Sosok Habaib Hadramaut, Guru para Guru Mulia ( Allah Yarhamhum)


Image

 

Hadramaut In Memorian (Habaib dan Guru-Guru mulia yang telah Pergi)
Sayyed ep bikailaRobbi@wordpress.com
Tarim di era 03-05

Mengenal dan dekat dengan habaib senior adalah sebuah anugrah yang sangat langka. beliau-beliau merupakan sosok yang sangat dikagumi dengan kharisma dan karomah-karomahnya. Mungkin kebanyakan  pelajar dan jamaah alawiyyien  indonesia sekarang -2014-  hanya mengenal nama-nama besar seperti Habib Salim Asyatiri, Habib Umar bin Hafidz, Habib Ali aljufri dll. Berikut ini adalah habaib sepuh guru para habaib Hadramaut Tarim  dan Jeddah yang pernah sayyed temui pada awal melenium tiga  -2000-2005:

Habib Abdul Qodir bin Ahmad As-Segaff. satu-satunya Wali  Qutub dari bani Alawi  yang paling berpengaruh dan mashur pada zamannya.  beliau adalah  guru para guru habaib dan masayikh Hadramaut dan tanah harom makkah – Madinah. karomahnya sangat jelas dan fatwa- fatwanya selalu ditunggu oleh semua pengikut thoriqoh Baalawi. konon beliau adalah sosok dibalik  sekenario ekspansi  dakwah ala  thoriqoh Baalawi yang dijalankan para habaib terkenal seperti Habib Umar, Habib Salim, Habib Abu Bakar al-mashur dan sederet nama-nama lainnya. Sebelum meninggal, sejarah hidup tentang  guru, fatwa, dan ekspansi dakwah  beliau telah ditulis secara lengkap oleh Habib Abu Bakar al-Masyhur dalam kitab yang lumayan tebal 40–500 halaman. Sayyed bertemu beliau di Jeddah Saudi Arabia. walaupun sudah terbaring diatas firos tapi haibah kharisma dan adabnyanya sangat kentara. sungguh sangat langka menemukan sosok guru seperitual seperti beliau.

Habib Idrus bin Alwi Alkaff, beliau adalah habaib senior Tarim sekaligus orang tua kami para pelajar  Indonesia kala itu, pemberi motivasi dan support baik riil maupun materi khususnya bagi para mahasiswa yang memang tidak mendapat kiriman dana sama sekali dari keluarganya di Indonesia. Beliau Kerap mengundang kami untuk sekedar uzumah atau acara makan-makan dirumahnya sekaligus mendengarkan sharing  dari mahasiswa ajam –luar Yaman. Selain aktif  dikampus, sayyed kerap menemukan beliau yang Istiqomah sholat jamaah subuh dan i’tikaf di Masjid Baalawi bersama imam masjid Habib Hamid Baalawi.

Habib Muhammad Alwi alaydrus lebih dikenal dengan Habib Sa’ad. Beliau adalah senior sekaligus penasehat yayasan Tahfidzul Qur’an di qubbah Muroyyam Masjid Assagaf. Habib sa’ad adalah sosok habib moderat yang dekat dengan masyarakat sekitar, selain menjadi imam tetap di Masjid Assegaff beliau juga menjadi guru besar di yayasan Al-aydrus, sebuah yayasan non profit sepesialis kajian Alquran. Beliau merupakan  satu dari sekian habaib yang paling produktif menulis. Karya-karyanya yang sudah diterbitkan sekitar  serautus kitab lebih. baik kajian tentang kajian fiqih, hadis, tafsir maupun budaya menggambarkan betapa luas wawasan sang habib. Sayyed pernah menemui beliau dirumah sederhananya yang dipenuhi dengan kitab-kitab karanganya. Dua buku hadiah dari beliau tentang faidah banyak membaca dan jenis-jenis permainan orang Tarim mengingatkan akan semangat, motivasi dan keramahan sang habib. Masjid Assagaf menjadi saksi ketika sayyed  kerap sholat ashar  dibelakang  habib, pun ketika beliau sholat tahajjud di masjid baalawi menjelang subuh.

Habib Husian Aidid, pakar bahasa dan sastra, dosen senior di universitas kami. Beliau adalah lektor Alfiyah dan Shorof saat sayyed masuk semester lima dan enam. Meskipun sudah berumur tapi semangatnya dalam mengajar layaknya dosen-dosen muda yang penuh semangat dan menggebu. Beliau juga mengajar dibeberapa jami’ah dan yayasan, disamping banyak menuliskan syair-syair indah dan khas. Karya dan ajarannya menjadi rujukan dosen-dosen muda. Sayyed jarang bertemu habib kharismatik ini kecuali ketika mengajar di kuliah dan sholat jum’at di masjid jami; Tarim, mengingat rumah beliau yang lumayan jauh di daerah Aidid.

Habib Husain bin Abdulqodir Bilfaqih. Pribadi humoris dan alim sangat kental dalam sosok habib ini. ceramah tahunannya di Syi’ib Hud (makam Nabiullah Hud as) kerap mengundang decak kagum dan tawa hadirin. Beliau termasuk habib yang inten dan perhatian dengan mahasiswa Indonesia. Kajian kitab – kitab alhaddad yang dibacakan setiap selasa sore di Masjid Nuwaidiroh bersama forum Mahasiswa Indonesia memberikan banyak pencerahan terkait dunia tasawwuf dan modern.

Habib Hasan bin Abdullah Asyatiri, Waliyullah yang memiliki gelar Ainu Tarim ini adalah sosok habaib kharismatik yang paling disegani pada masanya. Guru besar Ribat Tarim sekaligus penerus sosok ayahanda yang sangat terkenal dengan keliman dan kezuhudannya. Karomah beliau begitu nyata hingga para habaib, masyarakat dan para pelajar   yang ‘mengerti’ tentang beliau sangat antusias untuk selalu mengambil berkah dari setiap majlis rohah dan majlas-majlas rubat maupun masjid Baftain. Sosok darmawan yang kerap didekati kaum papa. Saat shalat jum’at di Masjid jami’ Tarim, sayyed sering melihat beliau berada  di shaf belakang sebelah kiri masjid dengan masyarakat umum, sementara habaiab dan masayikh lain saling berlomba untuk berada dijajaran shaf depan. Tak heran dengan begitu beliau dapat lebih dekat dengan masyarakat awam yang memeang lebih membutuhkan berkah sekaligus lebih mudah untuk mendermakan beberapa rizqinya kepada para fakir yang berada disekitarnya. sebelum mengenal lebih dalam siapa beliau, sayyed sering santai bersalaman, mencium tangan beliau bahkan photo-photo. Satu  atau dua bulan sebelum beliau wafat di Dubai, sayyed mengikuti sekilas pengajian Majlas Sore di Masjid Baftein. Tak percaya bahwa sore itu adalah hari terakhir sayyed bisa menatap wajah bersahaja nan penuh senyum itu.

Habib Mawla bin Yahya (semoga masih ada dan dipanjangkan umurnya) wali mastur. Rumahnya di depan zanbal tempat pemakaman khusus Habaib dan Syarifah. Habib maula dikenal dengan sohibul karomat dan majdub. Kata-katanya sulit dipahami orang awam. Beliau kerap menulis pesan berupa tulisan kepada habaib lainnya. Ketika masuk rumahnya  para tamu dianjurkan untuk memberi sedekah, konon menurut abdi dalem beliau uang itu akan didermakan kepada orang-orang fakir didekat rumahnya. Saat sayyed sowwan untuk pertam dan terakhir kalinya bersama anaknya habib Zain bin smith, sayyed tidak membawa uang reyal receh dan dengan terpaksa memberikan  seribu reyal, sebuah nominal yang lumayan banyak untuk ukuran  kantong pelajar. Setelah didoakan dan izin pulang ke Indonesia sayyed merasa  masih kurang sreg  dengan pemberian itu hmm. Saat-saat menjelang pulang ke Indonesia melalui mesir, di ibukota Yaman Son’ah, disebuah angkutan kota Sayyed  bertemu dengan orang Saudi yang agak aneh, dan  akrab seketia.  orang tersebut menanyakan khabar dan keadaan Indonesia, basa-basi sampai akhirnya memberi sejumlah uang reyal Yaman   tiga kalilipat dari yang pernah sayyed berikan pada habib mawla. bahkan  Ketika Sayyed kehabisan uang di mesir, secara kebetulan sayyed mendapatkan cash back dari tiket Ettihad Airways sebesar 200$ akibat pesawat penuh dan Delay sekitar setengah  hari, lagi-lagi  Sayyed teringat berkah dan doa mulia sang  Habib mawla.

darok darok ya Ahla Tarim, Ya Tarim WaAhlaha.

kelak sayyed dapat kembali berkunjung kesana meskipun sosok-sosok itu kini telah tiada :sad amien ya Rabb.

Masya Allah Tabaarokallah.
Wallahu’alam

 

Klick Daftar isi : coretan lama Sayyed

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu lainnya :

9 Rahasia Tuhan

Dibalik Bahaya Jenggot Pria?

Wali setan dan Klaim Wahabi

Alquran Mainan

Belenggu Jurnalisme Gossip

Menguak Rahasia Sombong

Curhatku Pada Muhammad

Ibadah demi Meraih Simpati TUhan

Cara Baik Membalas Caci Maki Sahabat

Jogja Dalam Kenangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون