Amalan yang Sanggup Merubah Takdir


rich  man

rich man

Sayyed ep BikailaRobbi.wordpress.com

Nisfu Syaban diyakini oleh mayoritas umat Islam dengan malam yang sakral. Malam dimana Malaikat pencatat amal melaporkan semua catatan baik dan buruk manusia dalam setahun yang telah lewat dan dimulainya lembaran catatan amal baru.

Pergantian catatan amal seperti ini juga terjadi setiap hari dan minggu seperti yang telah dibahas Sayyed pada tulisan : Malaikat Cuti Libur.

Merubah Taqdir ?

Qodho atau ketetapan Tuhan adalah sesuatu yang statis tidak akan bisa berubah-ubah (mubrom). Segala sesuatu entah baik maupun buruk akan berjalan sebagaimana mestinya seperti yang telah tersirat di Laukhil Mahfud pada zaman azali sebelum penciptaan bumi dan manusia.

Qodho mubrom bagi kebanyakan ulama Tauhid adalah hak preogatif Tuhan yang tidak dapat dirobah oleh apapun. Karenanya manusia hanya bisa pasrah menerima dengan sabar dan ikhlas.

Qodho Muallaq

Almaqdhi diartikan dengan takdir yang bersifat ihtiari – manusia diberi pilihan- sendiri oleh dirinya untuk bebas menjalankan kebaikan maupun sebaliknya. Ihtiar yang seperti ini adakalanya diridhoi Allah dan tidak diridhoi.

Syaqi am Syaed -Celaka atau Selamat?

Takdir buruk yang tercatat dalam ketetapan menurut sebagian Ulama bisa dirubah dengan beberapa amalan-amalan, baik berupa doa, silaturrahmi, sodaqoh atau lainnya. Dalam ALquran Allah berfirman : Allah akan menghapus apapun yang Ia mau atau menetapkannya, dan baginya Ummul kitab. [Arra’ad 39].
ayat ini difahami oleh sebagain Ahli Tafsir sebagi pengukuhan adanya takdir atau ketetapan yang mungkin bisa direvisi. Takdir buruk menjadi baik, baik menjadi lebih baik. seperti diriwayatkan juga oleh Ibnu Masud dan Sayyidina Umar R.a

Dalam praktek kebiasaan Ahlissunnah wal Jamaah mereksa mengapreasikan pendapat para mufassir terkait mafhum dari ayat diatas, maka ritual Nisfu Sya’ban berupa sholat sunnah (mutlak) dua rakaat dengan niat nisfu syaban dan membaca surat yasin 3 kali dengan niat masing-masing Bukanlah sesuatu yang Bidah.

Amalan baik tersebut adalah wujud dari usaha seorang hamba yang mengharapkan perubahan ketetapan buruk menjadi takdir yang baik dan menyelamatkan iman Islamnya.

Apakah sholat, bacaan Yasin dan doa di malam nisfu syaban adalah seauatu yang buruk hingga dengan lancang mengklaim sebuah label kesesatan?

Niat baik, cara yang baik dan amalan sesuai syariah adalah seauatu yang dibolehkan agama. Banyak hal-hal baik yang dilakukan oleh sahabat dan Tabiien setelah Rasulullah wafat dan Nabi Saw tidak mengamalkan bahkan tidak menyuruhnya.

Sesuatu yang ditinggalkan Nabi tidak otomatis menjadi Haram. Seperti menulis wahyu, membukukannya jadi satu. Adzan Jum’at dua kali, jammah Tarawih, penghapusan haq zakat bagi muallaf, isrighosah dan lain- lainnya adalah bukti nyata masalah ini.

Wallahu A’ lam

Nisfu syaban Terakhir Sayyed

kajian atTarku laisa Bihujjah -meninggalkan sesuatu amalan bukanlah hujjah – amalan yang tidak dikerjakan Rasul dan diamalkan oleh sahabat dan umat setelahnya adalah perkara yang minimal dihukumi mubah/ allowed. kecuali ada Nas jelas dari Alquran dan hadis terkait larangan-larangan tersebut.

Reffer : Ma Pal Fauzi

Tafsir Baghowi – surat Arra’ad 39

Alghumari – Kitab Attark

Nikmati Coretan Lawas Sayyed

Malaikat Cuti Libur?

Catatan Hitam Sayyed

Sarung Hanya untuk Pria Beristri

Hatimu Jawaban

Rahasia Haji Mabrur ..WOw!

Penikmat Dosa Yang samar [miris]

Hakikat Ujian dan Adzab Tuhan

Jambret Masjidil Harom

Terusir dari Masjidil Harom

Tidur Disamping Jasad Nabi

Basa Basi Memalukan

Curhatku padaMu Muhammad

Batas kesadara Pemabok!

dll dll dll ..

2 Comments (+add yours?)

  1. Anonymous
    Jun 25, 2013 @ 22:33:35

    bagaimana pendapat anda tentang sholat sunnah khoir?

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jun 26, 2013 @ 04:37:15

      Sama ama sholat-sholat mutlak lainnya.
      Jika tidak dilakukan pada waktu2 terlarang maka tdk apa2.
      Hukum sholat sunnah mutlak sendiri dibolehkan dalam Islam.

      Salam kenal
      Sayyed

      Like

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون