Salah Kaprah Sekolah Agama (ilmu Agama versus sekuler)


Malcom X - Muhammad Ali

Malcom X – Muhammad Ali

Salah Kaprah Sekolah Agama (ilmu Agama versus sekuler)

Sayyed Ep : BikailaRobbi.wordpress.com

Quranic  Sciences

“Kajian Al-quran dan kajian alam semesta adalah satu kesatuan integral”

Gengsi sekolah agama dikalangan anak muda semakin hari   semakin melonjak, tidak heran jika sekarang  banyak golongan  yang  sengaja menjadikan agama sebagai candu yang dianggap berlawanan dengan standar  kehidupan moderen.   Penilaian prematur tentang agama inilah yang memasung pemahaman awam. Di benak kita agama kerap dibatasi dengan sesuatu yang berlabel arab, dalil-dalil  al-quran dan hadis maupun  perkumpulan anak muda yang sekarang sedang menjamur dengan gaya LIQO nya.

Semua yang dipelajari dan dipraktekan dalam keseharian manusia  di dunia adalah agama. Makna syariah adalah jalan, cara, teori.  Karena itu  syariah Islam adalah tata cara kita hidup dengan berlandaskan tuntunan ajaran Islam, apapun pekerjaaan dan kesibukkan seseorang pasti tidak akan lepas dengan syariah.  Alquran adalah kitab petunjuk yang membahas segala-galanya. Segala teori pelajaran yang ada di fakultas –fakultas liberalpun banyak berserakan disana. Hanya saja apakah itu sejalan dengan semangat Islam yang di ridhoi Allah Swt atau ambisi-ambisi golongan Firaun, Hamman dan Qaarun yang dilegalkan oleh Saython nirrojiem?

Alquran bukan kitab monoton yang hanya  membahas  Tauhid dan Fiqih saja,  semua diskursus keilmuan  di seluruh  Perguruan tinggi di bumi manapun pasti memiliki keterkaitan dengan teori yang ada dalam  Alquran. Sadarkah ketika anda  mendalami  Astronomi, politik, psikologi, kimia , arsitektur, IT  dan cabang ilmu-ilmu lainnya yang sering kita kita  anggap  bukan sebagai ilmu Islam / agama, tapi kenyataannya   Semua itu  termasuk ilmu Alquran.    Mungkin banyak yang terjebak dari judul, pengarang dan penemuan-penemuan ilmuan barat, sehingga apa yang dipelajarainya seolah-olah murni hasil dari ijtihad mereka. Bukankan Pengetahuan adalah Anugrah, layaknya  anugrah-anugrah Allah lainnya yang diberikan ke semua mahluknya tanpa melihat latar belakang kepercayaannya. Anugrah  Ilmu juga demikian.  Banyak  pendahulu kita, ilmuan muslim yang dijadikan rujukan sarjana-sarjana Barat  semisal Averuz, Avecina, Aljabbar, Albiruni, dan lain sebagainya.

Intinya  segala ilmu memiliki urgensinya masing-masing .  sebagai muslim, tentunya kita lebih memilih ilmu yang sangat erat dengan kemaslahatan dunia aherat daripada memprioritaskan ilmu dunia saja. Toh ilmu-ilmu yang katanya “umum” itu juga fardlu kifayah untuk dipelajari, karenanya jika tidak ada satupun Umat muslim mempelajarinya maka dosalah semua muslim pada daerah tersebut.  Lebih jauh Imam Haromain menegaskan bahwa kewajiban yang bersifat kolektif lebih utama dibandingkan kewajiban individual.?

Masih menganggap ilmu umum bukan ilmu Alquran?

Hmmmm …belum pernah ngaji ekonomi, filsafat, astronomi.. walaupun tidak ada embel-embel syariahnya, mereka  adalah produk penalaran dari interpertasi  yang sebenarnya  sudah termaktub dalam mafhum Alquran. So untuk apa label syariah kalo hanya dijadikan sebagai proyek rebutan kaum elite semata…. ):

Back To holy Intuition : Li Ihyai Syariah Wa Izalatil Jahalah–

 

G-unit dorm 24 07 2012 …

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون