Manfaat Silaturrahmi Dengan Almarhum


Sayyed ep Next Level

Sayyed ep Next Level

Siapa bilang jalinan persaudaraan hanya dimiliki oleh mereka yang masih menjejakkan kakinya di bumi, silaturrahmi dianjurkan kepada siapapun tanpa mengenal ras, agama dan alam.

Silaturrahmi dengan keluarga yang sudah almarhum memang terdengar seram dan sekilas tak berguna, bagaimana mungkin orang yang telah kembali ke alam lain kita ajak berkomunikasi, bukankan ini merupakan perbuatan yang ganjil?

Mendatangi keluarga di rumah masa depan atau ziarah kubur dianjurkan setelah sebelumnya pernah dilarang. Aisyah ra pun di ajari oleh Nabi bagimana cara memberi salam dan doa untuk saudara-saudaranya yang telah almarhum. Para sahabat juga sering mendengar Nabi mendoakan para pendahulunya di perkuburan Baqi Madinah.

Mempererat tali silaturahmi dengan almarhum memiliki efek positif melebihi apa yang kita dapat dari orang-orang hidup. Setidaknya dengan semakin seringnya kita berziarah kubur otomatis peziarah akan sering merenungi masa setelah masa depan nanti.
Hmm mengapa harus ke orang yang telah mati?

Jika anda masih ragu dan tidak percaya bahwa almarhum memang tidak mendengarkan apa yang kita ucapkan maka renungkanlah :  Apa faidahnya anjuran memberi salam kepada mereka. bukankah mendoakan pendahulu kita yang seiman juga dianjurkan dalam Qur’an. al-hasr ayat 10.

Dan orang-orang (Islam) yang datang kemudian daripada mereka (berdoa dengan) berkata: “Wahai Tuhan kami! Ampunkanlah dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yang mendahului kami dalam iman,dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami perasaan hasad dengki dan dendam terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami! Sesungguhnya Engkau Amat Melimpah Belas Kasihan dan RahmatMu”.

wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون