Khotbah Jumat Tiga Menit?


ep sayyed

sayyed ep

Khotbah Jumat Tiga Menit

“Banyak pendengar / murid yang memiliki kesempatan menerapkan pengetahuannya  dibandingkan  da’i itu sendiri”- alhadis.

Khotbah Stetelah Jum’at – Format Baru

Sayyedd ep. bikailaRobbi.wordpress.com

Pelaksanaan khutbah, baik dalam sholat fardlu maupun sunnah lazimnya dilakukan setelah sholat  usai. Begitu juga khotbah jumat. Format  pergantian waktu khotbah dari setelah sholat Jumat menjadi sebelum sholat disebabkan karena pada masa awal-awal Islam pernah ada satu kejadian   yang membuat Rasulullah marah besar.  konon saat sholat jumat usai dan khotbah sedang dimulai, ada sekelompok masyarakat pedalaman Arab yang menjajakan barang daganganya di sekitar pelataran Masjid Nabawi. Setelah mendengarkan suara ramai diluar Masjid,  sebagian besar sahabat nabi lebih memilih untuk  keluar  mendatangi pedagang daripada mendenganrkan khotbah dari Rasulullah.  sementara  sahabat yang masih setia mendengarkan Khotbah hanya  beberapa orang saja ( ada perbedaan riwayat  tentang jumlah ini).  satu riwayat mengatakan :  empat sahabat, duapuluh satu, empat puluh  dan lain sebagainya. Perbedaan jumlah ini yang nantinya menjdi landasan sahnya sholat jumat. Masyarakat Indonesia yang menganut Madzhab Syafii memilih  riwayat emapt puluh, sementara madzhab lainnya cukup dengan empat atau duapuluh orang saja tidak termasuk sang Khatib.

Pasca kejadian ini Rasulullah mengalihakan khotbah jumat menjadi sebalum sholat seperti yang sekarang dipraktekkan  seluruh umat Islam dunia. Larangan bertransaksi jual-beli   setelah adzan jum’at pun dijelaskan langsung melalui  Alquran surat Al-jumat [ayat-9-11]. Meskipun demikian beberapa pendapat menjelaskan bahwa  anjuran untuk melakukan transaksi walaupun hanya sekedar tawar-menawar setelah melaksanakan Sholat jumat adalah sunnah mengingat adanya perintah untuk melalkukan ini dalam akhir ayat tersebut.

Sayyed ep
Sayyed ep

Khotbah Tiga Menit

Mungkin ini trerlalu sederhana, tapi jika dipraktekan dan hanya menjalankan rukun-rukun khotbahnya saja maka tiga menit bukanlah hal yang mustahil. Hamdalah, Sholawat, Berwasiat takwa, membaca satu ayat yang memahamkan dan terakhir Doa untuk muslimin muslimat. Kelima rukun ini  dibacakan dalam dua kali khotbah dan harus di dengarkan oleh empat puluh laki-laki yang menjadi standar sah-nya sholat jumat.  itulah kewajiban mutlak para Khotib Jumat.

Kenyataannya para khotib lebih bersemangat ketika memberikan materi dan curhat mereka hingga mengakibatkan jamaah tertidur [ sebgian pasti terlelap dan batal wudlunya – dan ketika iqomat tiba mereka langsung sholat tanpa mengulang wudlunya], sementara  hal-hal yang berkaitan dengan rukun khotbah dibacanya dengan pelan, hampit tidak terdengar hadirin jumat.  Berdosakah khotib yang melakukan kesalahan ini?

Menminimalisir kejadian diatas bagi seorang khotib hendaknya memprioritaskan yang wajib daripada sekedar presentasi ataupun membaca teks-teks  pesanan itu. hadirin jumat pun dianjurkan untuk melakukan sunnah-sunnah nabi terkait sholat jumat, diantaranya mandi jum’at menjelang berangkat sholat. Jika memang tidak ada waktu, maka demi menanggulangi rasa kantuk, lalkukanlah alternatif-altrernatif  lain, misalnya dengan  sengaja  datang terlambat atau ketika iqomat dikumandangkan. Hal ini sangat baik dibandingkan dengan mereka yang hadir lebih awal tapi  tertidur di masjid  saat khotbah hingga  tidak sadar bahwa wudlunya mungkin telah batal.

Salam Sayyed

Trima Kasih untuk pembaca yang telah menjadikan salah satucoretan iseng  Sayyed sebagai bahan khotbahnya.  Sempat (pongah) dan Tertegun mendapat kejujuran anda. Masya Allah la Quwwata illa billah.
salam Sayyed.

baca coretan saYyed lainnya di :

Jilbab Cuma Kedok, Gpp Kok?

Perempuan Penggoda dan Tergoda

inilah 9 Rahasia Tuhan!

Belenggu Jurnalisme Gossip

Ibadah untuK meraih Simpati Tuhan?

Wali Setan Dan Klaim Wahabi

Alqur’an Mainan?!

Rahasia Mukjizat Muhammad

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون