Ilmu Bekas dan bekas ilmuan (Jihad Hati)


Jihad Hati

Jihad Hati

Ilmu Bekas dan Bekas ilmuan

Sayyed ep @ bikailarobbi.wordpress.com

Cermin Masa Depan

Pengetahuan yang paling membekas dihati manusia adalah pengetahuan yang sudah menghasilkan bukti nyata dari jerih payah atas eksperimen-eksperimen melewati masa gagal dan berhasil. Ilmu bekas adalah ilmu para praktisi, apapun objek dan kajiannya.

Banyaknya akademisi dan juru khotbah penghapal teks dan teori yang mereka rangkum dari pelbagi buku perpustakaan adalah fenomena lama yang lahir dari wabah over confidence yang kian nyata. Ilmuan instant yang lahir tanpa memiliki keterkaitan guru dan bimbingan yang jelas akan menjadi bumerang tatkala mereka diminta untuk mempertanggungjawabkan teori dan solusi-solusi copy pastenya. Tidak dipungkiri terkadang hasil pemikiran dan riset-riset yang mereka temukan kadang begitu menakjubkan adanya, bahkan sanggup meredupkan teori lama yang sering dianggap usang dan cenderung normatif. karenanya diperlukan pendalaman dari kaidah lama yang seperti : berpegangan pada penemuan teori konservatif yang masih layak dan baik dengan tidak menafikan pola-pola baru yang lebih baik dan aktual.

Ilmu bekas

Para praktisi ilmu agama yang telah menyelami fase syariat dan thariqoh dengan maksimal akan konsisten menjalani kehidupanyang selaras hingga mereka tidak mudah merasa takjub atas segala fenomena alam yang sudah tersirat adanya. Menghukumi perselisihan tidak hanya dari hitam putihnya saja. Lebih dari itu para praktisi ilmu ini kerap melampaui zamannya hingga sanggup melihat perbedaan dari segala sudut pandang yang jarang difahami oleh para cendikiawan syariat terkait humanisme dan psikologi objeknya.

Sifat kasih yang diajarkan Muhammad lebih didahulukan daripada ‘mengobral murah ’ ayat atau hadis-hadis Nabi yang sebenarnya memiliki makna sangat luas akan tetapi sering dijadikan korban keebenaran sepihak dan absolut dengan dalih nafsu terselubung untuk mendiskriminasikan satu golongan tertentu. Sayangnya ilmuan yang seperti ini sudah jarang dan langka atau mungkin sengaja tidak menampakkan dirinya di khalayak ramai hanya karena tidak ingin terlalu sibuk dengan hiruk pikuk yang kerap menjadi ajang arogansi para cendikia dan penguasa lalim.

Bekas ilmuan

Bekas ilmuan adalah ilmuan labil yang kerap menjadi pecundang, cengeng dan mudah terprovokasi dunia luar. Ilmuan yang tidak meresapi bagaimana perjuangan menjadi pewaris para nabi. Apakah Nabi tidak berbuat baik dan memprioritaskan nilai kasih sayang dan humanisme sejati bahkan dengan musuh-musuhnya. Kisah perjuangan para sahabat dan tabiien yang rela mati demi tegaknya panji syariah. Atau Kisah tragis Cucu Rasulullah Sayyidina Husain ra yang meninggal dengan kepala terpenggal demi jihad melawan perpecahan Umat Muslim.

Bekas ilmuan tercerminkan dari sosok da’i yang sibuk berkhotbah memecah belah umat atau mereka yang rela menjadi alat bagi para penguasa lalim demi sesuatu yang sebenarnya sangat remah. gambaran bekas ilmuan ini lebih mengerikan dari lilin yang menerangi mahkuk disekitarnya sementara ia sendiri terbakar dan tidak sadar akan keaalpaan jiwanya.

Entah apa yang terjadi ketika bekas ilmuan merambah menjadi sebuah lahan basah dikala budaya ulama pop telah menjangkit hingga ke pelosok-pelosok negri ini. jihad egoisme dan kepekaan pada dunia sosial telah meredup atau mungkin telah mati. sebaliknya apa yang terjadi sekarang adalah cerminan bahwa tanda kiamat kubro memang sudah selayaknya hadir dan nyata adanya.

Court

Seringkali saya lupa bahwa ketika telunjuk menunjuk satu orang atau golongan, maka empat jari lainnya mengarah pada diri sendiri. Bukankah ini menandakan bahwa sebelum memberikan dakwah kepada orang lain sebaiknya kita sendiri yang mempraktekanya dulu, dan bukan Cuma satu kali bahkan harus empat kali agar praktek nya telah mendarah daging (menjadi ilmu bekas dipakai). Disinilah letak perbedaan yang palingmencolok antara bekas ilmuan dan para praktisi ilmu bekas.

Instead :

perintahkanlah kebaikan walaupun kalian tidak melakukannya.

Perhatikan apa yang diucapkan jangan perhatikan siapa orang yang mengucapkan –

Wallahu A’lam

Semua Salah – Error Mirror

Sayyed EP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون