Sarung, Hanya Untuk Laki-laki Ber-Istri


sayyedep

Sayyedep

Sarung, Hanya Untuk Laki-laki  Ber-Istri

Curhat iseng : Sayyed EP aka Ayep2Pac

Sarung, Sarong, izar apapun namanya adalah nama lain dari kain  panjang  persegi empat  untuk menutup aurat bagian tengah kebawah  dan lazim dipakai  masarakat Asia  untuk melaksanakan ritual sholat atau pengajian-pengajian.  Persoalannya apakah sarung merupakan produk budaya lokal atau memang ada anjuran Syariah untuk memakainya?

Standar pakaian yang baik dalam kajian syariah sebenarnya sangat sederhana sekali. Pakaian yang sopan, tidak neko-neko dan memiliki satu corak warna yang tidak mencolok  sudah cukup untuk memenuhi batasan penutup aurat yang memang wajib kita tutupi. Memang ada warna-warna yang menurut sebagian riwayat dihukumi  makruh jika sering kita pakai, seperti warna hitam dan merah. Selain itu warna putih atau pakaian yang agak transparan juga tidak dianjurkan bagi kaum perempuan, masalah ini  merupakan sebab musabbab  mengapa di daratan Arab sana, semua busana perempuan didominasi dengan warna hitam. Tak lain adalah agar aurat mereka lebih tertutup dari laki-laki. Bukankah aurat perempuan diluar sholat adalah seluruh tubuhnya kecuali dalam masalah muamalah?

Bagaimana Standar Pakaian Nabi?

Semua yang ada dari Nabi pasti baik, tapi belum tentu akan menjadi kewajiban atau sunnah secara mutlak bagi umatnya.  Sebagai manusia yang hidup di dataran Arab Saudi dengan budaya jahiliyyah, Muhammad memilah-milah mana budaya yang sesuai dengan Syariat dan mana yang menyimpang. Memang Nabi sering menggunakan Gamis ( baju  panjang terusan sampai atas mata kaki) karena gamis adalah pakaian yang simpel dan lebih menutup aurat daripada pakaian lainnya. Beberapa riwayat juga menyatakan bahwa nabi menggunakan izar atau sarung dan baju pria ( mungkin kemeja atau baju kokoh seperti zaman sekarang). Imam Ibnu Hajar al-Makki juga mengatakan bahwa Nabi memiliki beberapa celana yang diberi oleh sahabatnya, tapi sampai meninggal Ia tidak sempat untuk memakainya. Hal inipun tidak menunjukkan bahwa nabi tidak menggunakan celana, mungkin saja nabi menggunakannya tapi tidak dilihat atau diperhatikan oleh sahabat waktu itu, atau ada istialah lain yang menamakan celana (Bahasa arab prokemnya :sarowil) dengan bahasa lainnya.

Warna pakaian Nabi sangat variatif. Beliau diriwayatkan sering menggunakan kain  warna putih, hijau dan terkadang menggunakan warna hitam dan merah. Riwayat ini jelas menjawab orang yang berpandangan bahwa menggunakan warna Merah dan Hitam adalah makruh. Warna putih sangat dianjurkan karena pemakainya  diharapkan bisa untuk selalu  low profile. Disisi lain, warna putih  akan  mengingatkan kita pada kain kafan dimana manusia akan dibungkus dengan warna itu ketika mati kelak.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa menggunakan kain sarung dalam setiap ritual bukanlah merupakan salah satu keharusan yang mesti kita ikuti. Apapun bentuk pakaian selama itu  menutupi batas wajib ‘aurat’, suci, sopan dan sesuai dengan adat yang  lumrah maka sudah mengikutti standar yang dianjurkan sang Nabi.

Malah menurut guru penulis yang alumni salah satu  Universitas di Baghdad, Irak.  Di Irak, Sarung adalah pakaian  khas Laki-laki beristri yang ingin berhubungan badan dengan Istrinya, karena kebanyakan orang yang memakai sarung tidak menggunakan celana dalam… hehehehe. Hmmm, ah, masa iya. So bagaimana nasib santri dan Ulama indonesia yang mewajibkan sarung dalam segala aktifitasnya?

Sallam Sayyed..
silahkan nikmati hidangan berat lainnya :

Jilbab Hanya Sebagai Kedok, Why NOT?

Perempuan Penggoda dan Tergoda

inilah 9 Rahasia Tuhan!

Belenggu Jurnalisme Gossip

Ibadah untuK meraih Simpati Tuhan?

Wali Setan Dan Klaim Wahabi

Alqur’an Mainan?!

Rahasia Mukjizat Muhammad

Ceck Curahan hati sayyed lainnya :

Malaikat Cuti Libur ?!

Penikmat Dosa yang Samar

Amarah dan Cinta

Maha Karya Tuhan

Manusia Labil

Hakikat Ilmu

Janda Dan Duda @ first Nite

Wahabi Adalah Syiah

Manfaat Doa yang (TIDAK) Terkabul)!!!

Lailatul Qadar Sesungguhnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون