Inilah (malam) Lailatul Qodar Sesungguhnya!


Lailatulqadr

Lailatulqadr

Inilah (malam) Lailatul Qodar Sesungguhnya!

Sayyed Ep BikailaRobbi.wordpress.com

Berbeda dengan pandangan madzhab Malik, Syafii dan Hambali yang beranggapan  bahwa lailatul qadar hanya terjadi di bulan Ramadhan, Imam Abu Hanifah mengatakan malam yang sangat sepesial bagi umat Muhammad ini tidak terjadi hanya pada bulan suci Ramdhan saja seperti yang telah diyakini oleh mayoritias umat muslim, akan tetapi malam mulia itu mungkin juga terjadi pada bulan-bulan lainnya.

Menguatkan argumen madzhab Hanafi, Ali Khowwas seorang ulama sufi juga berpendapat bahwa malam lailatul qadar adalah semua malam yang dilalui oleh seorang hamba dengan kekhusu’an ibadah mendekatkan diri pada sang sang Khaliq, entah itu bulan Ramadhan atau bukan. Makna lailatul qadar seperti ini mematahkan argumen ulama yang mengatakan bahwa lailatul qadar hanya terjadi satu kali dalam tiap tahunnya, serta argumen orang-orang yang menghususkannya pada malam bulan Ramadhan.

Lebih jauh, Imam Sya’roni salah seorang ulama berpengaruh dari Mesir memiliki saksi hidup perihal terjadinya lailatul qadar di luar bulan Ramadhan. Dalam kitabnya Mizanul Kubro, beliau menceritakan bahwa saudaranya yang bernama Afdhaluddin pernah melihatdan merasakan  lailatul qadar pada bulan Rabiul Awwal dan Rajab, dia berkata: makna ayat ‘Inna anzalnaahu fi Lailatul qadar’  adalah malam pendekatan. Karenanya semua malam yang dilalui dengan taqarrub mendekatkan diri pada sang pencipta maka malam itu adalah malam lailatul qadar yang sebenarnya.

Meskipun banyak hadis yang menyinggung penghususan lailatul qadar pada bulan Ramadhan hal itu tidak menafikan terjadinya malam mulia ini pada bulan-bulan lainnya. Karena menurut versi Abu Hanifah lailatul qadar adalah ‘Jenis’ ( dari dari berbagai hakikat Taqorrub). Meskipun demikian, lailatul qadar di bulan Ramadhan lebih sering terjadi dibandingkan bulan lainnya. sebab pada saat puasa, hati mayoritas manursia menjadi lembut dan mudah mendapatkan pancaran nur ilahi, tidak seperti bulan lain dimana hati mereka sangat keras.

Semoga kita mengalami malam-malam mulia ini hingga menjadi hamba aka Abied  yang permanen. Berkat berkah dan kemuliaan mengikuti jejak sang RASUL Muhammadku. Amen

Wallahu a’lam. Salam Sayyed EP

Mizan Kubro n Ma Rule!

-coretan lama:

Rahasia Ungkapan : Ramadhan karim

Tidur disamping Jasad Nabi??

Alquran Bukan Mainan Anak-anak

Caci Maki SahabatKu

Bahaya Blog Sayyed EP

2 Comments (+add yours?)

  1. Ikhwan
    Aug 03, 2012 @ 07:14:29

    subhanaal semoga kita bisa meningkatkan ibadah dan ketaatan dima lama yang penuh berkah ini

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون