Menahan Amarah di atas Sabar


sayyedep

sayyedep

Sayyed Ep BikailaRobbi

 

Marah adalah salah satu sifat perangai buruk rendah diri dan naif yang sering diluapkan oleh manusia-manusia  lalim yang tidak snggup menahan sisi setan mereka. Entah mereka pemilik kekuasaan atau bukan, sikap

ini adalah hasil dari dominasi ego sentris yang meluap tanpa kontrol.

Efek Buruk Egoisme

Teori pengangkatan derajat manusia oleh Allah swt sangat berbeda dengan apa yang pernah fikirkan kapanpun. Dimusuhi dan dibenci masyarakat karena kebaikan kerap muncul ketika hati yang hasud (dengki) iri dan merasa tersaingi menjadi tabiat manusia pendendam. Seakan semua kelicikan yang mereka pegang akan membuat hatinya dipenuhi dengan kepuasan batin. Bukankah egoisme seperti ini adalah ajaran iblis yang menyatakan :aku lebih baik dari dia. Percayalah hati yang dipenuhi dengan semua kriteria tersebut akan berbalik menjadi tabiat asli yang menghantrakan pada jurang yang terdalam bernama nestapa.

Sunnah yang Hilang

adalah sifat Khilm (menahan amarah) yang akan sanggup memecahkan egosentris manusia-manusia pemilik nafsu amarah. Sifat ini seringkali dipraktekkan  Rasulullah ketika dihadapkan dengan orang orang yang tidak atau belum mengerti banyak tentang Muhammad dan ajarannya. Ya Allah berikan mereka hidayah, sesungguhnya mereka tidak mengerti

.

Jiwa humanisme Nabi yang memanusiakan manusia sangat menyentuh hati para sahabat sampai musuh-musuhnya sekalipun.

Sifat khilm telah membuat Muhammad semakin berkharisma dengan kehalusan dan kasih sayangnya memaafkan para sahabat yang tidak mematuhi aturan Nabi tetkait kekalahan pasukan Muslim di perang Ukhud. Andaikan MUHAMMAD seorang yang pemarah, keras kepala dan semena mena niscaya agama ini telah bubar sebab kesalahan sahabat sahabat itu.

Ingin diMusuhi dan Terhina

Abu yazid albustami hampir selalu berpiñdah tempat tinggal ketika ada orang yang mengenal dan berbuat baik kepadanya. dia malah menikmati ketika masyarakatnya mencaci marah dan memusuhinya. Karena dengan demekian dia merasa menjadi manusia paling hina dan banyak salah walaupun hakikatnya dia adalah bhamba sejati dihadapanNya.

Dunia memang erat dengan misteri misteri Tuhan. Ini adalah ladang invest amal dan kebaikan. Kebencian dan hasud kedengkian hanya akan meluluh lantahkan semua amal baik kita menjadi sia sia layaknya debu yang dihempas angin.

Sayyed Jumat 19 April 2013
G UNIT SAVE MADINAH

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون