Hikmah Dibalik kesalahan dan Lupanya Rasulullah?


Sayyed Ep

Sayyed

Rahasia dibalik Lupa dan Khilafnya Rasulullah ?

Sayyed EP BikaiLaRobbi. inc

sebelum menjudge sebaiknya baca ini : Maksiat lahir dan Taat Batin

Tidak dipungkiri bahwa Rasulullah Muhammad adalah sosok publik figur yang paling banyak dibicarakan manusia sejagat raya ini. Sosok mulia yang memang tidak memiliki aib baik dari sisi lahir maupun batin. Pun begitu, tak jarang  kita sering mendengarkan  klaim-klaim negatif terkait pribadi dan kehidupan  sang Nabi, bahkan dari golongan muslim yang mengaku  paling relegius dan  berpegangan dengan Alqur’an dan Sunnah nabinya.  Penilaian relative dari manusia awam memang sangat bertentangan dengan penilaian khusus dari mereka yang memahami jiwa Muhammad dari hakikat yang sebenarnya.  Toh bagaimanapun sebenarnya  tidak ada yang mampu memahami derajat kemuliaan pribadi Muhammad secara benar-benar benar.  Bukankah untuk menilai sesuatu pastinya penilai harus memiliki kriteria diatas orang yang di nilai atau uji? Karenanya hanya Alllah Swt lah yang tahu siapa sebenarnya sang Kekasih Sejati ini.

Masalah keterjagaan Muhammad dari segala bentuk dosa baik kecil maupun besar adalah sebuah keniscayaan dari predikat al’masum  yang disematkan  Allah Swt untuk semua nabinya. Bagaimana mungkin orang yang selalu terjaga dari dosa bisa melakukan hal-hal yang salah  dan negatif? Bukankah tidak sedikit umatnya dari manusia biasa khususnya para praktisi Tazkiyah Nafs ( Golongan orang yang konsentrasi menjaga dirinya dari semua sifat tercela) juga  hampir tidak pernah  melakukan sesuatu yang dilarang (haram), bahkan menjauhi segala amalan walaupun sebatas perkara  yang makruh maupun mubah yang masih diperdebatkan (subhat). Mereka  sangat inten untuk memasung diri dari  semua gerak-geriknya  kecuali amalan tersebut adalah perkara yang wajib dan sunnah saja.

Kesalahan Muhammad

Fakta mengenai kesalahan Muhammad telah banyak di singgung, baik itu dalam Al-qur’an maupun atsar Hadis yang diriwayatkan para sahabatnya. Bukankah Muhammad pernah mensholati, mendoakan, mengubur dan memberi salah satu bajunya untuk dijadikan kafan Raja Munafik –Abdullah bin ubai bin salul- hanya  karena anaknya raja munafik tersebut merupakan salah satu sahabat loyal sang nabi?  Bukankah Muhammad pernah sholat dengan mengenakan sandal yang najis?  Muhammad juga pernah lupa untuk menggenapkan sholat Duhur empat rakaat, sehingga Sahabatnya –Dzul yadain- harus menegur kesalahan itu?  Dan masih banyak lagi kesalahan dan keluputan yang sejatinya adalah hal yang fatal bagi seorang Nabi?

Ada apa dengan sifat keterjagaan (ma’sum) Muhammad,  sementara kita meyakini  se yakin-yakinnya bahwa  Allah swt sangat total dalam menjaga kehormatan derajat dan kemulian sang nabi. Jika faktanya memang pernah melakukan hal yang tidak lazim dan itu merupakan aib yang besar.  Apakah masih laik  gelar sang Kekasih sejati, al’ma’sum, sang nabi dan Rasulullah ini disematkan kepada Muhammad!! Muhammad pun mengakui bahwa dirinya pernah lupa : Saya juga bisa lupa ( sengaja dilupakan oleh Allah) seperti kalian semua, jika memang saya lupa maka ingatkanlah saya ( HR BUKHORI)??

Muhammad Tidak Salah dan Tidak Lupa!

Masalah lupa atau kelupaan yang kadang muncul dari pribadi nabi tidaklah menjadikan beliau tercela atau turun derajatnya, karena yang dimaksud lupa disini adalah lupa bukan karena tidak terjaga atau tidak konsentrasi dengan sang maha melihat dan waspada, melainkan sengaja dilupakan Allah untuk dijadikan hukum-hukum  syariah yang benar. Sebaliknya, manusia biasa akan kerap lupa dan memang pangkal dari lupa dan kesalahan.  Untuk sekedar diketahui, bahwasanya semua gerak-gerik amalan keseharian  Muhammad dihukumi sebagai sesuatu yang wajib dan diganjar dengan pahala wajib (70 kali lipat dibanding pahalala sunnah). Kok bisa?  Ia, Muhammad di utus untuk memberikan penjelasan -tabligh–  kepada umatnya tentang masalah-masalah kehidupan, baik  terkait ibadah maupun muamalah antar manusia.

Jika kita menyadari  bahwa semua yang dilakukan oleh Muhammad -baik itu kelihatannya salah atau lupa-   akan berimbas pada penjelasan dan pelajaran hukum-hukum syariah, maka jelas sudah bahwa Muhammad sengaja diberi sifat lupa bukan karena hatinya yang alpa. Melainkan karena keluputan dan kesalahan tadi sekaligus memberikan pelajaran kepada para sahabatnya agar ketika mereka lupa atau salah  dapat mengikuti bagaimana cara yang  benar dan sesuai ajaran Nabi. Dan ini merupakan salah satu cara dakwah para Nabi kepada umatnya. So, sebenarnya semua sekenario dari  sosok  Muhammad ini diserahkan kembali kepada Sutradara  Kehidupan ini. karena DIA lah yang mengatur segala-galanya.

Wallahu A’lam

Cirebon G– Unit Dorm 08 01 2012 –  Duhur menjelang Ashar… Markas G-united

Ingatan Lama, harap hati-hati dan koreksi lagi ?!
Klick Tulisan -tulisan Galau Sayyed EP :

KeBaikan Sufi Awam = Dosa Para Shalihin ???
Mendekap Sang Rindu :

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Cinta Usah di Mengerti

Mengenangmu

Nimat Bercinta Denganmu

3 Comments (+add yours?)

  1. aaaa
    Jan 12, 2013 @ 08:59:12

    “Fakta mengenai kesalahan Muhammad telah banyak di singgung, baik itu dalam Al-qur’an maupun atsar Hadis yang diriwayatkan para sahabatnya. Bukankah Muhammad pernah mensholati, mendoakan, mengubur dan memberi salah satu bajunya untuk dijadikan kafan Raja Munafik –Abdullah bin ubai bin salul- hanya karena anaknya raja munafik tersebut merupakan salah satu sahabat loyal sang nabi? Bukankah Muhammad pernah sholat dengan mengenakan sandal yang najis? Muhammad juga pernah lupa untuk menggenapkan sholat Duhur empat rakaat, sehingga Sahabatnya –Dzul yadain- harus menegur kesalahan itu? Dan masih banyak lagi kesalahan dan keluputan yang sejatinya adalah hal yang fatal bagi seorang Nabi?”

    Dimane bro kesalahan kanjeng Nabi SAW? Ada di hadits? Jangan ngarang-ngarang deh! Nulis penyebutan buat nabi aja langsung sebut nama, gak sopan! Nggak usah mencari-cari kesalahan orang deh, cari kesalahan diri sendiri dulu! Apalagi orang lain yang dimaksud adalah seorang yang mulia dimata Tuhan!

    Like

    Reply

  2. Sayyed EP
    Jan 12, 2013 @ 19:14:38

    waalaikumsalam

    Monggo dibaca lagi sebelum menilai hanya dari judul.

    Kalo cuma mengklaim dan marah-marah Mungkin coretan berikut sedikit menjawab lebih dingin🙂
    Perspektif syariat lahir pasti akan menganggap ini sebagai hal yang mengada-ada. Bagaimanapun hikmah dan rahasia hakikat tersirat dalam semua yang berkaitan dengan kesalahan dan lupanya para Nabi. Sekenario pembelajaran, cara bertobat dan menjalani qhodo mubrom adalah sebuah keniscayaan.

    Maka dari itu, ketika manusia tidak menjangkau apa yang terlihat secara lahir bertanyalah pada orang-orang yang memiliki basyiroh dan pandangan luas dalam syariah. tunda penilaian apapun sampai rahasia-rahasia itu sedikit difahami.

    Kisah Khidir dan Musa adalah contoh kongkrit bagi manusia yang membutuhkan pemahaman dengan sabar dan hati-hati. seandainya Musa sabar maka bukan tidak mungkin ia akan diberi keilmuan yang sama dengan Khidir.

    Maksiat Lahir Taat Batin?

    Tidur disamping Jasad Rasulullah
    Wahabi adalah Syiah
    Berdialog dengan Muhammad
    Sisi buruk adat Jawa
    Kerudung hanya kedok. gpp!
    ALQURAN MAINAN

    Ujian Akhir Kesabaran.. Anda Pasti GAGAL TOTAL!!!

    Like

    Reply

  3. tabuti
    Jun 12, 2014 @ 08:30:07

    maaf saya mau bertanya…. saya pernah menjumpai suatu tulisan dimna dalam tulisan itu menyertakan sebuah hadis yang konon di riwayatkan oleh Aisyah ra. dalam hadist tersebut yang kurang lebih begini bunyinya :

    Hadis riwayat Aisyah ra.:
    Bahwa Nabi saw. mendengar seorang laki-laki membaca Alquran tengah malam. Beliau bersabda: Semoga Allah merahmatinya. Sungguh ia telah mengingatkan aku ayat ini dan ayat ini yang aku terlupa ayat surat ini dan surat ini.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون