Para Perempuan Mulia yang Terlupakan!


kompasiana.com/ayep2pacshkr

kompasiana.com/ayep2pacshkr

Sayyed Muhammad EP  BikaiLaRobbi.Wordpress

Tidak banyak ahli sejarah yang mengulas pahlawan atau public figur dari kalangan perempuan. Entah karena bias gender atau memang sedikitnya peran para perempuan mulia yang secara gagah berani tampil menampakkan dirinya dihadapan publik.  Terkait  masalah pahlawan-pahlawan perempuan, Rasulullah pernah beberapa kali menjelaskan kepada para sahabatnya tentang perempuan-perempuan  pilihan  Allah,  baik didunia maupun di akherat. Nama-nama seperti  Asiyah istri fir’aun, Khadijah istri pertama Nabi, Aisyah binti  Abi bakar Siddiq,  Maryam ibunda Nabi Isya as dan Fatimah putri Nabi merupakan wanita-wanita pilihan  yang sering  di idolakan Nabi dan dijadikan sebagai   tauladan inspiratif.

Dari beberapa nama wanita  pilihan diatas, Maryam ibu Nabi Isya adalah seorang wanita  yang sangat fenomenal, nama beliau telah diabadikan sebagai nama surat Alqur’an, kisah-kisah Maryam pun sering di ulang-ulang dalam beberapa surat yang berbeda. Tak heran jika sebagian ulama menyatakan bahwa Maryam adalah seorang Nabi, walaupun pendapat ini dhaif (lemah) tapi bukti-bukti kenabian telah melekat di jiwanya seperti dijelaskan dalam kisah keluarga Imran di surah Ali Imran.

Khadijah binti  Khwalid  juga termasuk wanita super dan istimewa .  Janda beranak ini sangat inten membantu  perjuangan Rasulullah baik dari sisi moril maupun riil. Rasulullah  merasa sangat kehilangan ketika Khadijah ra meninggal. Dalam sejarah islam nama beliau dan Abu Thalib selalu dikenang pasca terjadinya ayyamul  hazn ( hari-hari kesedihan. saat itu Nabi  sangat terpukul karena  ditinggalkan oleh orang-orang tercintanya yang telah memberikan support penuh terkait ekspansi dakwahnya) . Aisyah ra pun sering kali merasa cemburu dengan Khadijah karena seringnya Nabi menyebut nama Khadijah pasca beliau meningal. Sebagai manusia biasa Rasulullah pun merasakan  FIRST LOVE NEVER DIES hehehehe.

.

Fatimah zahra binti Rasulullah, beliau adalah satu-satunya anak Nabi  yang menurunkan keturunan  legal  terkait  eksistensi Sayydid, habib  dan syarifah  di dunia sampai hari kiamat nanti ( garis keturunan putra-putri  Nabi yang  nasabnya bersambung dengan Nabi dari jalur Hasan dan Husain Ra). Fatimah  adalah potret wanita  sederhana, sabar dan pemberani, beliau merupakan  satu-satunyua perempuan yang tidak pernah meninggalkan kewajiban shalat fardhu dan puasa ramadhan disamping sunnah-sunnah lainnya. Berbeda dengan wanita biasa yang mengalami masa Haid, Fatimah tidak pernah mengalami masa haid sehingga dalam kehidupannya beliau tidak pernah absen melakukan kewajiban-kewajiban agamanya (kelainan  ini –“tidak haid”-  bukan karena penyakit, melainkann mukjizat Nabi). Keistimewaan ini menjadikan  Rasulullah  memberikan gelar khusus pada Fatimah yaitu  al-batul (salah satu maknanya adalah : orang suci).

Sitti Aisyah, anak dari sahabat paling berpengaruh ini memiliki banyak keistimewaan yang telah dicatat  sejarah.  Sebagi wanita biasa yang menjalani  kehidupan rumah tangga dengan Rasulullah. Beliau  menuai banyak   lika-liku yang kerap dihadapinya. Cemburu, fitnah dan ancaman yang  sering kali beliau rasakan menjadikan  Aisyah terbiasa sabar dan kuat menghadapi  segala aral melintang.  Aisyah memiliki kelebihan yang tidak dimiliki wanita-wanita di dunia ini, bahkan oleh istri-istri nabi sekalipun. Dalam satu riwayat,  beliau menceritakan sendiri  terkait beberapa keistimewaan  yang tidak dimiliki oleh wanita-wanita lain selain Maryam ibu Nabi Isya as, Aisyah  ra berkata :

  1. Saya adalah salah adalah satu-satunya istri Nabi yang perawan.
  2. Saya adalah anak dari sahabat terdekat Rasulullah (sahabat Abu Bakar Sidiq).
  3. Jibril datang menurunkan wahyu ketika Rasulullah berada dalam satu selimut denganku.
  4. Pembebasanku terkait berita bohong ( gossip perselingkuhannya dengan sahabat  sofwan di perang mut’ah)  langsung turun dari langit melalui wahyu.
  5. Jibril membawakan sutra yang bergambar   wajah Aisyah dan menyuruh Rasulullah untuk menikahinya.
  6. Rasulullah meninggal pada saat jatahku, dirumahku dan dimakamkan di kamarku.
  7. Allah swt menitipkan salam khusus kepada Aisyah  melalui Jibril dan rasulullah.
  8. Aisyah adalah perempuan yang paling banyak meriwayatkan hadis-hadis nabi. Pasca Nabi meninggal beliau adalah orang yang paling berperan meriwayatkan hadis hukum-hukum agama dan masalah kewanitaan yang telah diajarkan Nabi.
  9. Aisyah akan menjadi istri nabi di akhirat kelak.

Bagaimana dengan Asiyah istri fir’aun?  Pengasuh Nabi Musa As itu memiliki keistimewaan yang tak kalah hebat dan harus   kita tiru terkait kegigihan imannya melawan dominasi fir’aun. keteguhan dan keberanian  Asiyah  pun telah di abadikan dalam beberapa surat Alquran.

Kisah beliau dan wanita-wanita lainnya insya Allah akan dibahas pada postingan berikutnya… to be continue  (alias Bersambung) semoga menginspirasi dan bermanfaat.. Jum’ah Mubarakah.

 

Nb: bagaimana seharusnya saya menulis, wanita atau perempuan..hmmm membingungkan juga nich

salam sayyed

Artikel bahaya terkait dari Sayyed :

jilbab hanya Sebagai Kedok,??

Bahaya anti Jenggot dan Kumis (sebuah pengalaman)

9 Rahasia Tuhan

Emansipasi Gila-gilaan

Alquran Mainan

Wahabi adalah Syiah!

Sisi Negatif Adat Jawa

Wali Setan dan Klaim Wahabi

Menikmati Caci Maki sahabat

17 Comments (+add yours?)

  1. SilverMan
    Dec 21, 2011 @ 10:21:54

    Keren2 Favorit ane yang nomor satu Fatima az-Zahra tapi yang lainnya gak kalah kok

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Dec 21, 2011 @ 11:07:39

      ya secara beliau adalah Bud’ah nubuwwah.. ,, bahkan sebelum Rasulullah meninggal, Beliau menyatakan secara langsung baha Fatimah adalah : Sayyidatu Nisaail Alamien… sebuah gelar yang tak pernah diberikan kepada siapapun sebelumnya. .

      Like

      Reply

  2. erik
    Jan 04, 2012 @ 07:16:17

    Khadijah binti Khwalid itu janda dari siapa (dulu suaminya) dan jika beranak itu anaknya namanya siapa ya gan kok belum tahu sejarahnya

    Like

    Reply

    • Sayyed EP
      Jan 05, 2012 @ 12:15:07

      banyak kok mas dalam kitab2 sejarah islam… Khadijah menikah 2x dan memiliki 4 org anak sebelum akhirnya disunting Rasulullah.. 1.Atiq bin abid ( Abdulah dan Jariyah)
      .2 Abu halah (hindun n zenab)

      Thnks
      Sayyed EP

      Like

      Reply

  3. kisah islam
    Jan 10, 2012 @ 05:42:40

    ijin Ctrl D ya mas

    Like

    Reply

  4. Mr Sukses
    Jan 10, 2012 @ 05:43:31

    paling suka dengan kisahnya fatimah Az Zahra, luar biasa

    Like

    Reply

  5. gokil
    Jan 10, 2012 @ 05:43:59

    semoga kita bisa meniru teladan mereka

    Like

    Reply

  6. Levi Hamzah
    Mar 25, 2012 @ 08:36:44

    Keren, Gaan… (y)

    Izin copas buat tugas khotbah ya…

    Makasih sebelumnya…😀

    Like

    Reply

  7. o89oo842145
    Sep 15, 2012 @ 02:27:50

    mas, mau tanya sanadnya atau sumber mengenai fathima yang tdk pernah haid?

    Like

    Reply

  8. Luthfi Ajee
    Aug 27, 2015 @ 01:39:35

    اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Daftar isi Celoteh @SayyedEP

https://bikailarobbi.wordpress.com/2011/08/18/daftar-isi-hati/

Group Whasttap :08.232.97766.5.5

سبحان الله

Berharap dapat menyapa dirinya disana -Muh PBUH

إنا لله وإنا إليه راجعون