnya untuk bertanya sebelum terpaksa bertanya kepada orang asing atau taksi.

Bersedekah kepada handai tolan dan tetangga. datangi para faqir dan ulama zuhud di daerah anda, minta arahan nasihat.  minta maaf atas dosa dan keluputan kita. minta ikhlas, ridlho dan  doa mereka agar semua dilancarkan hingga menjadi hajji mabrur. percaya atau tidak setiap kebiasaan apapun ditanah air akan dibalas di tanah suci nanti.  sayyed kerap merasakan keanehan yang menakjubkan selama di Makkah dan Madinah. dan terakhir, jangan lupa ucapkan  salam Sayyed kepada Rasulullah Sollallahu alihi wasalllam. dan bacalah curhat ini didepan Beliau.

Semoga menjadi Hajji Mabroor ..Amien.

Wallhu a’lam

Sayyyed Muhhammad EP

Curhat Para Pecandu lainnya :

Ibadah demi Meraih Simpati TUhan

Cara Baik Membalas Caci Maki Sahabat

Jogja Dalam Kenangan
Kodrat Manusia Labil

Ketika Hasratmu adalah Tuhanmu

Sorga Para Artis
Curhat Para Pecandu lainnya :

Penikmat Dosa yang Samar

Hakikat Caci Maki Sahabatku

Sayyed Ep Sang Manusia Labil

Keindahan dibalik Wajahmu

Rahasia dibalik Kegelisahan Abid

Bahaya Narsis !

Omong Kosong (Corrupted X Files)

coretan lama (edisi Saudi):

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu xxtc :
Curhatku Kepada Rasulullah

Alquran Bukan Mainan

Cinta Tak Kunjung Padam

Imsak Bukan Batas Mulai Puasa?

Belenggu Hasrat Konta Kesabaan

Hatimu Jawaban

Inikah Nikmat Sejati?

CInta Buta?

Hukum Dry Cleaning Possible

Perempuan Mulia yang Terlupakan

98% Puasa Kita Batal!

Daftar Isi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون