Lebaran dan Kewajiban Pamer Baju Baru?


white lovers

white lovers

“Merayakan hari kemenangan ‘ied’ bukanlah diperuntukkan bagi mereka yang memakai baju baru, tetapi hakikat perayaan ied adalah bagi mereka yang kebaikannya selalu bertambah”.(Hikmah)

Ada dua waktu khusus bagi kaum muslimin dimana menjalankan  ke-sunnahan berpakaian putih maupun pakaian baru lebih utama daripada pakaian lainnya. ya, pakaian putih sangat dianjurkan ketika seorang muslim laki-laki hendak menjalankan ibadah shalat jum’at. pakaian putih mengingatkan kita pada keabadian hakiki dimana setiap orang kelak akan dikafani dengan kain kafan putih.sementara pakaian baru dikhususkan untuk mereka yang merayakan hari kemenangan “iedul fitri dan iedul adha”.

Berlebaran identik dengan pakaian baru,  memang ada keterangan hadis nabi yang menyarankan umatnya untuk memakai baju baru. Mungkin maksud dari penggunakan baju baru tersebut adalah agar kita sadar makna fitri yang sesungguhnya (kembali ke fitrah manusia suci tanpa dosa) yang terpancarkan dari sisi lahir manusia setelah berjihad melawan kecenderungan nafsu amarah dan lawwamahnya.

Mengikuti kebiasaan yang diterapkan pada seorang bayi suci yang baru dilahirkan yang dibungkus dengan pakaian dan asesoris serba baru . Begitu juga manusia yang telah menyucikan dirinya selama sebulan penuh, mereka layak memakai pakaian baru sebagai rasa syukur atas hadirnya hari kemenangan setelah melaksanakan perintah jihad akbar.

Dan diantara bentuk implementasi dari rasa syukur manusia kepada Allah adalah dengan memamerkan nikmat yang telah diberikan kepada manusia ( dalam fiqih Islam, keadaan pamer-pameran seperti ini diistilahkan dengan: Tahaddus binni’mah/Memperbaharui nikmat) seperti yang tersirat pada surat Adduha ayat sebelas “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan”.

Ibnu Kasir dalam kitab tafsirnya (menafsiri ayat sebelas surat Adduha) mengutip pendapat Ibnu Jarir seraya berkata : Umat muslim dulu mengangap bahwa sebagian dari bentuk rasa syukur mereka adalah dengan mengamalkan ritual pembaharuan nikmat atau tahaddus binni’mah. Menguatkan pendapat diwajibkannya bersyukur dan tahaddus binni’mah Ibnu Kasir juga memaparkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad:

Barangsiapa tidak mensyukuri hal-hal yang kecil maka dia tidak mensyukuri hal yang besar, barangsiapa tidak bersyukur kepada sesama manusia maka ia tidak bersyukur kepada Allah. Tahaddus binnimah merupakan bentuk dari syukur, meninggalkannya adalah kufur. Kebersamaan adalah rahmat dan bercerai-berai adalah azab. (HR: Imam Ahmad)

Lebaran di Hadramaut

Mungkin masyarakat daerah Hadramaut Yaman terinspirasi dengan anjuran yang telah disebutkan dalam quran, hadis dan pendapat beberapa ulama yang menyatakan wajibnya mensyukuri nikmat yang telah dianugrahkan, mereka (penduduk Hadramaut) tidak sungkan dan malu-malu untukk memamerkan pakaian barunya dan tidak melepas merek baju, sarung dan sorban barunya. Jangan heran jika kita sholat ied di masjid mereka, kita akan dibuat tersenyum-senyum karena banyak menemukan orang aneh dengan pakaian yang dihiasi kertas dan plastik (merek baju yang sengaja dipamerkan) masih menempel dibagian kaki dan pundaknya.

Gaya unik dan kontroversi masyarakat Hadramaut ini sengaja saya tiru dan budayakan di Indonesia pasca pulang dari Yaman. Hampir setiap kali beli baju dan aseroris lainnya penulis enggan untuk melepaskam merek yang menggantung pada pakaian tersebut. Ketika hendak dicuci pun kadang saya sengaja melepas merek itu untuk kemudian dipasang kembali.

walaupun banyak teman dan keluarga yang senyum-senyum dengan keganjilan ini, so far i still feel comfort, n it doesnt even matter.

coretan Berikutnya (edisi Saudi):

Jambret Masjidil Harom
Sayyed Diusir Polisi Makkah

Lika Liku Jamaah Hajji Indonesia
Pengalaman Tidur Disamping Jasad Nabi
Curhat Para Pecandu lainnya :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون