Perempuan dan Sholat?


image

Gambaran tentang kewajiban berazam dan pemahaman zawal dan turu’ul mani’ merupakan jalan utama meraih dan melatih mahabbahNya- Se BiR

Sayyed  EP  BikailaRobbi.Wordpress.com

Perempuan dalam hukum fiqih Islam memiliki kehususan aturan yang membedakan mereka dengan kaum pria. pada coretan Perempuan Dewasa,

Sayyed mengurai sedikit tentang kedewasaan hakiki seorang perempuan jika dilihat dari masalah Toharoh, Aqiqah, baligh dan hikmah serta alasan mengapa mereka dibebani dengan darah haid.

Azam dan Anjuran niat Sholat

Imam Abdullah bin Tohir dalam sulamuttaufiq mengharuskan semua muslim yang sudah baligh untuk melakukan azam (tekad niat dalam hati utuk mengerjakan suatu perkara dimasa akan datang) mengerjakan sholat jika waktunya telah tiba.

Jika waktu sholat duhur masuk jam 12 siang pas, maka seketika itu juga seseorang harus mulai berazam dalam hatinya : “saya akan sholat duhur jam 12:30 atau jam berpapun selama waktu duhur msh tersisa.”

Manfaat dari azam adalah ketika dalam satu waktu seseorang ditakdirkan meninggal secara mendadak dan belum sempat mengerjakan  sholat maka azam tersebut otomatis sudah mewakilkan udzur syar’i dari sebab meninggalkan sholat dengan sengaja. sebaliknya jika tidak sempat melakulan azam dan terjadi apa yang terjadi maka tagihan qhodo sholat akan tertulis dalam catatan amal buruknya.

Zawal dan Turu’ Mani’ bagi Perempuan

Khusus untuk perempuan hal diatas juga berlaku terkait  zawalul/ turu’ ul mani’ -hilangnya/ hadirnya ‘darah’ yang menyebabkan ibadah tidak sah. Ketika masuk waktu duhur dan ia tidak azam kemudian 15 menit/lebih berikutnya darah haid datang -turu’ul mani’. maka ia wajib mengqhodo sholat duhur tersebut karena telah menyia-nyiakan waktu yang sebenarnya sudah cukup untuk bersesuci dan sholat dengan sempurna.

Begitu juga ketika darah haid telah berhenti -zawalul mani’- dan waktu duhur masih 20 menit/ lebih sementara ia santai sampai habis waktu. maka baginya wajib mengqhodoi ketika ia telah suci. dan hukum ini berlaku untuk semua waktu sholat dalam sehari semalam.

Gambaran  kewajibam azam dan pemahaman zawal dan turu merupakan sebuah pemahaman urgen terkait bagaimanan seseorang mengamalkan hukum syariah dengan jalan yang sangat hati-hati. jika perempuan belum memahaminya maka seorang ayah, kerabat maupun suami bertanggung jawab mengajari atau mengizinkan mereka untuk belajar mendalami semua basic syariah. taharoh, haid, ibadah muamalah dan semua yang harus dipelajari manusia awam terkait agamanya.

Wallahu A’lam.
silahkan dikoreksi n resapi adanya
ref : the untoled Sayyed.  sulam taufiq n fiqhunnisa.
Gunit Dorm 10 04 14. 11:44 am.

lets forget those  unexpossed articles:

Para Perempuan Mulia Yang terlupakan

Rahasia Kehampaan Abadi :

Cinta Usah di Mengerti

Mengenangmu

Nimat Bercinta Denganmu

Rahasia Peci dan Kerudung

Alquran Mainan

9 Rahasia Tuhan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون