Ilmu Manfaat dan Manfaat ilmu?


Image

Manfaat ilmu adalah kelak ketika manusia sukses mempertanggungjawabkan semua perbuatannya  dihadapan  dzat  sang maha Tahu

Ilmu Manfaat dan Manfaat ilmu ?

Sayyed ep Bikaila Robbi

Perasaan takjub pada keistimewaan seseorang adalah perkara lumrah dan wajar, sebaliknya penilian buruk prematur terhadap satu objek hanya dari sisi kuantitas lahir saja yang kerap muncul sebab pikiran negatif adalah virus samar yang kerap menjadikan pribadi seseorang aware terhadap objek yang sedang di klaim keburukannya. Hal inilah yang  menyamarkan setiap persaan  sisi negatif subjek yang sebearnya lebih mengerti betapa manusia sering lalai dengan setiap dosa dan kelemahan dirinya sendiri  lebih menikmati daging mentah saudaranya –gossip- !!

Apapaun karunia yang diberikan pada manusia adalah perwujudan dari dua sisi adzab dan ujian nyata. Adzab dari penghianatan akan kemurnian cinta kepada-Nya yang lahir dari keadaan senang, tenang, bahagia, kekayaan, harta kekayaan, anak , ketenaran dan lain sebagainya sangatlah samar untuk dirasakan oleh hampir semua level manusia. Keadaan inilah yang jarang difikirkan manusia yang sibuk dengan pengetahuan normatif tanpa menghayati inti dari sebuah penghambaan itu sendiri.

Ujian yang akan meninggikan derajat manusia lazimnya adalah segala sesuatu yang berlawanan dengan kriteria memanjakkan sisi hewani seseorang. Terkucilkan, dihina, miskin papa dan apapun yang jauh dari hal Rofahiyyah inilah sebagian sebab utama terbangunnya  kesucian hati   atas efek hadirnya kemaha sucian cintaNya.

Ilmu Mafaat

Waqul Rabbi Zidni Ilma – ayat ini yang menyatakan secara tegas tentang manfaat ilmu. Dalam beberapa hadis sohih, Rasulullah juga sering berdoa agar dijauhkan dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat. Apakah kriteria ilmu Nafi’ yang sesungguhnya.?

Banyak manusia berhenti  memahami syariat agama hanya pada sisi syariah ibadah saja.  Syariat, baik ibadah maupun muamalah adalah wasilah agung akan keberlangsungan hidup yang sejalan dengan ajaran- ajaran Rasulullah. Karenanya sebelum terjun pada sebuah pekerjaan apapun maka  pondasi syariat wajib  dipelajari demi meraih ridlho serta keberkahan hidup dariNya.  Agar kelak semua gerak langkah sesuai dengan ajaran agungNya.  Pijaknan inilah yang  akan mengantarkan pada  ilmu manfaat di alam fana ini.

Manfaat ilmu

Ilmu manfaat bukanlah terbatas pada gambaran seorang pelajar atau santri yang sukses menyebarkan apa yang ia dapat dari para gurunya untuk dibagi pada masyarakat awam sementara dirinya terjerumus dalam kealpaan Rofahiyyah yang ia raih dari sebuah label ‘suci’ dan ketenaran yang sebenarnya sangat membahayakan. Manfaat ilmu adalah kelak ketika manusia sukses mempertanggungjawabkan semua perbuatannya kelak ketika  dihadapkan dengan dzat  sang maha Tahu, hari dimana harta dan anak-anak kita bukan lagi menjadi kebanggaan kecuali mereka yang datang dengan hati yang selamat.

Wallahu A’lam

02 sawwal 2013

Coretan lama Sayyed Edisi Saudi :

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Sayyed Tidur Disamping Jasad Nabi

Oleh-oleh Haji Khas Timteng dan Madu Terbaik Dunia

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

2 Comments (+add yours?)

  1. Hafidh
    Aug 09, 2013 @ 15:59:52

    Yeah, nice word
    Sangat memberikan penerangan pada orang awam seperti saya agar tidak terjebak pada muslihat setan. Apa lagi momen yang sangat tepat tuk menyejykkan jiwa di hari yang fitri ini. Minal aidzin wal faidzin ya…

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون